Tekno & Sains
·
12 Maret 2021 18:14

Cara Pakai Aplikasi Deepfake MyHeritage untuk Buat Foto Gerak

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara Pakai Aplikasi Deepfake MyHeritage untuk Buat Foto Gerak (279685)
searchPerbesar
Deepfake hasil MyHeritage. Foto: MyHeritage
Aplikasi MyHeritage tengah naik daun dalam beberapa pekan terakhir. Lewat layanan mereka, pengguna bisa membuat foto orang jadul menjadi bergerak dan tampak ‘hidup’.
ADVERTISEMENT
Menariknya, MyHeritage pada awalnya merupakan platform pengecek keturunan keluarga dan bukan aplikasi deepfake. Layanan utama mereka sebelumnya adalah pengujian DNA untuk melacak asal-usul leluhur pengguna.
Popularitas MyHeritage baru mencuat sejak akhir Februari lalu, ketika mereka memperkenalkan fitur baru dalam platform mereka yang disebut "Deep Nostalgia." Teknologi bertenaga AI ini dibuat oleh perusahaan deepfake asal Israel bernama D-ID, dan akan memproses foto orang jadul dan membuat orang di dalamnya bergerak.
“Aplikasi ini memiliki sekitar delapan format pemeragaan berbeda yang diambil dengan aktor berbeda, dan sistem memilih salah satu yang paling sesuai dengan gambar,” kata Gil Perry, salah satu pendiri dan CEO D-ID kepada The Jerusalem Post.
Cara Pakai Aplikasi Deepfake MyHeritage untuk Buat Foto Gerak (279686)
searchPerbesar
Tampilan website MyHeritage. Foto: Screenshot website MyHeritage
“Teknologi kami memungkinkan kami untuk menganimasikan foto sehingga terlihat seperti video orang di depan kami. Kami memahami betapa sensitifnya hal ini bagi pengguna yang mengupload foto kerabat yang sudah tidak hidup lagi, dan kami mencoba memastikan bahwa video tersebut akan menciptakan perasaan yang baik.”
ADVERTISEMENT
Untuk memakai fitur deepfake di MyHeritage, kamu bisa mencobanya lewat situs web dan aplikasi mereka.

Cara pakai aplikasi deepfake MyHeritage di situs web

  1. Masuk ke alamat situs web myheritage.com/deep-nostalgia.
  2. Unggah foto kamu dengan klik "Upload photo" dan pilih file foto dari komputer.
  3. Setelah mengunggah foto, kamu akan diminta untuk mendaftar ke MyHeritage secara gratis. Jika kamu sudah memiliki akun MyHeritage, dan belum masuk, pilih opsi "Log in" di bagian bawah antarmuka.
  4. Foto kamu akan ditingkatkan secara otomatis untuk memastikan hasil animasi yang optimal. Jika gambar menampilkan lebih dari satu wajah, pilih satu dari wajah individu yang telah terdeteksi dalam gambar. Menganimasikan satu wajah dalam sebuah foto biasanya membutuhkan waktu antara 10 hingga 20 detik.
  5. Setelah video animasi siap, video akan segera mulai diputar. Kamu bisa arahkan kursor ke atasnya untuk menjeda video kapan saja. Kamu juga bisa ubah animasi foto jadul itu dengan klik ‘Magic Ball’ dengan ikon bola bergerak.
  6. Setelah siap, klik tombol "Download video" di sebelah kiri video untuk mengunduhnya ke komputer. Kamu juga bisa klik ikon share di bawah untuk membagikan foto deepfake secara langsung ke Facebook atau Twitter.
ADVERTISEMENT

Cara pakai aplikasi deepfake MyHeritage di HP Android dan iPhone

Fitur deepfake MyHeritage juga bisa dinikmati lewat aplikasi mobile-nya, baik untuk smartphone Android maupun iPhone. Caranya pun sangat mudah.
  1. Upload foto ke aplikasi MyHeritage dengan mengunjungi bagian "My Photo" di aplikasi dan mengetuk tanda "plus" oranye di kanan bawah . Di sini, kamu dapat memilih foto yang ada di HP kamu.
  2. Setelah foto Anda diunggah ke MyHeritage, kamu dapat mengaksesnya dari bagian “Photos” di aplikasi. Ketuk foto yang ingin kamu animasikan.
  3. Ketuk fitur ‘Magic Ball’ dengan ikon bola bergerak untuk menganimasikan foto. Jika foto Anda belum di-enhanced, fotonya akan dioptimalkan lebih dulu oleh aplikasi dan butuh loading beberapa detik. Jika beberapa wajah terdeteksi di foto, kamu akan diminta untuk memilih mana yang ingin dianimasikan: Jika hanya satu wajah yang terdeteksi, fotonya akan dianimasikan secara otomatis. Proses animasi dapat memakan waktu hingga 20 detik.
  4. Setelah animasi video dibuat, animasi akan diputar secara otomatis. Kamu bisa ketuk tombol putar untuk memutarnya lagi.
  5. Bagikan atau download animasi ke HP kamu dengan mengetuk ikon di kanan atas.
ADVERTISEMENT
Selamat mencoba!
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020