Tekno & Sains
·
25 Desember 2020 11:03

Cara Pakai Fitur WhatsApp Terbaik Tahun 2020 di HP Android dan iPhone

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara Pakai Fitur WhatsApp Terbaik Tahun 2020 di HP Android dan iPhone (89619)
Logo WhatsApp di baju. Foto: Rupak De Chowdhuri/Reuters
WhatsApp meluncurkan banyak fitur baru pada tahun 2020 ini. Aplikasi pesan milik Facebook ini juga meningkatkan beberapa fitur yang telah hadir sebelumnya untuk pengalaman yang lebih baik.
ADVERTISEMENT
Beberapa fitur baru yang dihadirkan disambut baik oleh pengguna. Terlebih di masa pandemi ini, aplikasi WhatsApp dinilai sangat membantu menjalin aktivitas work from home (WFH) hingga belanjar online.
Situasi pandemi corona ini, juga membuat WhatsApp bergerak cepat menghadirkan beragam fitur baru, seperti meningkatkan jumlah peserta video call hingga memudahkan belanja melalui platform WhatsApp Business.
Jadi, kami telah membuat daftar fitur WhatsApp terbaik yang ditambahkan ke Android dan iOS pada tahun 2020 ini, dan tidak lupa juga cara memakainya.

1. Fitur Dark Mode

Awal tahun 2020, WhatsApp merilis salah satu fitur yang paling dinantikan, yaitu Dark Mode. Fitur ini membuat pengguna menjadi lebih nyaman saat menatap layar chat WhatsApp berlama-lama di HP.
ADVERTISEMENT
WhatsApp memberikan pembeda antara fitur Dark Mode di iOS dan Android. Bedanya tema gelap WhatsApp sebagian besar akan berwarna hitam pekat di perangkat iOS dan abu-abu yang lebih gelap di Android.
Cara Pakai Fitur WhatsApp Terbaik Tahun 2020 di HP Android dan iPhone (89620)
Perbedaan tampilan WhatsApp dark mode di Android dan iOS. Foto: istimewa
Untuk menganti pengaturan Dark Mode di WhatsApp, pengguna bisa mengikuti langkah di bawah ini.
  • Pastikan sudah terinstal aplikasi WhatsApp terbaru di Android dan iOS
  • Selanjutnya, buka aplikasi WhatsApp, lalu pilih ikon titik tiga di pojok kanan atas layar.
  • Pilih menu "Settings", lalu pilih bagian "Chats".
  • Masuk ke menu "Theme". Di sana ada dua pilihan pengaturan, pertama "Light" pengaturan tampilan normal. Dan kedua, "Dark" untuk tampilan gelap secara permanen.

2. Fitur Video Call ditingkatkan

Peningkatan fitur Video Call yang dinanti oleh penguna WhatsApp akhirnya datang juga di tengah pandemi corona. Pengguna WhatsApp di Indonesia sudah bisa menggunakan fitur panggilan suara atau video grup sampai delapan orang.
ADVERTISEMENT
Fitur panggilan suara atau video grup mendukung hingga delapan orang melakukan panggilan video secara bersamaan, kapan saja, dan di mana pun mereka berada.
Cara Pakai Fitur WhatsApp Terbaik Tahun 2020 di HP Android dan iPhone (89621)
WhatsApp Group calls. Foto: Dok. Facebook
WhatsApp menjamin jika panggilan grup di dalam aplikasinya juga selalu terenkripsi dan aman digunakan. Selain itu, WhatsApp telah merancang panggilan videonya di seluruh dunia agar dapat berfungsi dengan baik dalam kondisi jaringan yang berbeda.
Untuk menggunakan fitur video call group cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya.
  • Pastikan aplikasi WhatsApp pada perangkat yang kamu pakai adalah versi terbaru. Kalau belum, perbarui terlebih dahulu aplikasi WhatsApp-mu.
  • Selanjutnya, pengguna bisa melakukan panggilan video kepada seseorang, seperti biasa. Pilih satu temanmu untuk video call sebelum mengundang lainnya.
  • Kemudian, jika panggilan pertama sudah tersambung, akan muncul logo "tambahkan peserta" di sudut kanan atas layar untuk menambahkan lebih banyak kontak ke dalam panggilan video tersebut, yang maksimalnya delapan orang.
ADVERTISEMENT
Kamu juga bisa melakukan video call dengan jumlah peserta hingga 50 orang. Caranya bisa simak artikel di bawah ini.

3. Fitur Mute Selamanya

Kehadiran fitur ini memungkinkan pengguna WhatsApp membungkam atau mute chat yang tidak diinginkan selamanya. Terdapat, tiga opsi pilihan, yaitu delapan jam, satu minggu dan selamanya atau mute always.
Untuk pengguna WhatsApp Android dan iOS yang ingin menggunakannya bisa ikuti langkah di bawah ini.
  • Pastikan aplikasi WhatsApp telah di-upgrade versi terbaru.
  • Buka aplikasi WhatsApp, kamu pilih tab chat yang ingin di-Mute Always. Pesan di sini bisa personal atau grup.
  • Pada laman chat yang dipilih bisa ketuk menu Setting dengan ikon titik tiga vertikal di pojok kanan layar.
  • Pilih dan ketuk opsi "Mute Notification".
  • Selanjutnya bisa pilih durasi mute yang diinginkan, mulai dari delapan jam, satu minggu, dan selamanya.
Cara Pakai Fitur WhatsApp Terbaik Tahun 2020 di HP Android dan iPhone (89622)
Fitur Mute WhatsApp. Foto: WhatsApp

4. Fitur Kostumasi Wallpaper

Pengguna WhatsApp kini bisa mengganti wallpaper yang berbeda untuk setiap tab chat pribadi maupun grup. Tidak hanya itu, kostumasi wallpaper juga bisa diatur saat menggunakan tema Dark Mode atau Light Mode.
ADVERTISEMENT
Keuntungan dari kostumisasi wallpaper yang berbeda tiap tab chat bisa meminimalisir kesalahan mengirim pesan. Alasannya pengguna bisa menandai tab chat secara personal dan bisa lebih mengenalinya sebelum mengirimkan pesan.
Berikut adalah cara mengatur wallpaper yang berbeda setiap tab chat bisa ikuti langkah di bawah ini
Pengguna Android:
  • Buka aplikasi WhatsApp, lalu pilih tab chat, baik pribadi maupun grup.
  • Setelah dibuka tab chat-nya, ketuk menu dengan simbol “tiga titik”, di bagian paling atas.
  • Lalu pilih "Wallpaper," kemudian telusuri dan pilih wallpaper yang disukai.
Untuk pengguna iOS:
  • Buka aplikasi WhatsApp, lalu pilih tab chat, baik pribadi maupun grup.
  • Kemudian tekan nama kontak atau grup di bagian atas layar, lalu pilih "Wallpaper & Audio."
  • Lalu, pilih wallpaper yang disukai.
Cara Pakai Fitur WhatsApp Terbaik Tahun 2020 di HP Android dan iPhone (89623)
Fitur kostumasi wallpapaer WhatsApp. Foto: WhatsApp

5. Fitur Kelola Penyimpanan jadi hemat memori

Fitur ini sangat berguna untuk pengguna WhatsApp yang memakai HP dengan memori pas-pasan. Kehebatan dari fitur Storage Management ini bisa mengidentifikasi, meninjau, dan menghapus sejumlah konten di aplikasi WhatsApp secara sekaligus, sehingga dapat menghemat memori HP.
ADVERTISEMENT
Dari kategori-kategori yang ditampilkan fitur Storage Management ini, kamu bisa mengetahui file apa yang banyak memakan memori HP dan tidak dibutuhkan lagi, sehingga bisa langsung menghapusnya.
Kamu tidak perlu khawatir fitur ini tak akan menghapus sembarang data tanpa seizin pengguna. Berikut cara menggunakannya di aplikasi WhatsApp Android maupun iOS.
  • Pastikan aplikasi WhatsApp sudah versi terbaru.
  • Buka aplikasi WhatsApp, lalu tekan "More" atau ikon titik tiga di pojok kanan atas layar.
  • Pilih "Setting", lalu masuk ke bagian "Storage and data".
  • Selanjutnya, pilih opsi "Manage Storage". Di sini akan muncul data-data apa saja yang memenuhi memori WhatsApp dengan berbagai kategori dan berdasarkan urutannya.
Kamu bisa pilih konten yang ingin dihapus satu per satu atau langsung sekaligus dengan menekan "select all" dan pilih ikon tempat sampah di pojok kanan atas. Pastikan file yang dihapus sudah tidak dibutuhkan lagi.
Cara Pakai Fitur WhatsApp Terbaik Tahun 2020 di HP Android dan iPhone (89624)
WhatsApp punya fitur baru untuk mengatur memori penyimanan. Foto: WhatsApp

6. Fitur hilang Pesan Sementara

Fitur Pesan Sementara atau Disappearing Message memungkinkan pengguna WhatsApp menghapus otomatis pesan mereka di percakapan chat setelah tujuh hari terkirim.
ADVERTISEMENT
Pesan Sementara bisa ditemukan di kolom profil kontak individu maupun grup. Khusus untuk grup, fitur ini cuma bisa diaktifkan oleh admin.
Ketika diaktifkan, chat individu atau grup yang menggunakan fitur Pesan Sementara akan mendapatkan label khusus berbentuk jam. Ketika fitur dinonaktifkan, label tersebut juga akan ikut menghilang.
Untuk mengaktifkan dan mematikan fitur Pesan Sementara, kamu cukup buka chat WhatsApp > ketuk nama kontak > ketuk Pesan Sementara/Disappearing Message > pilih Nyala atau Mati.
Selain pesan teks, fitur hapus otomatis di Pesan Sementara juga akan menghapus pesan berbentuk foto dan video setelah tujuh hari dikirimkan. Kalau foto atau video yang memakai fitur pesan sementara telah tersimpan di galeri, file-nya tidak akan hilang ketika pesan di WhatsApp terhapus.
ADVERTISEMENT