Tekno & Sains
·
13 September 2019 20:28

Cara Pakai Autentikasi 2 Faktor untuk Amankan Akun FB, IG, WA

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara Pakai Autentikasi 2 Faktor untuk Amankan Akun FB, IG, WA (670)
Ilustrasi keamanan siber. Foto: TheDigitalWay via Pixabay
Keamanan data pribadi menjadi salah satu hal yang paling diperhatikan dalam dunia internet saat ini, terutama para pengguna media sosial. Facebook, sebagai raksasa media sosial, berupaya untuk mengedukasi penggunanya soal pentingnya mengamankan privasi akun mereka.
ADVERTISEMENT
Facebook menyediakan pengaturan privasi yang bisa dimanfaatkan pengguna, salah satunya adalah autentikasi dua faktor. Mungkin masih banyak dari pengguna yang belum tahu apa itu autentikasi dua faktor untuk mengamankan akun media sosial.
“Autentikasi dua faktor adalah fitur keamanan di Facebook, WhatsApp, dan Instagram. Jika teman-teman mengaktifkan autentikasi dua faktor, maka ketika ada orang-orang yang mencoba login ke akun teman-teman, dan dari perangkat yang tidak diketahui, belum pernah login sebelumnya, maka temana-teman akan mendapatkan notifikasi di ponsel teman-teman,” ujar Noudhy Valdryno, Manajer Kampanye Kebijakan Facebook Indonesia, saat ditemui di Jakarta, Kamis (13/9).
Cara Pakai Autentikasi 2 Faktor untuk Amankan Akun FB, IG, WA (671)
Logo Facebook di konfereni tahunan F8 2019. Foto: Stephen Lam/Reuters
“Jadi, teman-teman akan tahu bahwa ada orang yang berupaya melakukan login ke akun kalian. Itu adalah fitur keamanan dasar yang merupakan pelindung pertama, ibaratnya, untuk kita melindungi akun kita dari upaya-upaya orang yang tidak bertanggung jawab, tentunya dalam kasus-kasus seperti hacking,” tambahnya.
ADVERTISEMENT
Jadi, saat kamu sudah mengaktifkan autentikasi dua faktor ini, maka nomor ponselmu yang telah terdaftar akan mendapatkan SMS berisi sebuah kode yang harus dimasukkan saat login. Apabila kamu tidak memasukkan kode itu, maka kamu tidak akan bisa login.
Bagi kalian yang menggunakan Facebook, Instagram, serta WhatsApp dan belum mengetahui bagaimana cara mengaktifkan autentikasi dua faktor, Facebook memberikan tips yang bisa dilakukan. Caranya cukup mudah, bisa disimak langkah-langkahnya berikut ini.
Facebook
- Klik ikon tiga garis vertikal yang ada di pojok kanan atas aplikasi Facebook untuk ponsel
- Scroll ke bawah dan klik ‘Pengaturan & Privasi’
- Pilih ‘Pintasan Privasi’
- Scroll ke bawah dan pilih ‘Gunakan autentikasi dua-faktor’
ADVERTISEMENT
Instagram
- Klik profil kamu melalui aplikasi Instagram untuk ponsel
- Klik ikon tiga garis vertikal yang ada di pojok kanan atas
- Pilih ‘Privasi dan Keamanan’
- Pilih ‘Autentikasi Dua-Faktor’
WhatsApp
- Klik tiga titik vertikal yang ada di pojok kanan atas aplikasi WhatsApp untuk ponsel
- Pilih ‘Setelan’
- Pilih ‘Akun’
- Pilih ‘Verifikasi Dua-Langkah’