Tekno & Sains
·
21 Juli 2021 15:47
·
waktu baca 2 menit

Cerita Jeff Bezos Sebelum ke Luar Angkasa: Kenang Awal Bangun Amazon Dari Nol

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cerita Jeff Bezos Sebelum ke Luar Angkasa: Kenang Awal Bangun Amazon Dari Nol (489843)
searchPerbesar
4 penumpang yang ikut dalam wisata luar angkasa perdana Blue Origin dengan roket New Shepard pada 20 Juli 2021: Mark Bezos, Jeff Bezos, Oliver Daemen, dan Wally Funk. Foto: Blue Origin
Jeff Bezos sukses meroket ke luar angkasa bersama saudara laki-lakinya, nenek berusia 82 tahun dan remaja 18 tahun. Keempatnya berangkat pada Selasa (20/7) menggunakan roket otomatis tanpa pilot New Shepard yang dikembangkan oleh perusahaannya sendiri, Blue Origin.
ADVERTISEMENT
Sebelum berangkat ke luar angkasa, Jeff Bezos rupanya sempat mengenang awal-awal dia mendirikan marketplace raksasa bernama Amazon. Momen tersebut dibagikannya saat wawancara bersama CNN usai kembali ke Bumi.
Bezos berbicara dengan kru tentang hari-hari awalnya dengan Amazon, yang didirikan pada tahun 1994. Ia membuat perbandingan antara pengalaman itu dan perjalanan yang baru saja dilakukannya dengan Blue Origin.
Cerita Jeff Bezos Sebelum ke Luar Angkasa: Kenang Awal Bangun Amazon Dari Nol (489844)
searchPerbesar
Jeff Bezos bersama tiga anggota awak mengapung tanpa beban di kapsul saat penerbangan suborbital tanpa pilot pertama di dunia dari Situs Peluncuran Blue Origin 1 di Van Horn, Texas, AS. Foto: Blue Origin/via REUTERS
Jeff Bezos ingin memberi tahu anggota kru bahwa dia ingin mereka memahami pentingnya perjalanan itu. "Itu (sebelum perjalanan luar angkasa) adalah pagi yang sangat emosional," kata Bezos kepada CNN.
Selain omong-omong soal Amazon, Bezos juga sempat membahas soal polusi dan perubahan iklim. Usai perjalanan luar angkasanya, Bezos menekankan soal pentingnya untuk mengurangi industri yang menuyumbang polusi begitu besar di Bumi.
ADVERTISEMENT
"Kita benar-benar harus memindahkan industri berat dan industri pencemar dari Bumi," kata Bezos.
Cerita Jeff Bezos Sebelum ke Luar Angkasa: Kenang Awal Bangun Amazon Dari Nol (489845)
searchPerbesar
Jeff Bezos mendarat ke Bumi setelah sukses pergi ke luar angkasa dengan roket New Shepard dari Blue Origin pada Selasa, 20 Juli 2021. Foto: Blue Origin
"Kami memiliki banyak masalah di Bumi," katanya yang secara khusus menunjuk pada kemiskinan, kelaparan, bencana iklim, dan polusi.
Jeff Bezos baru-baru ini diketahui, mengundurkan diri sebagai CEO Amazon--raksasa e-commerce AS--yang ia dirikan. Saat ini, Bezos memilih untuk berkonsentrasi pada bisnis lainnya, termasuk Blue Origin.

Perjalanan bersejarah Jeff Bezos

Cerita Jeff Bezos Sebelum ke Luar Angkasa: Kenang Awal Bangun Amazon Dari Nol (489846)
searchPerbesar
Roket New Shepard yang membawa Jeff Bezos bersama tiga anggota awak diluncurkan pada penerbangan suborbital tanpa pilot pertama di dunia dari Situs Peluncuran Blue Origin 1 di Van Horn, Texas, AS. Foto: Joe Skipper/REUTERS
Bezos pergi ke luar angkasa bersama saudaranya, Mark Bezos (53 tahun) dan 2 penumpang spesial, yang resmi menjadi orang termuda dan tertua yang pernah keluar angkasa. Mereka adalah Oliver Daemen, seorang mahasiswa fisika berusia 18 tahun, dan Wally Funk, seorang nenek 82 tahun yang merupakan eks calon astronaut di program NASA Mercury 13 pada tahun 1961.
ADVERTISEMENT
Mereka berada di dalam kapsul dengan jendela terbesar yang pernah diterbangkan di luar angkasa. Kapsul ini menawarkan pemandangan Bumi yang menakjubkan.
Cerita Jeff Bezos Sebelum ke Luar Angkasa: Kenang Awal Bangun Amazon Dari Nol (489847)
searchPerbesar
Pendiri Blue Origin, Jeff Bezos memeriksa booster di landasan pendaratan setelah penerbangan dan pendaratan NS-15 yang sukses. Foto: Blue Origin
Kapsul yang mereka tumpangi mencapai ketinggian maksimum sekitar 107 km dari permukaan laut Bumi. Kapsul kemudian turun, dan payung terbentang untuk pendaratan lembut di padang pasir di Texas.
Dalam perjalanan turun ke Bumi, Jeff Bezos memberi tahu tim kontrol misi: "Kami memiliki kru yang sangat bahagia di sini, saya ingin Anda tahu."