kumparan
search-gray
Tekno & Sains27 September 2019 13:21

iOS 13 Akan Bikin iPhone XS dan iPhone XR Jadi Lemot

Konten Redaksi kumparan
iPhone XS dan iPhone XS Max
iPhone XS dan iPhone XS Max. Foto: Stephen Lam/Reuters
Beberapa tahun lalu, Apple pernah diserang karena mereka diam-diam memperlambat alis bikin lemot performa iPhone. Apple beralasan melakukan ini untuk menyesuaikan performa iPhone berusia lama, yang mengalami penurunan kesehatan baterai.
ADVERTISEMENT
Apabila kamu merasa iPhone terbaru bebas dari fitur bikin lemot yang disebut throttling ini, maka kamu salah. Pasalnya, Apple juga bakal memperlambat iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max, apabila kesehatan baterainya telah menurun.
Fitur throttling ini hadir lewat sistem operasi terbaru iOS 13. Apple menjelaskan memperlambat kinerja prosesor adalah upaya untuk menghindari baterai jadi gampang habis pada perangkat lawas. Biasanya, pada iPhone lawas, baterai akan cenderung lebih cepat habis, bahkan kadang bikin smartphone tiba-tiba mati mendadak.
iPhone XR
6 pilihan warna iPhone XR. Foto: Stephen Lam/Reuters
Fitur throttling itu akan memantau kinerja perangkat, tidak serta merta membuat iPhone jadi lemot. Nah, jika sistem mendeteksi masalah pada baterai, maka perlambatan itu akan diterapkan.
“Fitur ini hanya diaktifkan jika smartphone sudah mengalami mati mendadak untuk pertama kalinya. Dengan kemampuan baterai yang telah berkurang, hal ini dapat membantu iPhone untuk mendapatkan daya instan maksimal,” terang Apple, dilansir Ubergizmo.
ADVERTISEMENT
Apple menekankan bahwa perlambatan kinerja pada model yang meluncur baru-baru ini tidak akan terlalu signifikan. Hal itu diperkirakan karena desain perangkat keras dan perangkat lunak yang sudah jauh lebih baik dibandingkan iPhone generasi lawas.
Apple iPhone 7
Apple iPhone 7. Foto: REUTERS/Regis Duvignau
Jadi, mungkin dampak perlambatan ini akan lebih terasa pada iPhone yang baterainya telah mengalami penurunan kualitas atau sudah mengalami kerusakan.
Tahun lalu, Apple mendapatkan banyak gugatan akibat mengakui bahwa perusahaan dengan sengaja membuat perangkat iPhone jadi lemot dari tahun ke tahun. Akibat pengakuannya tersebut, sejumlah pihak pun melayangkan gugatan hukum.
Apple mengatasinya dengan cara memberikan diskon penggantian baterai baru untuk iPhone lawas. Kalau ada protes lagi pada tahun ini, apakah Apple akan kasih diskon lagi?
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white