Ini Cara Baru Dapat Uang di Facebook dan Instagram untuk Kreator Konten

23 Juni 2022 8:02
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ilustrasi Facebook. Foto: Dado Ruvic/Reuters
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Facebook. Foto: Dado Ruvic/Reuters
ADVERTISEMENT
Meta mengumumkan cara baru menghasilkan uang di Facebook dan Instagram untuk para kreator konten. CEO Meta, Mark Zuckberg, mengatakan ada sejumlah pembaruan monetiasi di kedua platform media sosial itu.
ADVERTISEMENT
Program monetisasi yang diperluas adalah Facebook Stars di Facebook dan program bonus Reels Play di Instagram.
Facebook Stars adalah fitur yang memungkinkan kreator konten menghasilkan pendapatan dari konten audio dan video mereka di Facebook, dengan memungkinkan penontonnya membeli Bintang (Star) untuk dikirim ke pembuat kontennya. Kreator konten akan menerima o,01 dolar AS (sekitar Rp 148) setiap bintang yang didapat dari penontonnya.
Sedangkan program bonus Reels Play adalah cara bagi kreator konten Instagram untuk memonetisasi video Reel mereka berdasarkan berapa kali kontennya diputar. Jadi, semakin banyak pemutaran, semakin banyak juga uang yang didapat pengguna.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Kami menuju masa depan di mana lebih banyak orang dapat melakukan pekerjaan kreatif yang mereka sukai, dan saya ingin platform seperti kami berperan dalam mewujudkannya.
- Mark Zuckeberg, CEO Meta -

Taktik untuk dapat keuntungan

Dikutip CNBC, fitur-fitur monetisasi yang dimunculkan Facebook merupakan salah satu cara mereka menyesuaikan diri dengan perubahan baru-baru ini di ekosistem iOS Apple.
ADVERTISEMENT
Mulai dari pembaruan iOS 14.5 (sekarang sudah iOS 15.5), Apple memberikan pilihan kepada pengguna iPhone untuk mengizinkan atau tidak aplikasi tertentu untuk melacak aktivitasnya. Opsi tersebut mempersulit perusahaan media sosial itu untuk menargetkan iklan ke pengguna iPhone dan iPad.
Dengan mempertahankan lebih banyak perdagangan dan penjualan langsung di aplikasi, Facebook tentunya dapat lebih efektif menayangkan iklan yang dipersonalisasi kepada pengguna dan menunjukkan keefektifan iklan tersebut kepada pengiklan.
Sebelumnya, Mark Zuckberg juga memperkenalkan Facebook Shops dan Instagram Shops sebagai bagian dari dorongan untuk membawa lebih banyak perdagangan langsung ke layanan Facebook. Kedua fitur itu memungkinkan pelaku usaha untuk menjual langsung kepada pengguna. Beberapa kreator konten top, seperti Kim Kardashian, sudah memiliki toko resmi di profil Instagram mereka.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·