Tekno & Sains
·
20 Juli 2021 18:02
·
waktu baca 2 menit

Emoji Baru Tampilkan Pria Hamil, Jadi Meme Bapak Tarawih

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Emoji Baru Tampilkan Pria Hamil, Jadi Meme Bapak Tarawih (35944)
searchPerbesar
Pregnant Man Emoji. Foto: Emojimedia via Twitter
Emoji sering dipakai untuk menambah ekspresi selama chatting di aplikasi pesan. Terkadang, gambar yang ditampilkan sebuah emoji bisa dimaknai beragam hingga membuka ruang interpretasi lain bagi penggunanya.
ADVERTISEMENT
Kasus misinterpretasi seperti itulah yang muncul saat situs referensi emoji, Emojimedia, mengungkap emoji pria hamil pada akhir pekan lalu di Twitter.
Dalam kicauan tersebut, Emojimedia menampilkan gambar seorang pria berperut besar dan varian warna kulitnya. Meski jelas-jelas menyebut bahwa emoji tersebut bernama Pregnant Man (pria hamil), netizen menganggap bahwa emoji tersebut lebih merepresentasikan bapak-bapak yang kekenyangan saat salat tarawih.
Emoji pria hamil sendiri ditampilkan ke Twitter oleh Emojimedia sebagai perayaan World Emoji Day pada 17 Juli lalu. Emoji baru ini termasuk dalam kandidat update 14.0 yang diberikan konsorsium standar emoji, Unicode Consortium, dan bakal tersedia untuk HP Android maupun iOS pada tahun depan.
Dalam draf update versi 14.0, Unicode Consortium menambah alternatif emoji yang inklusif, mulai dari gender untuk emoji putri dan pangeran, kemampuan untuk memilih dari 15 kombinasi warna kulit gambar jabat tangan yang berbeda, hingga pria hamil. Emoji 14.0 juga membawa emoji wajah meleleh, wajah memberi hormat, wajah menahan air mata, bola disko, dan simbol baterai lemah.
ADVERTISEMENT
Dalam beberapa tahun terakhir, Unicode memang menambahkan emoji dengan gender yang ‘cair’, seperti seorang perempuan dengan janggut, bendera transgender ,dan lebih dari 200 pilihan warna kulit campuran untuk emoji pasangan. Menurut laporan CNN, emoji pria hamil ditujukan agar pengguna memahami bahwa kehamilan mungkin terjadi di antara beberapa pria transgender dan orang non-biner.
Namun, dengan perut besar, posisi tangan yang bersedekap, dan kepala yang agak menunduk, membuat emoji pria hamil jadi bahan meme oleh netizen untuk menggambarkan bapak-bapak yang kekenyangan saat salat tarawih.
“Itu luar biasa, bahkan kepalanya dimiringkan pada sudut yang sempurna,” kata pengguna dengan username @GuyFromTheArea, salah satu netizen pertama yang menemukan makna lain dari emoji pria hamil. Kicauannya kini telah di-retweet sebanyak lebih dari 27.900 kali dan meraup 70.400 like.
ADVERTISEMENT

Bukan emoji pertama yang disalahartikan

Emoji pria hamil bukanlah emoji pertama yang punya interpretasi berbeda bagi pengguna. Sebelumnya, emoji bernama Folded Hands telah menuai reputasi sebagai salah satu emoji paling salah diinterpretasikan oleh pengguna.
Emoji Baru Tampilkan Pria Hamil, Jadi Meme Bapak Tarawih (35945)
searchPerbesar
Folded Hands Foto: Emoji Apple
Emoji Folded Hands seringkali salah diartikan sebagai simbol berdoa. Selain itu, emoji ini juga sering digunakan sebagai simbol untuk tos.
Padahal, emoji Folded Hands menunjukkan ekspresi maaf atau terima kasih. Meski demikian, Emojimedia mencatat bahwa sebuah emoji memang memiliki makna alternatif yang lain tergantung konteks chat pengguna.
“Dua tangan disatukan dengan erat, yang berarti tolong atau terima kasih dalam budaya Jepang,” tulis Emojimedia dalam situsnya. “Penggunaan alternatif yang umum untuk emoji ini adalah untuk berdoa, menggunakan gerakan yang sama seperti berdoa dengan tangan.”
ADVERTISEMENT