kumparan
18 Oktober 2018 9:12

Hari Ini, Aplikasi Path Akan Ditutup Selamanya

Salam perpisahan aplikasi Path
Salam perpisahan aplikasi Path. (Foto: Astrid Rahadiani/kumparan)
Hari penutupan aplikasi jejaring sosial Path akhirnya tiba. Path telah mengumumkan bakal menutup akses terhadap aplikasinya secara penuh pada Kamis (18/10).
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, Path telah mengumumkan jika aplikasinya akan ditutup secara bertahap.
"Dengan sangat menyesal kami menginformasikan jika kami akan berhenti menyediakan layanan kami, Path. Kami memulai Path sejak tahun 2010 dalam sebuah kelompok kecil yang penuh hasrat serta desainer dan teknisi berpengalaman," tulis Path, dalam pemberitahuan di situs resminya.
Setelah memberitahu para pengguna mengenai rencana penutupan aplikasinya pada 17 September lalu, mulai 1 Oktober aplikasi Path sudah tidak bisa diunduh lagi baik di Google Play Store maupun Apple App Store.
Kini, 18 Oktober, seluruh layanan Path dihentikan dan pengguna tidak akan bisa lagi mengakses Path. Seluruh syarat dan ketentuan pengguna tentang Path telah resmi berakhir.
Salam perpisahan aplikasi Path
Salam perpisahan aplikasi Path. (Foto: Astrid Rahadiani/kumparan)
"Selama petualangan ini kami telah berbagi tawa dan tangis dengan Anda, dan belajar banyak hal bernilai. Sekarang waktunya kami menutup layanan kami untuk memprioritaskan pekerjaan kami demi melayani Anda dengan produk dan layanan yang lebih baik," tulis Path, dalan lanjutan pemberitahuannya.
ADVERTISEMENT
Saat ini, aplikasi Path memang masih bisa digunakan di Indonesia. Tapi, sudah bisa dipastikan akses terhadap aplikasi Path akan dihentikan antara hari ini atau mulai besok, Jumat (19/10).
Selama aplikasinya masih bisa dipakai, ada kesempatan bagi kamu yang belum mengamankan kenangan-kenanganmu di Path. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk melakukan backup data foto dan video yang pernah diunggah ke Path.
Perpisahan dari Aplikasi Path
Perpisahan dari aplikasi Path. (Foto: Path)
Dua cara itu adalah lewat situs web Path dan juga aplikasinya. Berikut ini langkah-langkahnya.
Situs web Path:
1. Kunjungi https://path.com/settings/backups
2. Login dengan akun Path
3. Masukkan email tujuan untuk menerima data backup dan klik 'Send the Request'
Aplikasi Path:
1. Buka aplikasi Path dan klik Setting di bagian profil pengguna
ADVERTISEMENT
2. Klik tombol 'Click here to backup your files'
3. Masukkan email tujuan untuk menerima data backup
4. Atau bisa langsung klik tombol 'Click here to backup your files' di notifikasi di atas tampilan Home
Untuk melakukan backup ini, pastikan kamu telah mengunduh aplikasi Path dalam versi terbaru 8.0.0. Setelah tanggal 18 Oktober, para pengguna tidak akan bisa lagi layanan backup-nya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan