kumparan
28 Juli 2019 13:08

Fakta soal Foto 'Pocong' Kedungwaru Kidul di Google Maps

Sosok diduga pocong muncul dalam gambar lokasi Kedungwaru Kidul di Google Maps. Foto: Google Maps
Media sosial Twitter dan Instagram diramaikan penampakan 'pocong' di Google Maps. Gambar itu muncul ketika pengguna mencari lokasi Kedungwaru Kidul di aplikasi peta digital tersebut.
ADVERTISEMENT
Google Maps memang memungkinkan penggunanya untuk melihat panorama dan kondisi nyata berbagai lokasi di seluruh dunia. Semua ini berkat fitur bernama Google Street View yang dapat memberikan tampilan visual suatu lokasi berdasarkan hasil perekaman gambar.
Saat menjelajah foto panorama wilayah yang letaknya di Kecamatan Karanganyar, Demak, Jawa Tengah, itu pengguna melihat sosok yang diduga banyak pihak sebagai 'pocong'. Hal ini kemudian menjadi ramai diperbincangkan warganet di Twitter.
Benarkah penampakan pocong tersebut?
Apabila diperhatikan dengan detail, foto yang terdapat penampakan pocong itu bukanlah berasal dari mobil Street View milik Google. Tapi gambar tersebut dipotret oleh seorang pengguna Google Local Guide berakun ARTBiZ360.
Pengguna Google Local Guide bisa mengulas berbagai lokasi berdasarkan pengalamannya ketika berada di tempat tersebut. Mereka bisa memberi nilai dengan rating, menjelaskan pengalamannya lewat review, hingga membagi foto dan video.
ADVERTISEMENT
kumparan sudah berusaha menghubungi pengguna ARTBiZ360 untuk meminta keterangannya soal fotonya tersebut, namun belum diresponsnya. Meski begitu, ia sudah memberikan penjelasan terkait fotonya melalui posting-an di Instagram miliknya.
Loading Instagram...
ARTBiZ360 menjelaskan, foto tersebut diambil sekitar 2 tahun yang lalu, saat sedang menguji fitur malam milik kameranya. Tujuan awalnya adalah untuk mengambil pemandangan milky way saat malam hari.
"Asal jeprat-jepret sih waktu itu. Waktu itu hasilnya enggak terlalu terang sih, karena saat itu masih coba-coba kupelajari teknik motretnya. Nah setelah pulang, foto ini kuedit biar manis dan agak terang," terangnya dalam posting-an yang diunggah pada Sabtu (27/7).
Dia kemudian menyadari ternyata ada penampakan pocong di foto tersebut. Pocong itu bukanlah editan, sampai sejumlah pengguna internet merespons dan memberi tahu adanya keanehan pada foto ARTBiZ360 yang kemudian muncul di Google Maps.
ADVERTISEMENT
"Aku sih positif thinking saja kalau itu hanyalah serangga yang tempel di lensa, soalnya waktu ambil foto disitu aku enggak rasa apa-apa," tambahnya.
kumparan juga telah menghubungi pihak Google terkait hal ini. Namun hingga berita ini dirilis belum ada respons.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan