Tekno & Sains
·
13 Maret 2021 15:15

Cara Tumpuk Dua Video Jadi Satu Pakai Kamera Oppo Reno 5

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara Tumpuk Dua Video Jadi Satu Pakai Kamera Oppo Reno 5 (548857)
AI Mixed Portrait Oppo Reno 5 Foto: Oppo
Oppo Reno 5 punya fitur videografi yang memungkinkan pengguna untuk menggabungkan dua video jadi satu. Fitur ini bernama AI Mixed Portrait yang memiliki kemampuan double exposure untuk menumpuk video sehingga bisa menyatu.
ADVERTISEMENT
Selama ini, penggabungan dua layer video menjadi satu hanya bisa dilakukan oleh aplikasi edit video. Dengan kehadiran AI Mixed Portrait, pengguna bisa langsung menyatukan video secara langsung tanpa perlu download dan pakai aplikasi pihak ketiga.
Sederhananya, fitur ini memungkinkan pengguna menggabungkan video portrait dengan video latar belakang. Hal ini bisa diwujudkan dengan memanfaatkan efek video dengan eksposur ganda pada smartphone untuk pertama kalinya.
AI Mixed Portrait memberikan efek artistik yang belum pernah ada sebelumnya. Fitur ini bisa menghasilkan dua mode artistik yang berbeda di mana pengguna dapat menyesuaikan bagaimana video portrait dapat menyatu dengan video yang menjadi latar belakang
Ada dua mode pada fitur AI Mixed Portrait, yaitu Silhoutte Mode dan Blend Mode. Apa bedanya?
ADVERTISEMENT
Silhoutte Mode untuk menghasilkan siluet di video latar depan. Sementara Blend Mode menyatukan bayangan video latar depan yang ditempelkan ke video latar belakang.
Berikut cara menggunakan AI Mixed Portrait:
  1. Buka aplikasi kamera.
  2. Pada jajaran opsi di bagian bawah, geser sampai ke pojok kanan dan pilih More.
  3. Pilih AI Mixed Portrait.
  4. Pilih ikon galeri yang di kiri bawah jendela.
  5. Pilih video yang ingin digunakan sebagai latar belakang.
  6. Pilih Silhoutte Mode atau Blend Mode untuk mulai melakukan perekaman.
  7. Mulailah perekaman.
Cara Tumpuk Dua Video Jadi Satu Pakai Kamera Oppo Reno 5 (548858)
Oppo Reno 5 Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan
Selain AI Mixed video, Oppo Reno 5 juga dibekali fitur video canggih lainnya, seperti Dual View Video. Fitur ini memungkinkan video ditangkap melalui kamera depan dan belakang secara bersamaan. Perekaman ganda dengan perspektif berbeda ini dapat dengan mudah menyatukan pengguna dan objek yang direkam dalam sebuah bingkai video yang sama.
ADVERTISEMENT
Ada juga AI Highlight Video yang diklaim menjadi fitur pertama di industri yang menggunakan algoritma kecerdasan buatan untuk mendeteksi kondisi cahaya. Fitur ini secara otomatis menerapkan algoritma yang diperlukan berdasarkan skenario kondisi cahaya yang berbeda.
Pada kondisi kurang cahaya, kamera akan menggunakan algoritma Ultra Night Video untuk mengoptimalkan kualitas video, memastikan bahwa perekaman malam hari terlihat cerah, tajam, dan alami.
Saat mendeteksi pemandangan dengan cahaya latar yang kuat, kamera menjalankan algoritma Live HDR untuk menangkap subjek dan latar belakang sempurna dengan warna yang alami dan detail terjaga.