kumparan
11 September 2019 2:10

iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max Rilis, Ada 3 Kamera Belakang Besar

SVP of Worldwide Marketing Apple, Phil Schiller, saat memperkenalkan iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max. Foto: Reuters/Stephen Lam
Bukan cuma iPhone 11 yang dirilis oleh Apple dalam sebuah acara spesial yang digelar Apple di Steve Jobs Theater, Cupertino, Amerika Serikat, pada Selasa (10/9) waktu setempat. Pada kesempatan ini, Apple juga merilis iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max yang merupakan suksesor iPhone XS dan iPhone XS Max.
ADVERTISEMENT
Semua rumor yang sebelumnya beredar tentang iPhone baru, ternyata benar adanya, sehingga tidak ada yang mengejutkan dari kehadiran trio iPhone 11 ini.
Di antara ketiganya, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max adalah yang paling mencuri perhatian, karena memiliki teknologi dan fitur yang jauh lebih baik dari iPhone 11.
iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max hadir dengan layar yang menggunakan panel OLED. Layar iPhone 11 Pro menggunakan ukuran yang sama dengan iPhone XS, yaitu 5,8 inci, sedangkan iPhone 11 Pro Max mengusung ukuran layar yang lebih besar 6,5 inci.
Kedua layar iPhone tersebut mendukung teknologi Super Rentina XDR yang mampu menghasilkan kecerahan hingga 1.200 nits dan lebih efisien 15 persen lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Saat dilihat oleh mata akan terasa natural dan nyaman.
SVP of Worldwide Marketing Apple, Phil Schiller, saat memperkenalkan trio iPhone 11. Foto: Reuters/Stephen Lam
Penampilan desain dari keduanya tampak tak beda jauh dengan iPhone generasi sebelumnya. Bagian muka layar masih terdapat notch atau poni di bagian atasnya. Tak ada lagi perubahan radikal yang dilakukan Apple tahun ini untuk iPhone, kecuali konfigurasi tiga kamera belakangnya.
ADVERTISEMENT
iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max memiliki tiga kamera belakang ukuran besar yang pertama kali diterapkan oleh Apple. Semua kamera itu beresolusi 12 MP. Masing-masing memakai lensa Wide 26mm f/1.8, Telephoto 52mm f/2.0, dan Ultra Wide 13mm f/2.4.
Sementara kamera selfie disematkan lensa beresolusi 12 MP TrueDepth wide-angle. Keunikan dari kamera depan iPhone 11 Series adalah fitur video slow-motion dan perekaman kamera depan yang mendukung resolusi 4K.
Selain itu, untuk kamera belakang iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max ada fitur Night Mode, rekam video 4K, Deep Fusion, dan FilMic Pro, yang bisa merekam video dengan 2 atau lebih kamera dalam 1 iPhone (multi-camera video recording).
CEO Apple Tim Cook memperkenalkan iPhone 11 Pro. Foto: Reuters/Stephen Lam
Pembaruan lainnya yang hadir di iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max adalah prosesor A13 Bionic yang diklaim chipset terbaik saat ini, mengalahkan Snapdragon 855 dan Kirin 980. Sayangnya, Apple belum mengungkap kapasitas RAM dan ruang penyimpanan dari kedua iPhone anyar ini.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Face ID yang sekarang bisa berfungsi pada sudut yang lebih besar. Ada juga pengisi daya baterai cepat dengan daya 18 W dan baterai iPhone 11 Pro diklaim lebih hemat 4 jam dari iPhone XS.
iPhone 11 Pro dijual mulai dari 999 dolar AS atau sekitar Rp 14 juta, dan iPhone 11 Pro Max mulai 1.199 dolar AS atau sekitar Rp 16,8 juta. Masa pre-order di beberapa negara akan dimulai Jumat, 13 September, dan barang akan tersedia pada 20 September 2019.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan