Tekno & Sains
·
22 Oktober 2020 11:51

Cara Lihat Chat WhatsApp yang Terhapus, Gampang Banget

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara Lihat Chat WhatsApp yang Terhapus, Gampang Banget (36722)
Ilustrasi Whatsapp Foto: REUTERS/Dado Ruvic
Aplikasi WhatsApp punya sejumlah fitur menarik yang sering digunakan oleh penggunanya, salah satunya adalah fitur hapus pesan. Melalui fitur tersebut, pengguna bisa menghapus pesan yang terkirim dalam kurun waktu satu jam. Pesan yang dihapus bisa berupa chat pribadi atau grup.
ADVERTISEMENT
Namun, sering kali fitur tersebut membuat pengguna yang menerima pesan terhapus itu kepo alias ingin tahu isi pesannya. Bagi kamu yang kepo, ternyata ada aplikasi pihak ketiga yang bisa dipakai untuk mengembalikan isi chat yang terhapus itu.
Aplikasi itu adalah Recent Notification yang bisa dimanfaatkan untuk membaca pesan WhatsApp yang terhapus. Aplikasi Recent Notification ini berfungsi untuk merekam semua notifikasi yang masuk ke dalam smartphone, termasuk notifikasi pesan WhatsApp. Nah, ketika pengirim menghapus pesannya, maka notifikasi pesan pertama yang sebelum pesan terhapus sudah terekam.
Lalu, aman enggak sih aplikasi ini? kumparan sudah mencoba aplikasi ini dan berfungsi dengan baik. Aplikasi ini hanya meminta untuk permission atau izin membaca notifikasi. Tidak ada izin lainya yang diminta, seperti membaca kontak, riwayat panggilan, kamera, storage atau memori internal, atau lainnya.
ADVERTISEMENT
Pakar gadget yang terkenal dengan akun Twitter @gadtorade, Lucky Sebastian, juga menjelaskan sejauh ini aplikasi tersebut masih tergolong aman.
Cara Lihat Chat WhatsApp yang Terhapus, Gampang Banget (36723)
Tampilan aplikasi Recent Notification. Foto: Dok. kumparan
"Kalau melihat izin aplikasinya tidak meminta ke in-apps system sepertinya boleh diperhitungkan. Jadi dia hanya baca notifikasi yang masuk dan menyalinnya. Oh iya, kalau ada pembelian premium izinnya cocok. So far harusnya tidak berbahaya ya," jelasnya, saat dimintai pendapat oleh kumparan beberapa waktu lalu.
Lucky juga melihat developer atau pengembang aplikasi Recent Notification yaitu LibApps berasal dari India dan sudah ada sejak 2014. Walaupun aplikasi yang mereka buat sejauh ini hanya tiga, termasuk Recent Notification.
Aplikasi ini juga baru tersedia di Google Play Store saja, yang artinya baru bisa digunakan oleh pengguna Android. Di Play Store, aplikasi ini mendapatkan rating 4,1 dengan jumlah 5 juta download.
ADVERTISEMENT
Aplikasi Recent Notification pun menyediakan fitur premium dengan harga Rp 28 ribu. Namun, kalau untuk membaca notifikasi WhatsApp saja, versi yang gratis sudah bisa digunakan. Dalam hal ini, versi gratis sudah mampu merekam 1.000 notifikasi yang masuk. Fitur premium hanya menambahkan kemampuan untuk mencari notifikasi, mengkategorikan notifikasi berdasarkan aplikasi dan lainnya.
Untuk langkah-langkah menggunakan aplikasi Recent Notification ini cukup mudah. Berikut detailnya.
  • Kamu cari dan download aplikasi Recent Notification yang dikembangkan oleh LibApps di Google Play Store.
  • Setelah diinstal, buka aplikasi dan berikan izin atau permission untuk membaca notifikasi. Ada kemungkinan aplikasi ini memakan daya baterai karena berjalan di background untuk merekam setiap notifikasi yang masuk.
  • Aplikasi Recent Notification akan otomatis berjalan. Jika kamu ingin melihat pesan WhatsApp yang terhapus, tinggal buka aplikasi Recent Notification. Notifikasi yang tersimpan juga bisa dihapus secara manual.
ADVERTISEMENT
Kamu tertarik untuk mencoba?