Tekno & Sains15 September 2020 18:21

Daftar Fitur Canggih ColorOS 11, Sistem Operasi Baru dari Oppo

Konten Redaksi kumparan
Daftar Fitur Canggih ColorOS 11, Sistem Operasi Baru dari Oppo (6684)
Oppo Reno 4. Foto: Aulia Rahman Nugraha/kumparan
Oppo baru saja meluncurkan sistem operasi terbaru ColorOS 11 yang berbasis Android 11 untuk sejumlah perangkatnya. ColorOS 11 datang dengan beragam fitur baru yang ada di Android 11 dan pengembangan yang dilakukan oleh Oppo.
ADVERTISEMENT
Sebagai pengguna Oppo, kamu mungkin bingung kenapa perusahaan teknologi itu tidak mengeluarkan ColorOS 8 sebagai penerus ColorOS 7 yang rilis tahun lalu, namun langsung loncat ke ColorOS 11. Tenang, PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, punya jawaban untuk menjawab pertanyaan kalian.
"Sebenarnya kita tidak ada alergi dengan angka-angka. Balik lagi untuk komunikasi yang lebih mudah kepada pengguna. Jadi nanti kalau banyak pengguna yang menanyakan ColorOS versi Android-nya apa, akan lebih mudah ColorOS 11 dengan Android 11. Apa yang kita lakukan ini mengikuti Google yang juga menghilangkan nama makanan pada versi sistem operasi Android mereka," jelas Aryo saat virtual Media Briefing ColorOS 11, Selasa (15/9).
Daftar Fitur Canggih ColorOS 11, Sistem Operasi Baru dari Oppo (6685)
Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia Foto: Oppo
Penamaan yang lebih mudah tidak menurunkan kualitas ColorOS 11. Ada sejumlah fitur baru yang hadir atau peningkatan fitur dari generasi sebelumnya. Uniknya, Oppo tidak keluar dari marwah ColorOS yang simpel dan elegan.
ADVERTISEMENT
Berikut adalah sejumlah fitur menarik dari ColorOS 11 yang wajib kamu gunakan ketika sudah update.

Kustomisasi dark mode

Fitur dark mode telah menjadi andalan di Android selama lebih dari setahun, dan Oppo kini menambahkan opsi penyesuaian ke fitur tersebut. Dengan ColorOS 11, pengguna dapat memilih dari tiga profil warna yang berbeda untuk dark mode: Enhanced (warna gelap hitam), Medium (warna gelap keabu-abuan), dan Gentle (warna gelap keabu-abuan lebih terang).
Pengguna juga dapat menyesuaikan wallpaper dan ikon dengan tema dark mode yang dipilih. ColorOS 11 memberi pengguna kemampuan untuk menjadwalkan dark mode dari matahari terbenam hingga matahari terbit atau mengatur jadwal khusus.
Daftar Fitur Canggih ColorOS 11, Sistem Operasi Baru dari Oppo (6686)
Fitur Dark Mode di ColorOS 11. Foto: Oppo

Kontrol Always-on Display (AOD) Makin Banyak

ColorOS 11 membawa banyak kontrol kepada penggunanya. Seperti pada kustomisasi Always-on Display (AOD) yang memungkinkan pengguna mengubah tulisan, warna dan layout dari template yang disediakan.
ADVERTISEMENT
Ada beragam patern AOD yang dapat dipilih pengguna. Setiap patern dapat disesuaikan dengan profil pengguna, seperti memilih bentuk gambar hingga menulis nama sendiri.

Pengguna bisa bikin ringtone dan wallpaper sendiri

Sama halnya dengan AOD buatan sendiri, Color OS 11 juga menawarkan kemampuan untuk membuat wallpaper dan ringtone atau nada dering sesuai keinginan pengguna. Untuk wallpaper, pengguna dapat mengambil foto (atau mengunggah sesuatu yang kamu unduh dari internet) dan sistem operasi akan membuat beberapa wallpaper dari gambar itu.
Cara kerjanya, sistem akan mengolah warna dari gambar yang kamu pilih dengan hasil bervariasi dari bentuk poligon sederhana hingga mozaik dan banyak lagi, semuanya dengan corak warna dari gambar. Ini adalah trik keren yang memungkinkan seseorang memiliki wallpaper yang selalu cocok dengan pribadinya.
ADVERTISEMENT
Dengan fitur buat ringtone sendiri, Color OS memberi kamu nada yang sangat sederhana, tidak berbeda dengan setiap nada dering umum yang pernah didengar. Dengan menggeser jari pada panel, kamu dapat mengubah nada, timbre, dan kecepatan nada untuk menciptakan sesuatu yang sesuai dengan selera kamu. Sekali lagi, ini dapat membantu kamu membuat nada dering yang benar-benar unik untuk ponsel.
Daftar Fitur Canggih ColorOS 11, Sistem Operasi Baru dari Oppo (6687)
UI Customization ColorOS 11. Foto: Oppo

Mode hemat baterai ColorOS 11

ColorOS 11 memiliki mode penghemat baterai internal yang melakukan pekerjaan luar biasa untuk memperpanjang masa pakai baterai. Mode ini memungkinkan kamu memilih enam aplikasi untuk dijalankan dalam skenario baterai rendah, dan itu mematikan semua aplikasi lain yang berjalan di latar belakang untuk menambah lebih banyak baterai.
ADVERTISEMENT
Jadi, meskipun tingkat baterai ponsel kamu rendah, mengaktifkan Super Power Saving Mode akan memungkinkan lebih banyak penggunaan. Oppo mengatakan penggunaan WhatsApp dapat diperpanjang hingga 90 menit bahkan dengan baterai turun hingga 5 persen dengan mode diaktifkan.
Oppo juga meluncurkan fitur Battery Guard yang bisa memperpanjang masa pakai baterai ponsel. Fitur itu juga dilengkapi AI, ketika kamu mengisi daya di malam hari, baterainya terisi hingga 80 persen dan kemudian 20 persen sisanya diisi sebelum pengguna bangun.

Tiga jari untuk terjemahan bahasa

Dengan ColorOS 11, kamu bisa mendapatkan terjemahan instan dari konten di layar melalui gerakan tiga jari. Cara melakukannya akan mengambil tangkapan layar, membuka Google Translate, dan menerjemahkan teks. Oppo mengatakan itu menciptakan fitur khusus ini bersama Google, dan ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan terjemahan tanpa harus masuk ke aplikasi Translate. Google Translate juga diintegrasikan ke smart sidebar, sehingga lebih mudah diakses.
Daftar Fitur Canggih ColorOS 11, Sistem Operasi Baru dari Oppo (6688)
Fitur Three Finger Translate di ColorOS 11. Foto: Oppo

Gamer mode

Saat ini, hampir semua OS Android utama memiliki Gamer mode bawaan atau aplikasi yang membantu saat pengguna memainkan game. Di Color OS 11, Oppo menambahkan fitur baru ke mode gamer-nya sendiri yang diberi nama "Immersive Mode". Seperti yang pengguna harapkan, mode ini akan memblokir panggilan, membatasi pemberitahuan media sosial, dan mematikan gerakan tertentu di layar. Dengan Immersive Mode, pengguna dapat fokus pada game tanpa perlu khawatir tentang hal lain.
ADVERTISEMENT

Oppo Relax 2.0

ColorOS menawarkan pembaruan terbaru Oppo Relax yang kini memungkinkan pengguna bersantai dengan suara latar perkotaaan yang makin beragam. Oppo bekerja sama dengan Music City untuk menambahkan suara dari kota-kota besar di dunia, seperti Tokyo, Bangkok, dan Reykjavik.
Daftar Fitur Canggih ColorOS 11, Sistem Operasi Baru dari Oppo (6689)
Fitur Oppo Relax 2.0 di ColorOS 11 Foto: Oppo
Penasaran ingin merasakan fitur menarik dari ColorOS 11? Kamu bisa lihat daftar ponsel Oppo yang kebagian update ColorOS 11 dan jadwal lengkapnya di artikel bawah ini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white