Tekno & Sains
·
28 Juli 2021 11:35
·
waktu baca 2 menit

Ini Bocoran Penampakan Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ini Bocoran Penampakan Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 (54232)
searchPerbesar
Bocoran penampakan wujud Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3. Foto: @evleaks/Twitter
Kurang dari sebulan sebelum acara tahunan Samsung Galaxy Unpacked digelar, bocoran penampakan wujud dan spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Flip 3 terkuak di media sosial dan internet.
ADVERTISEMENT
Detail perangkat primadona ini pertama kali datang dari Evan Blass yang merilis bocoran gambar smartphone layar lipat ini di akun Twitter resminya yang bernama @evleaks. Blass sendiri tersohor karena selalu akurat dalam memberi bocoran informasi seputar gadget terkini.
Kedua perangkat diperlihatkan bersama dengan percikan air, seakan-akan mengonfirmasi rumor yang beredar bahwa Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 mungkin tahan air. Hal ini juga didukung oleh cuitan Blass yang menyatakan bahwa kedua ponsel ini memiliki label IPX8, sertifikat yang mengindikasikan perangkat tahan air.
Tweet Blass juga mencakup sejumlah detail (yang belum dikonfirmasi pastinya) mengenai ukuran layar, susunan kamera, dan dugaan dukungan S Pen untuk kedua handphone (HP) layar lipat terbaru Samsung ini.
ADVERTISEMENT
Menurut Blass, Samsung Galaxy Z Flip 3 akan menampilkan layar utama berukuran 6,7 inci, sedangkan sisi luar akan menawarkan layar penutup berukuran 1,9 inci. Sementara untuk Samsung Galaxy Z Fold 3, ukuran layar yang disajikan adalah 7,6 inci untuk layar internal dan 6,2 inci untuk layar eksternal.
Untuk spesifikasi kamera, Blass mengatakan Samsung Galaxy Z Flip 3 menawarkan sensor 12 MP ganda di bagian belakang, bersama dengan kamera selfie 10 MP. Sedangkan Samsung Galaxy Z Fold 3 disebutnya akan membawa tiga sensor 12 MP di belakang, bersama dengan kamera selfie 10 MP di layar penutup dan kamera selfie 4 MP di layar utama untuk digunakan.

Dukungan S Pen

Setelah Samsung resmi mengabarkan tak akan menghadirkan Galaxy Note 21 pada tahun ini, semua mata menuju ke Samsung Galaxy Z Fold 3.Blass menduga Samsung Galaxy Z Fold 3 akan menawarkan dukungan tidak hanya satu, tetapi dua opsi S Pen, yang konon dijuluki S Pen Pro dan S Pen Fold Edition.
ADVERTISEMENT
Penambahan fungsi S Pen pada smartphone layar lipat flagship tahun ini pasti akan banyak berkontribusi mengisi kekosongan absennya Samsung Galaxy Note 21 tahun ini. Ia juga kemungkinan akan sangat membantu melegitimasi posisi Samsung Galaxy Z Fold 3 untuk penggunanya.
Spesifikasi dan fitur yang disampaikan di atas tentu masih sebatas rumor, belum dapat dikonfirmasi oleh Samsung. Tapi bagi kalian yang menunggu kehadiran Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3, harap bersabar karena semuanya akan terungkap di acara Galaxy Unpacked pada 11 Agustus 2021 mendatang.