iOS 17 Resmi Dirilis di Indonesia, Ini Cara Update dan Fitur Barunya

20 September 2023 8:45
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Apple luncurkan iOS 17. Foto: Apple
ADVERTISEMENT
Apple akhirnya merilis sistem operasi (OS) baru iOS 17 untuk iPhone di seluruh dunia, termasuk Indonesia. iOS 17 pertam kali diumumkan Apple di acara Worldwide Developers Conference (WWDC) 2023 pada Juni 2023 silam.
ADVERTISEMENT
iOS 17 tersedia untuk iPhone SE generasi kedua dan iPhone XR ke atas. Artinya, pengguna iPhone X ke bawah, termasuk iPhone 8 dan iPhone 8 Plus, tidak akan mendapatkan pembaruan ini.
Untuk melakukan update iOS 17, pengguna bisa mengikuti langkah-langkah berikut:
Tampilan kontak baru 'poster' di iOS 17. Foto: Apple

Fitur baru iOS 17

iOS 17 datang membawa sejumlah pembaruan, salah satunya desain baru kartu kontak. Buku kontak di iPhone berbasis iOS 17 mendapatkan fitur baru poster mirip kartu nama yang muncul ketika menelepon seseorang.
Ada juga fitur transkripsi langsung baru untuk pesan suara yang memungkinkan pengguna melihat transkrip pesan yang ditinggalkan penelepon secara real time. Pengguna dapat memilih untuk membiarkannya atau menerima panggilan, termasuk kemampuan meninggalkan pesan di FaceTime.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, SMS-nya iPhone juga menerima pembaruan yang memudahkan pengguna mencari dan menyaring pesan tertentu. Ada juga kemampuan transkrip pesan suara, fitur yang juga dimiliki Google Pixel 7.
Serangkaian fitur baru disebut Check In yang membagikan lokasi dan status langsung pengguna dengan orang lain juga dihadirkan. Fitur ini dapat secara otomatis mengirim pesan ke teman ketika penggunsa tiba di rumah, termasuk membagikan status kondisi baterai iPhone pengguna dan layanan seluler ke lawan bicaranya.
Mode StanBy iOS 17 ketika pengisian daya. Foto: Apple
Stiker juga mendapatkan perombakan, dengan kemampuan untuk menambahkan emoji atau potongan foto apa pun sebagai "stiker" yang ditempatkan di iMessages atau di mana saja di dalam sistem. Foto langsung juga dapat diubah menjadi stiker animasi, dan kini pengguna juga dapat menambahkan efek ke stiker.
ADVERTISEMENT
AirDrop mendapat pembaruan untuk mengirim informasi kontak — disebut NameDrop— yang akan mengirimkan alamat email dan nomor telepon pilihan pengguna (beserta poster) hanya dengan mendekatkan dua iPhone, ini juga berfungsi antara iPhone dan Apple Watch. Foto dapat dibagikan dengan cara yang sama, dan jika file berukuran besar, pengunduhan tetap lanjut ketika berada di luar jangkauan.
iOS 17 juga menyertakan pembaruan keyboard, termasuk penyempurnaan untuk koreksi otomatis. Auto koreksi teks ini bergantung pada model (AI) bahasa baru untuk akurasi yang lebih baik, ditambah pintasan yang lebih mudah untuk kembali ke kata asli yang pengguna tulis jika perlu.
Aplikasi baru bernama Journal di iPhone secara otomatis menyarankan momen yang mungkin ingin pengguna tulis dalam entri jurnal, sejenis buku harian multimedia. Entri dapat menyertakan foto, musik, dan aktivitas, serta pengguna dapat menjadwalkan pengingat untuk diri pengguna sendiri untuk mulai menulis. Fitur ini sudah dilengkapi enkripsi end-to-end.
Mode StanBy iOS 17 ketika pengisian daya. Foto: Apple
iOS 17 dilengkapi dengan StandBy, mode baru yang membuat layar menampilkan status dengan tanggal dan jam ketika iPhone lagi dicas. Mode ini dapat menampilkan informasi dari Live Activity, widget, dan smart stack.
ADVERTISEMENT
Berikut daftar iPhone yang akan kebagian update iOS 17:

Daftar iPhone yang kebagian iOS 17