Tekno & Sains
·
16 November 2020 11:11

Daftar MacBook dan Mac yang Dapat Update macOS Big Sur

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Daftar MacBook dan Mac yang Dapat Update macOS Big Sur (23541)
Tampilan macOS Big Sur. Foto: Apple
Sistem operasi baru untuk laptop MacBook dan komputer Mac sudah resmi meluncur. Apple memberi nama pembaruan OS ini macOS Big Sur. Beberapa orang juga menyebutnya sebagai macOS 11.0, mengikuti edisi macOS sebelumnya.
ADVERTISEMENT
macOS Big Sur menjadi salah satu pembaruan sistem operasi paling luar biasa dari Apple. Menu Bar, interface, hingga ikon akan memperoleh desain baru yang membuat perangkat makin ciamik.
Selain itu, ada juga control center yang mirip dengan control center di iPhone. Apple pun memboyong widget yang sudah dapat ditemukan di iOS 14 ke Mac dan MacBook.
Lalu, komputer dan laptop Apple apa saja yang sudah dapat pembaruan sistem operasi macOS Big Sur? Berikut daftar resminya menurut Apple!
  1. MacBook (edisi tahun 2015 dan setelahnya)
  2. MacBook Air (edisi tahun 2013 dan setelahnya)
  3. MacBook Pro (edisi akhir tahun 2013 dan setelahnya)
  4. Mac Mini (edisi tahun 2014 dan setelahnya)
  5. iMac (edisi tahun 2014 dan setelahnya)
  6. iMac Pro (edisi tahun 2017 dan setelahnya; semua model)
  7. Mac Pro (edisi tahun 2013 dan setelahnya)
Daftar MacBook dan Mac yang Dapat Update macOS Big Sur (23542)
MacBook Pro 2020, MacBook Air 2020, dan Mac Mini 2020. Foto: Apple
Pembaruan ini juga menjadi akhir bagi OS X atau OS 10 yang telah menjadi andalan perangkat MacBook, iMac, hingga Mac selama sekitar 10 tahun terakhir.
ADVERTISEMENT
Namun, macOS Big Sur bukan hanya soal fitur dan software. OS ini juga akan menjadi titik awal penggunaan chipset komputer Apple M1 yang sudah resmi diperkenalkan.
Apple M1 akan menjadi prosesor di MacBook Air, MacBook Pro, dan Mac Mini ketika resmi meluncur ke publik beberapa hari ke depan. Apple menyebut bahwa macOS Big Sur menjadi bagian penting dalam penggunaan Apple M1 tersebut.
(EDR)