Tekno & Sains
·
13 Januari 2021 6:24

Data Apa Saja yang Diserahkan ke Facebook dalam Aturan Baru WhatsApp?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Data Apa Saja yang Diserahkan ke Facebook dalam Aturan Baru WhatsApp? (438014)
Ilustrasi Whatsapp Foto: REUTERS/Dado Ruvic
Kebijakan baru WhatsApp yang mengharuskan pengguna untuk berbagi data ke Facebook menjadi sorotan. Para pengguna wajib menyetujui aturan baru tersebut, jika masih ingin menggunakan WhatsApp untuk chatting.
ADVERTISEMENT
Kebijakan ini memang tidak memengaruhi pengalaman pengguna dalam berinteraksi di platform. Namun, hal ini jadi mengkhawatirkan karena pembagian data tersebut dianggap mengancam privasi pengguna.
Dalam notifikasi yang muncul pada aplikasi WhatsApp, kebijakan baru ini mengizinkan WhatsApp mengubah cara memproses data, layanan akun bisnis dapat mengakses layanan di Facebook untuk menyimpan dan mengelola obrolan di WhatsApp, serta bermitra dengan Facebook, serta menawarkan integrasi yang lebih dalam di semua produk perusahaan.
Sebenarnya, data apa saja yang dibagikan oleh WhatsApp ke Facebook?
WhatsApp menegaskan bahwa aturan privasi baru tidak memengaruhi chat atau percakapan antar akun maupun grup pribadi para pengguna. Chat masih akan dilindungi enkripsi end-to-end.
“Artinya siapa pun, termasuk WhatsApp dan Facebook, tidak dapat membaca isi pesan pengguna,” kata WhatsApp dalam sebuah keterangan, Selasa (12/1).
Data Apa Saja yang Diserahkan ke Facebook dalam Aturan Baru WhatsApp? (438015)
Aplikasi pesan instan WhatsApp. Foto: Dado Ruvic/Reuters
Pembaruan kebijakan privasi ini hanya berlaku untuk percakapan dengan akun Bisnis yang menggunakan WhatsApp Business API dan memilih provider hosting di luar WhatsApp. Beberapa poin yang ditegaskan antara lain sebagai berikut.
ADVERTISEMENT
  • Bisnis tersebut kini dapat menggunakan infrastruktur hosting Facebook untuk chat melalui WhatsApp
  • Artinya, percakapan dengan bisnis tersebut dapat disimpan di server Facebook
  • Jika pengguna berbicara dengan bisnis yang memilih metode penyimpanan di luar WhatsApp, maka WhatsApp akan menampilkan notifikasi di chat tersebut
  • Pengguna kemudian berhak dan bebas memilih apakah mereka mau berinteraksi dengan bisnis tersebut atau tidak
“Percakapan dengan akun Bisnis yang menggunakan aplikasi gratis WhatsApp Business, maupun yang menggunakan WhatsApp Business API tapi tetap menggunakan layanan hosting WhatsApp, masih terlindungi enkripsi end-to-end seperti biasa,” kata WhatsApp.
Sementara untuk data-data pribadi yang dikumpulkan WhatsApp antara lain adalah level baterai, kekuatan sinyal, versi aplikasi, sistem operasi, jaringan seluler, informasi koneksi (termasuk nomor telepon, operator seluler atau ISP), bahasa dan zona waktu, alamat IP, informasi operasi perangkat, serta pengidentifikasi (termasuk pengidentifikasi unik Produk Perusahaan Facebook yang dikaitkan dengan perangkat atau akun yang sama).
ADVERTISEMENT
Ada juga informasi tentang bagaimana cara mengirim pesan, panggilan suara dan video, grup chat, status yang dilihat, foto profil dan waktu terakhir online di WhatsApp. Banyak juga, ya?