kumparan
search-gray
Tekno & Sains20 Maret 2020 12:01

Fitur Baru WhatsApp Setelah Dark Mode: Hapus Pesan Otomatis

Konten Redaksi kumparan
WhatsApp (Portrait)
Ilustrasi Whatsapp. Foto: antonbe via Pixabay
Beberapa waktu lalu, aplikasi pesan instan WhatsApp dikabarkan tengah menggarap fitur yang bisa menghapus pesan secara otomatis alias self-destructing message. Kini, fitur itu dipastikan akan meluncur dalam waktu dekat.
ADVERTISEMENT
Hapus pesan secara otomatis bisa menjadi fitur terbaru WhatsApp setelah dark mode. Mode gelap rilis pada awal Maret 2020 lalu.
Saat ini, fitur hapus pesan otomatis ada dalam aplikasi WhatsApp versi beta terbaru, yaitu 2.20.83 dan 2.20.84. Fungsi tersebut sebelumnya muncul hanya untuk pesan di grup chat saja.
WhatsApp versi beta terbaru memungkinkan pengguna untuk menghapus pesan otomatis di chat pribadi. Fitur ini bisa dikatakan seperti sistem chatting yang ada di Snapchat. Aplikasi akan secara otomatis menghapus pesan yang sudah terkirim dan dibaca oleh penerima.
Untuk menggunakan fitur ini, kamu hanya perlu mengaturnya di menu Setting dan Encryption. Kemudian akan muncul pilihan durasi berapa lama pesan akan bertahan hingga akhirnya terhapus secara otomatis. Pilihan durasi itu mulai dari 1 jam hingga 1 tahun.
WhatsApp
Ikon aplikasi WhatsApp. Foto: Arivera via Pixabay
Jika sudah diaktifkan, muncul ikon timer di sebelah ikon Read alias ceklis dua biru yang akan menampilkan berapa lama lagi pesan itu akan terhapus. Dan, jika pesan sudah lewat dari batas waktu yang ditentukan, maka pesan akan kedaluwarsa dan hilang dengan sendirinya.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, penghapusan pesan di WhatsApp harus dilakukan secara manual, yaitu menggunakan ‘Delete this for everyone’ dan hanya bisa dilakukan sampai 1 jam 8 menit 16 detik setelah pesan diterima. Kini, menghapus pesan bisa secara otomatis dan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
Adapun tujuan dari fitur ini ialah selain mempermudah hapus pesan, fitur ini memberikan ruang lebih untuk file dan data lain. Kebanyakan pesan di WhatsApp yang tidak pernah dihapus membuat smartphone lemot karena memakan data dan memori.
WhatsApp belum mengungkapkan kapan fitur ini akan diluncurkan untuk seluruh pengguna selain versi beta. Menurut laporan Android Central, tidak menutup kemungkinan fitur tersebut akan hadir untuk seluruh pengguna WhatsApp dalam waktu dekat.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white