Tekno & Sains16 September 2020 16:20

Daftar Fitur Kesehatan Samsung Galaxy Watch 3: Ada Fungsi Cek Oksigen Darah

Konten Redaksi kumparan
Daftar Fitur Kesehatan Samsung Galaxy Watch 3: Ada Fungsi Cek Oksigen Darah (60731)
Jam tangan pintar Samsung Galaxy Watch 3. Foto: Samsung
Samsung memiliki produk smartwatch baru, yakni Galaxy Watch 3. Jam tangan pintar Samsung ini hadir dengan banyak peningkatan fitur kesehatan yang bisa digunakan pengguna selama menjalani kegiatan sehari-hari, walaupun hanya di rumah.
ADVERTISEMENT
Samsung Galaxy Watch 3 menawarkan beragam fitur yang menarik, sekaligus cukup nyaman untuk dipakai sepanjang hari. Dengan desain yang tak lekang oleh waktu, jam tangan ini dibuat dengan bahan premium seperti baja tahan karat dan kulit berkualitas tinggi, serta untuk pertama kalinya, Galaxy Watch 3 juga akan tersedia dalam model titanium yang tahan lama dan elegan.
Galaxy Watch 3 juga dilengkapi bezel berputar dari model jam tangan sebelumnya, yang menggabungkan bentuk dengan fungsi berbeda. Hanya dengan memutar bezel, pengguna dapat dengan mudah beralih di antara widget, membuka aplikasi, dan menelusuri notifikasi.
Daftar Fitur Kesehatan Samsung Galaxy Watch 3: Ada Fungsi Cek Oksigen Darah (60732)
Jam tangan pintar Samsung Galaxy Watch 3 dan earbuds Galaxy Buds Live. Foto: Samsung
Dibandingkan dengan Galaxy Watch generasi sebelumnya, Galaxy Watch 3 14 persen lebih tipis, 8 persen lebih kecil, dan 15 persen lebih ringan. Pengguna juga dapat menyesuaikan tampilan jam untuk mencerminkan gaya pribadi dengan sempurna.
ADVERTISEMENT
Pengguna dapat memilih dari lebih dari 80.000 tampilan layar jam di Galaxy Store, atau mendesainnya sendiri. Selain itu, pengguna dapat mempersonalisasi tampilan jam dengan informasi yang paling penting, seperti alarm, note kecil, dan lainnya.
Selanjunya adalah fitur kesehatan yang juga menjadi daya jual dari Galaxy Watch 3. Berikut daftar fitur yang bisa membantu pengguna makin bugar.

Blood Oxygen

Blood Oxygen menjadi salah satu fitur kesehatan andalan Samsung Galaxy Watch 3. Fungsinya adalah mengukur dan melacak saturasi oksigen dalam darah pengguna dari waktu ke waktu untuk tujuan kebugaran.
Meski begitu, Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia, Leo Hendarto Marathon mengingatkan bahwa Galaxy Watch 3 bukan perangkat medis. Sebelum melakukan tindakan medis berdasarkan angka hasil deteksi fitur Blood Oxygen, pengguna tetap perlu konsultasi dokter terlebih dahulu.
ADVERTISEMENT
"Jadi, segala tindakan medical harus dikonsultasikan dulu dengan dokter masing-masing sebelum melakukan pengobatan," jelasnya di acara Samsung Galaxy Watch 3 Online Q&A, Rabu (16/9).
Daftar Fitur Kesehatan Samsung Galaxy Watch 3: Ada Fungsi Cek Oksigen Darah (60733)
Samsung Galaxy Watch 3. Foto: Dok. Samsung Global

Fall Detection

Fitur kesehatan lainnya yang eksklusif untuk Galaxy Watch 3 adalah Fall Detection. Jika jam tangan mendeteksi bahwa pengguna tidak bergerak setelah terjatuh, jam tangan akan segera menghubungi kontak darurat dan membagikan lokasi.
Fitur ini tidak aktif secara default, jadi pengguna harus mengaturnya sendiri dan menunjuk kontak darurat. Galaxy Active 3 juga harus selalu terkoneksi dengan smartphone untuk menjalankan fitur Fall Detection yang maksimal.

Running Analysis

Jika pengguna Galaxy Watch 3 melakukan kegiatan lari, maka mereka akan mendapatkan feedback seperti laporan analisis enam faktor setelah latihan. Analisis ini membantu pengguna meningkatkan bentuk tubuh, meningkatkan kinerja, dan mengurangi cedera.
ADVERTISEMENT

VO2 max

Samsung Galaxy Watch 3 juga dapat menghitung VO2 max atau konsumsi oksigen maksimum selama berolahraga. Tujuannya untuk memberikan gambaran tentang kebugaran pengguna secara keseluruhan.
Daftar Fitur Kesehatan Samsung Galaxy Watch 3: Ada Fungsi Cek Oksigen Darah (60734)
Samsung Galaxy Watch 3. Foto: Samsung

Sleep Management

Karena pemulihan sama pentingnya dengan latihan, Samsung telah mengembangkan fitur Sleep Management, yang pertama kali diperkenalkan pada 2014 lalu. Sekarang, Galaxy Watch 3 menawarkan skor dan wawasan tidur baru untuk membantu pengguna mendapat istirahat yang lebih baik.
Fitur Sleep Management di Galaxy watch 3 memberikan tampilan yang lebih komprehensif dan rincian lengkap tahapan tidur, mulai dari ringan hingga mendalam, dan membandingkan waktu tidur dengan rentang normal. Perangkat ini pun aman dibawa untuk tidur dan tidak memberi dampak radiasi bagi tubuh.

Fitness Programs

Smartwatch Galaxy Watch 3 memiliki fitur Fitness Programs yang memiliki 120 video latihan yang berbeda. Cukup pilih rutinitas latihan di smartphone pengguna, transmisikan atau mirroring ke smart TV di rumah, sudah bisa melakukan olahraga ringan hingga berat. Galaxy Watch 3 akan melacak secara otomatis latihan olahraga yang dipilih.
Daftar Fitur Kesehatan Samsung Galaxy Watch 3: Ada Fungsi Cek Oksigen Darah (60735)
Samsung Galaxy Watch 3. Foto: Samsung
Galaxy Watch 3 dipacu oleh chipset Exynos 9110 Dual core 1.15 GHz. Jam tangan pintar ini berjalan di sistem Tizen yang berbasis Wearable OS 5.5. Perangkat ini juga sudah mengantongi sertifkasi 5ATM + IP68 / MIL-STD-810G.
ADVERTISEMENT
Untuk varian Galaxy Watch 3 45mm tersedia dalam pilihan warna Mystic Black dan Mystic Silver. Sementara untuk varian 41mm, tersedia pilihan warna Mystic Bronze dan Mystic Silver.
Samsung Galaxy Watch 3 di Indonesia dijual dengan harga mulai Rp 6 juta untuk varian 41 mm dan Rp 6,3 juta untuk varian 45 mm. Sementara model Galaxy Watch 3 45 mm Titanium dibanderol Rp 8,5 juta dan akan hadir pada 25 September 2020 mendatang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white