Tekno & Sains
·
22 Juli 2021 17:13
·
waktu baca 2 menit

Game Bola eFootball Bisa Lintas Platform, Gamer HP Bisa Lawan Gamer PS5

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Game Bola eFootball Bisa Lintas Platform, Gamer HP Bisa Lawan Gamer PS5 (21547)
searchPerbesar
Game eFootball pengganti PES. Foto: Konami
Game sepak bola Pro Evolution Soccer (PES) resmi diganti oleh pengembangnya, Konami. Sebagai pengganti game sepak bola legendaris tersebut, Konami kini menyiapkan game dengan judul baru bernama eFootball.
ADVERTISEMENT
Pengumuman re-branding game PES diumumkan oleh Konami dalam situs resminya, Rabu (21/7).
“Semuanya dimulai dengan tekad yang teguh untuk menciptakan pengalaman sepakbola yang revolusioner. Ambisi kami adalah menciptakan kembali lingkungan sepakbola yang sempurna, mulai dari rumput di lapangan, hingga pergerakan pemain, hingga penonton di stadion," tulis Konami.
"Untuk tujuan ini, kami memutuskan untuk membuat mesin sepak bola baru, dengan sistem animasi dan kontrol permainan yang diubah. Hasil akhirnya bahkan lebih mengesankan daripada yang kami bayangkan sebelumnya. Kami telah melampaui batas PES, ke dunia baru sepak bola virtual. Untuk menandai era baru ini, kami telah memutuskan untuk berpisah dengan merek PES tercinta kami dan menamainya "eFootball"!” kata pengembang game asal Jepang tersebut.
ADVERTISEMENT
Game eFootball hanya akan tersedia secara digital. Game ini juga tersedia secara gratis (free-to-play).
Menurut laporan IGN, produser eFootball, Seitaro Kimura, menjelaskan bahwa game tersebut akan diupdate rutin setiap tahun secara gratis. eFootball juga kemungkinan menyediakan downloadable content (DLC) opsional berbayar.
Konami menjelaskan bahwa eFootball akan tersedia untuk Playstation (PS) 5, PS 4, Xbox Series X/S, Xbox One dan PC mulai musim gugur ini. Ia juga hadir dalam versi iOS dan Android.
Semua versi game eFootball bisa dimainkan antar platform dan memiliki fitur yang sama. Artinya, pengguna PlayStation, Xbox, atau PC bisa melawan gamer di HP. Namun, kemampuan tersebut baru ada pada akhir tahun 2021 ketika Konami merilis dukungan untuk mobile controller.
Game Bola eFootball Bisa Lintas Platform, Gamer HP Bisa Lawan Gamer PS5 (21548)
searchPerbesar
Roadmap dan fitur yang bakal hadir di eFootball. Foto: Konami
Pengumuman game eFootball boleh dibilang berita besar dari Konami. Sebelumnya, PES (atau di Jepang bernama Winning Eleven) telah menjadi salah satu game sepak bola terbesar di dunia bersama FIFA dari EA dalam dua dekade terakhir.
ADVERTISEMENT
Tak hanya mengubah nama brand dan model bisnisnya, Konami juga mengumumkan bahwa eFootball akan ditenagai oleh Unreal 4 engine. Perubahan ini membuat eFootball memiliki sistem animasi Motion Matching baru, yang menurut Konami memungkinkan animasi empat kali lebih banyak dan lebih realistis dari game PES sebelumnya.
eFootball sendiri bakal diumumkan Konami pada Agustus 2021. Hingga saat ini, masih banyak yang belum diketahui soal mode game apa saja yang akan dibawa oleh eFootball.
Dalam informasi awal yang dibagikan Konami, eFootball hanya menyediakan "pertandingan lokal" dari 9 tim termasuk FC Barcelona, Juventus, FC Bayern, Manchester United, Arsenal, Corinthians, Flamengo, Sao Paulo dan River Plate. Adapun mode game seperti MyClub atau Master League tak disebutkan oleh Konami.
ADVERTISEMENT