Cincin Pintar Samsung Galaxy Ring Meluncur, Bisa Bantu Tidur Makin Nyenyak

10 Juli 2024 22:22 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Samsung Galaxy Ring. Foto: Samsung
zoom-in-whitePerbesar
Samsung Galaxy Ring. Foto: Samsung
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Samsung gak cuma mengumumkan handphone (HP) layar lipat Galaxy Z Fold 6 dan Flip 6 di Paris, Prancis, pada Rabu (10/7) malam WIB. Mereka juga merilis gadget baru yang berbeda dari biasanya: Galaxy Ring.
ADVERTISEMENT
Cincin pintar ini jadi perangkat wearable anyar dengan fitur kesehatan, salah satu fungsinya membantu pengguna mendapatkan kualitas tidur yang lebih optimal dan nyenyak. Perangkat datang dengan charging case berlampu LED untuk status pengecasan.
Galaxy Ring datang dengan teknologi sensor yang dapat memonitor kesehatan pengguna dalam 24/7. Baterainya diklaim sanggup hidup hingga 7 hari.
Penampakannya seperti cincin pada umumnya, tidak ada embel-embel visual yang memikat mata. Dia cukup tangguh berkat frame bermaterial titanium grade 5 dan sudah lulus sertifikasi tahan air 10ATM.
Samsung Galaxy Ring. Foto: Samsung
Cincin ini memiliki bobot mulai dari 2,3 gram sampai 3 gram, tergantung ukurannya yang tersedia dalam sembilan opsi. Dia tersedia dalam pilihan warna Titanium Black, Titanium Silver, dan Titanium Gold.
ADVERTISEMENT
Semua data kesehatan yang dicatat Galaxy Ring terintegrasi dengan aplikasi Samsung Health. Oleh sebab itu, untuk saat ini Galaxy Ring hanya bisa terhubung dengan smartphone Android.
Galaxy Ring memiliki kemampuan analisis kualitas tidur dan algoritma tidur berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang dapat membantu pengguna memahami pola tidur dan membangun kebiasaan yang lebih baik.
Beragam fitur disediakan, salah satunya Sleep Score yang dapat mengukur gerakan selama tidur, latensi tidur, detak jantung, dan pernapasan untuk memberikan analisis kualitas tidur yang terperinci dan akurat. Galaxy Ring juga menyediakan Cycle Tracking yang bisa melacak siklus menstruasi pengguna melalui pemantauan suhu kulit semalaman.
Samsung Galaxy Ring. Foto: Samsung
Galaxy Ring juga didukung dengan fitur berbasis Galaxy AI untuk menghasilkan laporan kesehatan terperinci yang mencakup berbagai metrik. Fitur yang dimaksud adalah Energy Score dan Wellness Tips.
ADVERTISEMENT
Energy Score dapat menampilkan skor hasil evaluasi kondisi fisik dan mental pengguna berdasarkan empat faktor: Tidur, aktivitas, detak jantung saat tidur, dan variabilitas denyut nadi saat tidur. Sementara itu, Wellness Tips akan memberikan insight yang dipersonalisasi tentang kesehatan pengguna berdasarkan data yang terekam oleh Galaxy Ring.
Fitur lain yang tersedia di Galaxy Ring di antaranya Heart Rate Alert, Live Heart Rate Check, Auto Workout Detection, dan Inactive Alert.
Karena terhubung dengan smartphone Galaxy, Galaxy Ring bisa menjadi kontrol tambahan untuk menjepret foto atau mematikan alarm di HP dengan gerakan cubit ganda. Galaxy Ring juga dapat ditemukan melalui fitur Find My Ring di aplikasi Samsung Find, jika sewaktu-waktu pengguna kehilangan perangkatnya.
ADVERTISEMENT
Samsung Galaxy Ring sudah bisa dipesan secara global per 10 Juli 2024, dengan penjualan perdana mulai 24 Juli 2024. Cincin pintar ini dibanderol di AS dengan harga 399 dolar AS, atau sekitar Rp 6,5 juta (kurs Rp 16.209,8).