Indosat Tingkatkan Kualitas Jaringan saat Lebaran, Beri Jaminan Layanan

4 April 2024 8:00 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi logo Indosat Ooredoo. Foto: Dok. Indosat Ooredoo
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi logo Indosat Ooredoo. Foto: Dok. Indosat Ooredoo
ADVERTISEMENT
Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) menjamin kelancaran konektivitas jaringan, atau “Unparalleled Network Service Guaranteed”, selama Lebaran 2024. Pelanggan dipastikan mendapat kenyamanan dan kemudahan komunikasi, terutama silaturahmi dengan keluarga dan kerabat, mulai dari perjalanan mudik hingga sampai pulang kampung.
ADVERTISEMENT
Mobilisasi arus mudik pada Hari Raya Idul Fitri 1445 H sendiri diprediksi mencapai 71,7 persen dari total penduduk Indonesia. Dari pergerakan massa itu, Indosat memprediksi trafik datanya akan meningkat sebesar 17 persen dibandingkan dengan rata-rata trafik harian pada 2024.
Berdasarkan tren tahun sebelumnya, lonjakan trafik data terbesar terjadi di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Lampung. Kenaikan didorong oleh peningkatan aktivitas digital pelanggan, mulai dari penggunaan media sosial dan aplikasi pesan singkat, seperti TikTok, WhatsApp, YouTube, Facebook, dan Instagram, hingga game online macam Mobile Legends, Free Fire, Roblox, PUBG, dan Genshin Impact.
Sebagai antisipasi, Indosat meningkatkan kapasitas jaringannya sekitar 32 persen lebih besar dibandingkan dengan rata-rata kapasitas harian. Kepadatan lalu lintas data pada puncak momentum Lebaran juga diantisipasi dengan penambahan 2.145 sites baru dan 38 mobile BTS (MBTS), didukung oleh jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 51 ribu km dan lebih dari 224 ribu km akses metro fiber optic untuk memperkuat sinyal di lokasi prioritas.
ADVERTISEMENT
Vikram Sinha, President Director & CEO Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), pada perayaan 100 juta pelanggan IOH, Jakarta (9/12) Foto: Rian Ramadhan/kumparan
Indosat turut melakukan optimalisasi jaringan di 10 jalur kereta, 26 jalan tol yang meliputi Trans Jawa, Trans Kalimantan, dan 28 jalan non-tol seperti Banjarmasin-Martapura dan Merak-Carita. Optimalisasi jaringan juga dilakukan di 531 titik dan 64 jalur prioritas, seperti destinasi wisata, pusat perbelanjaan, alun-alun, masjid, rest area, bandara, terminal, pelabuhan dan stasiun.
“Kami telah mengoptimalkan jaringan di sejumlah jalur mudik dan lokasi-lokasi prioritas,” ujar Vikram dalam pernyataan resmi, Rabu (3/4). “Optimalisasi ini juga didukung oleh jangkauan jaringan Indosat yang kian meluas hingga wilayah kecamatan dan desa.
"Kami juga menjamin pelanggan dengan ‘Unparalleled Network Services Guaranteed’ bagi seluruh pelanggan."