Tekno & Sains13 September 2020 9:04

HP Huawei Pakai HarmonyOS 2021, Mampukah Saingi Android?

Konten Redaksi kumparan
HP Huawei Pakai HarmonyOS 2021, Mampukah Saingi Android? (820103)
Perusahaan teknologi Huawei. Foto: Tyrone Siu/Reuters
Huawei telah meluncurkan versi kedua dari sistem operasi HarmonyOS. Peluncuran ini dilakukan Huawei oleh CEO perusahaan, Richard Yu, pada sebuah konferensi developer dari Huawei, Kamis (10/9).
ADVERTISEMENT
Pada peluncuran tersebut, Huawei akan segera memberikan versi beta dari HarmonyOS 2.0 SDK kepada para developer. Namun, sistem operasi ini baru dapat mendukung perangkat smartwatch, car-head, dan televisi.
Sementara untuk smartphone, Huawei akan meluncurkannya pada bulan Desember 2020. Yu juga menyampaikan bahwa HP yang bekerja dengan HarmonyOS kemungkinan akan muncul tahun depan.
HP Huawei Pakai HarmonyOS 2021, Mampukah Saingi Android? (820104)
Huawei resmi memperkenalkan HongMeng OS, atau Harmony OS untuk luar China, sebagai sistem operasi alternatif Android dan iOS. Foto: Huanqiu.com via Reuters
Huawei bergerak cepat untuk mengundang banyak developer menggunakan sistem operasi buatannya. Melalui proyek OpenHarmony, Huawei memberikan kesempatan bagi para developer untuk membuat sebuah versi open-source dari HarmonyOS.
Pendekatan ini juga dilakukan oleh Google pada sistem operasi Android melalui AOSP. Hingga hari ini, proyek OpenHarmony baru mendukung perangkat dengan RAM 128 MB saja.
Huawei menargetkan pada bulan April 2021 batas tersebut bisa ditingkatkan menjadi 4 GB. Sementara pada bulan Oktober 2021, Huawei berharap sudah tidak ada lagi batas RAM.
ADVERTISEMENT
Sistem operasi HarmonyOS menjadi proyek paling strategis dan penting bagi Huawei saat ini. Proyek ini dijalankan untuk menyelamatkan perusahaan dari sanksi yang diberikan oleh Amerika Serikat.
Beberapa waktu lalu, AS melarang Huawei untuk bekerja sama dengan perusahaan AS, termasuk Google. Saat ini, Huawei terpaksa menjual perangkat berbasis Android-nya tanpa layanan serta aplikasi dari Google sehingga mengganggu ekosistem dan fungsionalitasnya.
(EDR)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white