Tekno & Sains
·
23 Juli 2021 8:10
·
waktu baca 2 menit

Instagram Stories Kini Bisa Terjemahkan Teks Bahasa Asing, Begini Caranya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Instagram Stories Kini Bisa Terjemahkan Teks Bahasa Asing, Begini Caranya (490073)
searchPerbesar
Fitur Translate stories di Instagram. Foto: Dok. Instagram via The Verge
Setelah menambahkan fitur terjemahan otomatis ke komentar, keterangan, dan bio, Instagram kembali hadir dengan pembaruan baru. Kali ini mereka menambahkan opsi untuk menerjemahkan teks secara otomatis pada Instagram Stories.
ADVERTISEMENT
Hal ini diumumkan langsung Bos Instagram, Adam Mossieri. Dia mengatakan, saat Anda melihat stori berbentuk teks, Anda akan mendapat pemberitahuan ‘Lihat Terjemahan' jika pengaturan bahasa yang digunakan berbeda dari yang ada di stories.
"Fitur ini sudah ada di feed, profil, dan komentar, dan saya senang membawanya ke Stories,” tulis Adam di akun Twitternya.
Fitur terjemahan di Instagram Stories ini bekerja seperti terjemahan untuk feed. Fitur ini akan menerjemahkan mengikuti pengaturan bahasa yang terpasang di aplikasi Instagram.
Jika fitur mendeteksi adanya bahasa yang berbeda dengan bahasa pengaturan aplikasi, maka fitur 'see translation' (lihat terjemahan) akan muncul di sisi atas layar, tepat di bawah username. Ketika diketuk, pengguna akan langsung melihat terjemahan di bagian bawah.
Instagram Stories Kini Bisa Terjemahkan Teks Bahasa Asing, Begini Caranya (490074)
searchPerbesar
Fitur terjemahan di Instagram Stories. Foto: Farren Sahertian/kumparan
Mengutip The Verge, setelah merilis fitur terjemahan teks, Instagram juga bakal menambah fitur menarik lain seperti penerjemah audio di kemudian hari.
ADVERTISEMENT
Instagram sebelumnya sempat bikin heboh gara-gara menyebut diri mereka kini bukan lagi hanya merupakan aplikasi sharing foto. Lebih dari itu, Instagram kini antusias menggali ide di sektor hiburan. Hal ini dibuktikan dengan rilisnya Instagram Reels pada Agustus 2020.
Reels bisa dimanfaatkan pengguna untuk membuat video pendek dengan musik dan bisa dibagikan ke pengguna lain. Fitur mirip seperti TikTok.
Instagram juga menambahkan Instagram Music. Fitur ini langsung populer karena bisa menambahkan potongan lagu, baik dari musisi terkenal hingga indie, dalam video yang dibuat pengguna. Instagram Music juga bisa digunakan untuk Reels dan Stories dalam bentuk Sticker.
Ke depan Instagram bakal lebih fokus dan menaruh perhatian pada tren kreator, video, belanja online, dan perpesanan. Langkah pembaharuan ini diambil untuk membuat Instagram semakin diminati.
ADVERTISEMENT
“Sekarang kami memiliki ide di mana kami ingin (ada) dalam setengah tahun atau satu tahun ke depan, tapi saya yakin hal itu akan berubah berkali-kali baik sekarang atau pun nanti. Ini bukan sesuatu yang bisa kami lakukan dalam semalam. Jadi, Anda akan melihat kami mengulangi dan menjadi sangat terbuka tentang apa yang kami lakukan,” kata Mosseri.