kumparan
19 Oktober 2019 10:18

Face Unlock di Google Pixel 4 Tetap Berfungsi saat Mata Tertutup

Google Pixel 4
Google Pixel 4. Foto: Evan Blass, @evleaks/Twitter
Google Pixel 4 bisa dibilang memiliki sejumlah peningkatan ketimbang pendahulunya. Sebagai contoh, ponsel tersebut telah dilengkapi fitur Face Unlock yang diklaim mampu bekerja lebih cepat dari teknologi pengenalan wajah di smartphone lain.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, fitur tersebut ternyata memiliki celah keamanan besar. Baru-baru ini seorang wartawan BBC News, Chris Fox, mengungkap bahwa Face Unlock di Pixel 4 bisa dibuka meski mata pengguna sepenuhnya tertutup.
”Pengenalan wajah di Pixel 4 bekerja bahkan jika kamu tertidur. Ini terlihat bermasalah,” kicau Chris, dalam posting Twitter yang diunggah pada Selasa (15/10).
”Saya tidak mematikan pengaturan apapun. Tidak ada pengaturan 'eyes open’ pada ponsel ini. (Ponsel) ini telah menjalankan OS terbaru."
Celah keamanan ini membuka peluang untuk berbagai penyalahgunaan ponsel. Seseorang mungkin dapat membuka kunci ponsel ketika pemiliknya sedang tertidur atau tidak sadar.
Bahayanya lagi, Face Unlock merupakan satu-satunya fitur keamanan biometrik di Pixel 4. Pasalnya, Google tidak menyematkan pemindai sidik jari ke dalam ponsel tersebut.
Google Pixel 4
Google Pixel 4. Foto: Google
Perusahaan sendiri sudah mengonfirmasi celah keamanan itu. Melalui halaman web Google, mereka meminta pengguna untuk menyimpan Pixel 4 di tempat yang sekiranya aman.
ADVERTISEMENT
”Ponselmu dapat dibuka oleh orang lain jika (ponsel) itu dihadapkan ke wajahmu, bahkan jika matamu dalam keadaan tertutup. Simpan ponselmu di tempat yang aman, seperti kantong depan atau tas tangan,” jelas Google.
Google Pixel 4 rencananya akan mulai dijual secara global per 24 Oktober 2019. Indonesia tidak masuk ke dalam jaringan pemasaran Google Pixel 4.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan