kumparan
24 Januari 2020 18:51

Gara-gara Virus Corona, Game Wabah Penyakit Ini Laris Manis

Ilustrasi Virus Corona
Ilustrasi Virus Corona. Foto: Shutter Stock
Di tengah mewabahnya virus corona di sejumlah negara, ternyata ada pihak yang mengambil untung dari hal ini. Game wabah penyakit berjudul 'Plague Inc' tiba-tiba jadi populer dan memuncaki daftar aplikasi game terlaris di China pada Rabu (22/1).
ADVERTISEMENT
Padahal, game yang dikembangkan Ndemic Creations asal Inggris itu telah diluncurkan sejak 8 tahun lalu. Menurut laporan BBC, beberapa pemain tampaknya mengajak orang-orang untuk mengunduh game itu setelah merebaknya virus corona.
Ajakan para pemain untuk men-download Plague Inc bukan hanya untuk hiburan semata. Ternyata, para pemain itu ingin mengatasi rasa takut mereka terhadap virus corona dengan cara bermain Plague Inc.
Plague Inc merupakan game simulasi dan strategi dengan ide yang sederhana. Pada dasarnya, pemain perlu menciptakan penyakit (plague) mereka sendiri dan menyebarkannya ke seluruh dunia untuk menciptakan penyakit pemusnah massal.
Dalam game tersebut, pemain dapat memilih penyakit macam apa yang mereka mau, mulai dari bakteri penyakit kulit, hingga virus pernapasan.
ADVERTISEMENT
Pemain juga harus berhati-hati dengan penyakit yang mereka kembangkan agar tidak begitu mematikan. Kalau tidak, warga dunia akan mengetahui bahwa penyakit yang kamu ciptakan ternyata mematikan, dan mereka akan segera melakukan penelitian untuk menyembuhkan penyakit tersebut.
Ide yang sederhana dan menarik itu berhasil membuat Plague Inc mendapatkan nilai 80/100 dari situs web review game dan film, Metacritic. Game ini pun telah di-download hingga lebih dari 120 juta kali sejak perilisannya 8 tahun lalu.
Virus corona sendiri hingga saat ini masih menjadi perhatian di seluruh dunia. Menurut laporan terakhir dari The New York Times, coronavirus ini telah diidap oleh 830 orang dengan catatan 26 orang meninggal.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan