kumparan
search-gray
Tekno & Sains27 September 2019 16:02

iPhone 11 Dibongkar, Ungkap Kapasitas Baterai dan Kemampuan Kamera

Konten Redaksi kumparan
Teardown iPhone 11
Komponen-komponen iPhone 11. Foto: Dok. iFixit
iPhone 11 merupakan salah satu seri iPhone terbaru yang diluncurkan Apple pada tahun 2019 ini. Posisi iPhone 11 jika dibandingkan dengan iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max berada sebagai perangkat termurah dan spesifikasi paling rendah.
ADVERTISEMENT
Namun, jangan salah kira. iPhone 11 memang diposisikan penerus dari iPhone XR yang dinobatkan sebagai iPhone terlaris pada semester pertama tahun 2019, menurut IHS Markit. Lantas apakah ada peningkatan, dari iPhone XR ke iPhone 11?
iFixit, komunitas yang suka bongkar perangkat smartphone terbaru mengungkap apa saja bagian dalam dari iPhone 11. Mereka membongkar ponsel tersebut dan terungkap iPhone 11 memiliki baterai yang lebih kuat dan komponen kamera yang ditingkatkan, bahkan ponsel ini mengemas beberapa teknologi yang mirip dengan iPhone 11 Pro.
Teardown iPhone 11
Komponen baterai iPhone 11. Foto: Dok. iFixit
iPhone 11 mungkin bukan ponsel Apple yang paling mutakhir saat ini, tetapi jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, ia memiliki baterai yang lebih tahan lama dibandingkan iPhone XR. Baterai iPhone 11 lebih kecil dari baterai iPhone XR, tetapi memiliki kapasitas sekitar 7 persen lebih tinggi.
ADVERTISEMENT
Di iPhone 11 juga ditemukan hanya ada satu konektor pada baterainya. Sementara di iPhone 11 Pro, iFixit menemukan dua kabel yang memungkinkan pengisian daya nirkabel terbalik (reverse wireless charging) dengan mengaturnya di ponsel mereka.
Bagian dalam iPhone 11 memiliki papan motherboard ganda, seperti model Pro, yang belum pernah terlihat pada perangkat iPhone generasi sebelumnya. Pembongkaran iPhone 11 ini juga menunjukkan beberapa fitur yang mencolok, misalnya kamera iPhone terbaru ini ternyata mengalami peningkatan.
Teardown iPhone 11
Komponen kamera iPhone 11. Foto: Dok. iFixit
Perangkat kamera iPhone 11 memiliki sensor lensa wide dan ultrawide yang telah ditingkatkan seperti yang ditemukan pada Pro dan Pro Max. Fitur-fitur tersebut memungkinkan kecepatan shutter kamera yang lebih cepat, rentang ISO yang lebih luas, dan kemampuan Night Mode lebih baik.
ADVERTISEMENT
Kesimpulannya dari iFixit, iPhone 11 mencetak skor perbaikan 6 dari 10. Skor 10 menjadi nilai perangkat yang paling mudah untuk diperbaiki.
Video
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white