Tekno & Sains
·
4 Juni 2021 6:34
·
waktu baca 1 menit

Daftar Operator Seluler Indonesia Terbaik untuk Video Call, Ini Juaranya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Daftar Operator Seluler Indonesia Terbaik untuk Video Call, Ini Juaranya (55769)
searchPerbesar
Ilustrasi video call. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Video call menjadi salah satu kegiatan yang meningkat selama pandemi COVID-19 dalam satu tahun belakangan ini. Laporan terbaru dari Opensignal, perusahaan analis seluler, memaparkan kualitas jaringan operator seluler Indonesia dan beberapa negara Asia Pasifik lainnya untuk video call.
ADVERTISEMENT
Opensignal merinci lebih detail soal kemampuan jaringan masing-masing operator seluler di setiap negara untuk kualitas video call. Di Indonesia, ada lima operator seluler yang dianalisis: Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Smartfren, dan Hutchison 3 Indonesia (Tri). Di antara mereka, siapa juaranya?
Daftar Operator Seluler Indonesia Terbaik untuk Video Call, Ini Juaranya (55770)
searchPerbesar
Daftar operator seluler terbaik kualitasnya untuk video call di Indonesia. Foto: Opensignal
Tidak disangka ada dua juara bersama dalam analisis Opensignal kali ini, yaitu Telkomsel dan Tri. Keduanya memiliki skor yang sama yakni masing-masing 57.4. Perlu diketahui skala kualitas dan kepuasan juga sama dihitung dari 0-100 yang terbaik.
Di belakang Telkomsel dan Tri, ada Indosat dengan skor 55.6 dan XL Axiata skornya 51.7. Di posisi bontot ditempati Smartfren dengan skor 33.2. Semua data analisis ini diperoleh dari periode 12 Februari hingga 13 Mei 2021.
ADVERTISEMENT

Kekuatan Jaringan Seluler Indonesia untuk Video Call Dibandingkan Negara Asia Pasifik

Opensignal juga menganalisis 21 negara, termasuk Indonesia, untuk melihat kualitas jaringan internet operator seluler saat dipakai layanan video call, baik itu untuk peserta dua orang atau berkelompok dalam jumlah yang besar. Pengalaman video call untuk setiap operator diukur pada skala dari 0 hingga 100 untuk kelancaran dan kepuasan.
"Secara sederhana, pengalaman video call mengukur apakah semua pengguna dalam panggilan, bukan hanya sejumlah kecil, memiliki kualitas video dan audio yang memadai atau lebih baik. Oleh karena itu, pengalaman yang buruk untuk satu atau beberapa pengguna akan berdampak pada semua peserta," kata analis Opensignal Robert Wyrzykowski dikutip dari situs resminya.
Daftar Operator Seluler Indonesia Terbaik untuk Video Call, Ini Juaranya (55771)
searchPerbesar
Daftar kualitas video call di 21 negara, termasuk Indonesia. Foto: Opensignal
Dalam daftar yang dirilis Opensignal, Indonesia menempati urutan 10 dari 21 negara dengan skor 54.0. Posisi Indonesia masih kalah dari Laos dan Vietnam yang masing-masing di peringkat sembilan dan tujuh.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, jika dibanding dengan negara tetangga, Malaysia, posisi Indonesia sedikit lebih baik. Malaysia berada di peringkat 11 dengan perolehan skor 53.2. Soal juara koneksi seluler untuk video call paling lancar adalah Jepang dan Singapura yang menduduki posisi masing-masing pertama dan kedua.