kumparan
30 Agustus 2019 7:18

Ini Tipe Apple MacBook Pro yang Dilarang Dibawa ke Pesawat

Keyboard laptop Apple MacBook Pro
Laptop Apple MacBook Pro. Foto: Luis Quintero via Pexels
Ada kabar penting untuk kamu pengguna MacBook Pro. Sejumlah maskapai penerbangan telah melarang penumpang untuk membawa salah satu seri laptop buatan Apple ini masuk ke dalam pesawat.
ADVERTISEMENT
Tentu tidak semua lini MacBook Pro yang dilarang. Hanya satu produk, yakni MacBook Pro model Retina 15 inci.
Alasannya, MacBook Pro 15 inci keluaran tahun 2015 memiliki masalah pada baterai yang mudah terbakar. Hal itu dinilai akan membahayakan penumpang saat dibawa ke dalam pesawat.
Sejumlah maskapai penerbangan telah memberlakukan aturan baru terkait larangan penumpang untuk membawa MacBook Pro 15 inci ke dalam pesawat. Salah satunya maskapai Garuda Indonesia yang mengeluarkan larangan bagi penumpang untuk membawa produk tersebut ke dalam pesawat, baik di kabin, bagasi, maupun layanan kargo.
MacBook Pro 15  Inci
MacBook Pro 15 inci retina display. Foto: Apple
Kebijakan maskapai Garuda Indonesia itu pun mengacu pada aturan yang dikeluarkan European Union Aviation Safety Agency (EASA) dan regulasi dari IATA Dangerous Goods Regulations (Special Provisions A154).
ADVERTISEMENT
"Larangan membawa MacBook Pro 15-Inch untuk series tertentu yang telah diinformasikan oleh pihak manufaktur menyusul ditemukannya permasalahan di dalam baterai laptop tersebut yang berpotensi menimbulkan gangguan terhadap aspek keselamatan penerbangan," kata VP Corporate Secretary PT Garuda Indonesia, M. Ikhsan Rosan, dalam keterangannya, Kamis (29/8).
Langkah Garuda Indonesia diikuti oleh maskapai lainnya, seperti Qantas Airways, Virgin Australia, Thai Airways, dan Singapore Airlines, yang juga melarang sepenuhnya penumpang membawa laptop MacBook Pro 15 inci ke dalam pesawat, baik bagasi maupun kabin.
Cara cek tipe MacBook Pro
Pada Juni 2019 lalu, Apple mengeluarkan imbauan recall atau penarikan untuk sejumlah laptop MacBook Pro 15 inci yang dijual antara September 2015 dan Februari 2017.
ADVERTISEMENT
Apple mengatakan, baterai di laptop ini mungkin akan cepat panas dan menimbulkan risiko keselamatan karena mudah terbakar. Perusahaan pun meminta pelanggan yang memiliki tipe MacBook Pro yang dimaksud untuk berhenti menggunakannya sampai baterai diganti.
Laptop Apple MacBook Pro
Laptop Apple MacBook Pro. Foto: Caio Resende via Pexels
Untuk melihat apakah MacBook Pro milikmu termasuk ke dalam daftar tipe produk yang berbahaya atau tidak, kamu bisa ditemukan melalui nomor seri laptop. Berikut cara lengkapnya.
1. Klik ikon Apple di sudut kiri atas layar. Lalu pilih "About This Mac".
2. Ketika dibuka, akan muncul halaman yang menampilkan nomor seri MacBook Pro.
3. Jika kamu melihat tulisan “MacBook Pro (Retina, 15-inch, Mid-2015)”, ada kemungkinan itu produk yang dilarang dan punya masalah dengan baterai.
Ilustrasi remaja memakai laptop Apple MacBook Pro
Ilustrasi remaja memakai laptop Apple MacBook Pro. Foto: Buro Millennial via Pexels
Apple membuka program penukaran baterai secara gratis untuk produk-produk yang masuk ke dalam program recall. Untuk mengecek apakah MacBook Pro kamu dapat mengikuti program ini atau bisa membuka situs web berikut ini.
ADVERTISEMENT
Kemudian, masukan nomor seri MacBook Pro untuk mengetahui apakah Anda memenuhi syarat untuk penggantian baterai gratis. Perangkat kamu akan dikirim ke Apple Repair Center untuk diperbaiki.
MacBook Pro bakal diperiksa sebelum dilakukan perbaikan untuk memverifikasi memenuhi syarat untuk program ini. Proses perbaikan mungkin akan memakan waktu 1-2 minggu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan