kumparan
25 April 2019 13:50

Cara Hindari Spoiler Film 'Avengers: Endgame' di Internet

Film 'Avengers: Endgame'. Foto: Marvel
Pertarungan antara Avengers dan Thanos sampai puncaknya di film 'Avengers: Endgame', yang sedang tayang di bioskop-bioskop Indonesia. Bagi mereka yang belum sempat menonton film garapan Marvel Studios ini, ada bahaya berupa spoiler alias bocoran jalan cerita yang banyak beredar di internet.
ADVERTISEMENT
Orang-orang yang menyebarkan spoiler ini memang menyebalkan. Walau mungkin ada dari kamu yang merasa tidak masalah dengan spoiler, tapi jangan lupa kalau ada orang-orang yang tidak mau diganggu dengan spoiler.
Untuk menghindari orang-orang iseng yang menyebar spoiler, mungkin kamu bisa ikuti cara-cara berikut ini. Kamu masih bisa membuka media sosial dan internet, tapi tetap aman dari spoiler.
Spoiler Protection 2.0
Cara pertama adalah dengan menggunakan sebuah extension di browser Chrome dan Firefox bernama Spoiler Protection 2.0. Software ini telah diperbarui untuk melindungimu dari spoiler-spoiler yang mungkin saja dijumpai saat berselancar di internet menggunakan kedua browser tersebut.
Setelah kamu menginstal Spoiler Protection 2.0, kamu bisa mengklik ikon di bagian atas kanan Chrome dan tambahkan kata kunci terkait 'Avengers' yang ingin kamu blokir. Misalnya kamu tidak ingin tahu siapa yang akan mati di dalam film, maka kamu bisa tambahkan kata 'mati' di sana.
Film 'Avengers: Endgame' dari Marvel. Foto: Marvel
ADVERTISEMENT
Extension ini berfungsi di berbagai platform, mulai dari Facebook, Reddit, Twitter, dan YouTube. Saat ada konten yang berpotensi berisi spoiler, maka konten itu akan ditutup dengan kotak berwarna merah.
Fitur Mute di Twitter
Salah satu platform yang berpotensi paling besar memaparkan spoiler adalah Twitter. Ya, kicauan-kicauan dari pengguna begitu banyak berseliweran dan spoiler 'Avengers: Endgame' jadi salah satunya.
Daripada kamu memutuskan untuk berhenti sejenak membuka Twitter demi menghindari spoiler, mungkin lebih baik jika kamu menggunakan fitur Mute alias membungkam kata kunci tertentu.
Kamu bisa memblokir kicauan-kicauan yang berisi kata-kata tertentu yang tidak kamu inginkan. Misalnya kamu bisa memasukkan kata 'Avengers', 'Thanos', 'Captain America', atau 'Iron Man' untuk diblokir dan tidak ditampilkan dalam kicauan di lini masamu. Atau kamu juga bisa memasukkan tagar #avengers, #avengersendgame, dan sebagainya.
Kostum baru Captain America Foto: Marvel Studios
ADVERTISEMENT
Untuk menggunakan fitur ini, ketuk ikon profilmu di Twitter dan buka menu 'Settings and Privacy' > Privacy and safety, kemudian scroll ke bawah ke bagian Safety dan ketuk Muted serta Muted Words. Setelahnya kamu bisa memasukkan kata atau tagar yang ingin diblokir. Selain itu, kamu juga bisa mengatur durasi pemblokiran kata-kata tersebut.
Nah, itu dia dua cara untuk menghindari spoiler 'Avengers: Endgame' yang bertebaran di dunia maya. Daripada kamu merasa waswas dalam berinternet karena takut terkena spoiler, dicoba saja cara-cara di atas ya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan