Tekno & Sains16 September 2020 7:35

iOS 14 dan iPadOS 14 Sudah Bisa Di-download, Ini Sederet Fitur Barunya

Konten Redaksi kumparan
iOS 14 dan iPadOS 14 Sudah Bisa Di-download, Ini Sederet Fitur Barunya (729045)
Fitur App Clip di iOS 14 Foto: Dok. Apple
Apple akhirnya resmi meluncurkan sistem operasi iOS 14 dan iPadOS 14. Keduanya dirilis bersamaan dengan peluncuran sejumlah perangkat lain pada Apple Time Flies 2020, Selasa (15/9).
ADVERTISEMENT
iOS 14 dan iPadOS 14 sendiri sebelumnya telah dirilis pada pertengahan tahun ini. Namun, saat itu kedua sistem operasi tersebut masih dalam bentuk beta.
Lantas, pembaruan fitur apa saja sih yang diberikan Apple di dalam iOS 14 dan iPadOS 14? Kamu bisa melihatnya melalui daftar berikut.

iOS 14

iOS 14 bisa dibilang membawa perubahan besar untuk pengguna iPhone. Setidaknya, ada 7 bagian penting yang dibawa iOS 14.
1. Tampilan
iOS 14 membawa tampilan baru yang lebih kaya ketimbang pendahulunya. Sekarang, pengguna iPhone bisa menyematkan berbagai widget di dalam home screen untuk menampilkan informasi yang sifatnya sekilas. Ukuran widget pun dapat dikustomisasi sesuka hati oleh pengguna.
Tampilan iOS 14 juga dapat dibuat ringkas berkat kehadiran App Library. Fitur ini akan menata semua aplikasi kamu secara otomatis ke dalam sebuah tampilan yang simpel dan mudah ditelusuri. Aplikasi tersebut bakal diurutkan berdasarkan kategori, dan aplikasi yang paling sering kamu gunakan dapat diakses dengan sekali ketuk.
iOS 14 dan iPadOS 14 Sudah Bisa Di-download, Ini Sederet Fitur Barunya (729046)
Fitur baru di iOS 14. Foto: Apple
iOS 14 juga menyederhanakan tampilan panggilan lebih ringkas dan kecil agar tidak memenuhi keseluruhan layar. Apple juga menyediakan fitur Picture-in-picture lewat iOS 14, di mana kamu bisa minimize layar saat menonton streaming atau panggilan video sambil membuka aplikasi lain.
ADVERTISEMENT
2. Pesan
Di bagian aplikasi Message, Apple memberikan fitur yang lebih beragam agar pengguna bisa leluasa saat berkirim pesan. Beberapa fitur tersebut di antaranya adalah penyematan percakapan (pinned chat), foto grup, mention, dan balasan spesifik suatu pesan di grup.
Melalui iOS 14, Apple juga menyediakan opsi baru untuk Memoji mulai dari usia, penutup wajah, dan lebih dari 20 gaya rambut dan penutup kepala baru yang sesuai dengan kepribadian, profesi, dan hobi pengguna.
3. Peta
Apple tampak serius untuk menggarap aplikasi Maps atau peta digital bawaan mereka. Dengan update iOS 14, aplikasi peta bawaan di iPhone bisa menampilkan jalur khusus sepeda dan rute bagi kendaraan listrik untuk menemukan stasiun pengisian tenaga listrik.
ADVERTISEMENT
Peta bawaan di iPhone juga bakal menyediakan fitur Guides (Panduan) lewat iOS 14. Seperti namanya, fitur ini berguna untuk mencari tempat menarik untuk makan, berbelanja, hingga eksplorasi, jika kamu sedang berada di tempat baru dan tidak tahu mau berpergian ke mana.
4. Translate
Bingung mau bicara apa ketika bertemu orang asing dengan bahasa yang berbeda? Tenang saja, iOS 14 kini punya fitur Translate yang dirancang untuk membantu percakapan dalam 11 bahasa berbeda.
iOS 14 dan iPadOS 14 Sudah Bisa Di-download, Ini Sederet Fitur Barunya (729047)
Aplikasi Translate di iPhone iOS 14. Foto: Apple
Tak cuma secara online, fitur Translate di iOS 14 juga dapat kamu pakai secara offline. Kamu hanya perlu download bahasa yang kamu mau untuk menerjemahkan bahasa asing tanpa konektivitas. Kamu juga bisa menyimpan frasa bahasa asing favorit kamu melalui fitur ini.
ADVERTISEMENT
5. Keamanan data pribadi
iOS terkenal karena keandalan sistemnya untuk menjaga keamanan data pribadi pengguna. Melalui iOS 14, Apple hendak meningkatkan reputasi tersebut.
Untuk aplikasi browser Safari, misalnya, kini telah dilengkapi dengan Privacy Report (Laporan Privasi). Fitur ini bakal menyediakan laporan bagaimana situs web memperlakukan privasi kamu.
iOS 14 juga bakal memberikan informasi di App Store untuk membantu kamu memahami praktik privasi setiap aplikasi sebelum kamu mengunduhnya. Update iOS 14 pun bakal menyediakan indikator berwarna kuning kecil di layar jika ada aplikasi yang menjalankan mikrofon atau kamera.
Lewat iOS 14, Apple juga akan menyediakan pemantauan kata sandi atau password. Fitur ini memastikan bahwa kata sandi yang kamu pakai tersebut belum pernah dibobol.
ADVERTISEMENT
6. AirPods
iOS 14 turut menyediakan sejumlah fitur bagi AirPods kamu. Sekarang, kamu bisa mendapatkan notifikasi di tampilan iPhone terkait kapan baterai AirPods perlu diisi ulang atau charge.
iOS 14 dan iPadOS 14 Sudah Bisa Di-download, Ini Sederet Fitur Barunya (729048)
Apple Airpods Pro. Foto: Apple
iOS 14 juga memiliki fitur Peralihan Otomatis (Automatic Switching) agar kamu tak perlu repot-repot lagi memilih sambungan perangkat yang terhubung dengan AirPods kamu. Sistem operasi baru ini pun menyediakan fitur Akomodasi Headphone (Headphone Accomodation) agar pengguna bisa mengkustomisasi karakter suara yang bakal dikeluarkan oleh AirPods.
7. App Clips
Ingin scan tagihan makanan lewat dompet digital dengan cepat tanpa repot-repot buka menu aplikasi iPhone? iOS 14 menyediakan solusi tersebut lewat App Clips atau cuplikan aplikasi.
Untuk menggunakan fitur ini, kamu hanya perlu scan QR code lewat kamera atau taruh iPhone kamu di pemindai NFC. Nantinya, iOS 14 akan langsung menyediakan cuplikan aplikasi terkait pembayaran yang hendak dilakukan. Karena ukurannya yang kecil, Apple mengklaim kalau fitur ini dapat bekerja dengan cepat tanpa perlu loading lama.
ADVERTISEMENT
iOS 14 sendiri mulai tersedia pada Rabu (16/9) waktu AS. Apple menyebut kalau iOS 14 kompatibel untuk semua perangkat iPhone yang memakai iOS 13.

iPadOS 14

Selain iOS 14, Apple juga merilis iPadOS 14 sebagai sistem operasi baru bagi iPad. Pada dasarnya, iPadOS 14 ini membawa sejumlah peningkatan fitur yang dibawa di iOS 14, mulai dari pesan, keamanan data pribadi, dan AirPods. Namun, ada sejumlah tampilan dan fitur lain yang khusus diberikan Apple untuk sistem operasi ini.
iOS 14 dan iPadOS 14 Sudah Bisa Di-download, Ini Sederet Fitur Barunya (729049)
Tampilan Home iPadOS. Foto: Apple
Salah satu perubahan yang bisa dirasakan pengguna lewat iPadOS 14 adalah antarmuka yang lebih compact. Hal ini membuat iPadOS 14 punya tampilan yang semakin mirip dengan MacOS.
Untuk kolom pencarian, misalnya, iPadOS 14 memiliki fitur Spotlight. Fitur ini berguna menemukan aplikasi atau dokumen secara cepat. iPadOS 14 juga menaruh sejumlah aplikasi seperti Photos atau Notes dan di menu sebelah kiri, mirip dengan tampilan Mac.
ADVERTISEMENT
Update iPadOS 14 bakal menyediakan fitur widget dan tampilan panggilan yang ringkas, seperti di iOS 14. Selain itu, sekarang kamu bisa mengatur tata letak aplikasi sesuai dengan keinginan kamu.
Salah satu peningkatan lain yang dibawa Apple lewat iPadOS 14 ada pada fitur Scribble. Di sini, pengguna bisa mengubah tulisan tangan mereka menjadi teks.
Tulisan tangan di iPad dengan sistem operasi ini juga bisa di-copy paste antar aplikasi. Pengguna juga kini bisa menghapus teks mereka hanya dengan menggoreskan Apple Pencil.
iOS 14 dan iPadOS 14 Sudah Bisa Di-download, Ini Sederet Fitur Barunya (729050)
Tampilan Home iPadOS. Foto: Apple
iPadOS 14 mulai tersedia pada Rabu (16/9) waktu AS dan kompatibel untuk perangkat iPad berikut:
  • iPad Pro 2020 (12,9 inci)
  • iPad Pro 2020 (11 inci)
  • iPad Pro 2019 (12,9 inci)
  • iPad Pro 2019 (12,9 inci)
  • iPad Pro 2018 (12,9 inci)
  • iPad Pro 2017 (12,9 inci)
  • iPad Pro 2017 (10,5 inci)
  • iPad Pro (9,7 inci)
  • iPad (generasi ketujuh)
  • iPad (generasi keenam)
  • iPad (generasi kelima)
  • iPad Mini (generasi kelima)
  • iPad Mini 4
  • iPad Air (generasi ketiga)
  • iPad Air 2
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white