Tekno & Sains
·
14 September 2021 16:38
·
waktu baca 6 menit

iPhone 13 Rilis Nanti Malam, ini 7 Rumor Paling Menarik

Konten ini diproduksi oleh kumparan
iPhone 13 Rilis Nanti Malam, ini 7 Rumor Paling Menarik (9804)
searchPerbesar
iPhone 12 Pro Max dan iPhone 12 Pro. Foto: Apple Inc./Handout via REUTERS
Beberapa jam lagi iPhone 13 akan dirilis Apple. Raksasa teknologi itu telah menyiapkan acara peluncurannya di Apple Park yang digelar pada Selasa (14/9) waktu AS. Di Indonesia, perhelatan berlangsung malam ini, tepatnya Rabu (15/9) dini hari pukul 00.00 WIB.
ADVERTISEMENT
Seperti biasa, sejumlah gosip soal iPhone 13 sudah digaungkan oleh para analis dan pengamat smartphone sejak jauh-jauh hari sebelum penerus iPhone 12 itu diperkenalkan secara resmi. Berikut enam rumor paling menarik terkait iPhone 13.

Desain: Bodi Tebal, Kamera Diagonal

Berdasarkan desas-desus yang beredar, iPhone generasi terbaru ini bakal hadir dalam empat model, mirip iPhone 12. Ada versi Mini sebagai versi termurahnya, dengan dua di antaranya varian Pro yang kabarnya punya fitur lebih baik.
Semuanya memiliki ukuran layar berbeda: 5,4 inci pada iPhone 13 Mini, 6,1 inci pada iPhone 13 dan iPhone 13 Pro, serta 6,7 inci pada iPhone Pro Max. Desainnya sendiri tak banyak berubah.
iPhone keluaran 2021, menurut laporan MacRumors, lebih tebal dari iPhone 12, dengan ketebalan meningkat sekitar 0,26 mm. Ia juga lebih berat, karena ada peningkatan pada baterainya.
ADVERTISEMENT
Di bodi belakang iPhone 13 standar ada perubahan sedikit, terutama penampakan kameranya. Perangkat kabarnya akan memiliki dua lensa (Wide dan Ultra Wide) yang tersusun secara diagonal, bukan vertikal seperti desain kamera iPhone pendahulunya.
Sementara unit kamera belakang pada model iPhone 13 Pro disebut bakal lebih besar dari segi ukuran untuk mengakomodasi teknologi sensor stabilitas. Berikut penampakan diduga bodi belakang iPhone 13 series yang dibocorkan Sonny Dickson, blogger teknologi yang sering membocorkan informasi ponsel terbaru.
iPhone 13 juga diprediksi mengusung notch atau poni yang lebih ramping, menurut analis Apple Ming-Chi Kuo. Lebar poni di atas layar iPhone 13 menyusut menjadi 26,8 mm, yang di iPhone 12 dulu hanya 34,83 mm. Meski lebarnya menyusut, menariknya tinggi si poni iPhone 13 dirumorkan sedikit lebih tinggi menjadi 5,35 mm, dari 5,3 mm pada iPhone 12.
ADVERTISEMENT

Bisa Telepon Satelit?

Masih dengan prediksi Kuo, iPhone 13 disebutnya memiliki teknologi satelit orbit rendah bumi (low earth orbit/LEO). Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan telepon, chat, hingga akses internet tanpa pulsa dan kuota.
Kuo mengeklaim bahwa iPhone 13 akan dapat terhubung langsung ke satelit orbit rendah bumi berkat modem internet Qualcomm X60 5G yang telah dikustomisasi oleh Apple. Konektivitas dari satelit LEO dapat dipakai pengguna iPhone 13, jika operator seluler mereka bekerja sama dengan Globalstar.
Kabar mengenai konektivitas internet dari satelit LEO di iPhone 13 disambut dengan antusias oleh para Apple fanboy. Sebab, teknologi ini tak hanya memperluas kemampuan iPhone 13 untuk terkoneksi ke internet meski di luar cakupan jaringan, tetapi juga dapat berguna di situasi darurat saat tak ada sinyal.
ADVERTISEMENT
Fitur komunikasi satelit ini, menurut rumor yang beredar, sayangnya hanya bisa digunakan dalam keadaan darurat. Bloomberg bahkan melaporkan fungsi tersebut 'belum siap sampai tahun depan,' yang artinya mungkin fiturnya tidak akan dirilis di iPhone 13.

Layar Mulus ProMotion 120Hz, Punya Fitur Always-on

Apple diprediksi akan mengimplementasikan teknologi refresh rate 120Hz pada layar iPhone 13. Perusahaan bakal mengadopsi teknologi layar low-temperature polycrystalline oxide (LPTO).
Ada dua model iPhone 13 yang akan memanfaatkan layar OLED berteknologi backplane LTPO, yang mampu memberikan kemampuan refresh rate 120Hz hingga layar perangkat makin mulus. LTPO menawarkan backplane, atau papan sirkuit yang menghubungkan beberapa konektor secara paralel menjadi bus, yang hemat daya, bisa menghidupkan dan mematikan masing-masing pixel pada layar, serta memungkinkan daya hidup baterai lebih hemat.
ADVERTISEMENT
Dua model iPhone 13 yang memakai teknologi LPTO ini kemungkinan adalah versi Pro dan Pro Max. Itu sebabnya teknologi tersebut nantinya akan dibalut oleh Apple dengan nama 'ProMotion.'
Selain refresh rate 120Hz, layar iPhone 13 juga diprediksi memiliki fitur always-on seperti Apple Watch. Artinya, layar iPhone terbaru ini bakal selalu menyala menampilkan waktu dan daya baterai, termasuk notifikasi, tanpa harus membuka perangkatnya.

Baterai Jumbo, Adaptor 25W Fast Charging

Untuk menunjang fitur layar Always-on dan refresh rate 120Hz, iPhone 13 tentu harus punya daya baterai yang lebih tahan lama dibanding pendahulunya. Dan menurut kabar yang beredar di internet, Apple memang akan menambah kapasitas baterai di HP terbarunya.
iPhone 13 Pro Max, misalnya, bakal memiliki baterai 4352mAh. Sementara iPhone 13 dan iPhone 13 Pro akan dipasang dengan baterai berkapasitas 3095mAh. Terakhir, iPhone 13 Mini punya baterai 2406mAh.
ADVERTISEMENT
Dengan dukungan cip prosesor A15, baterai iPhone 13 bakal lebih efisien. Khusus iPhone 13 Pro, perusahaan bakal menyediakan fungsi yang bisa mengimbangi dampak konsumsi daya akibat fitur refresh rate tinggi.
iPhone 13 series bakal memiliki kemampuan pengisian daya cepat alias fast charging. Ditambah, bakal ada dukungan adaptor berdaya 25W membuat baterai semakin cepat terisi.

Selamat tinggal Memori 64 GB, Selamat Datang Memori 1 TB

Perihal ruang penyimpanan media, Apple tampaknya akan menghadirkan opsi memori berkapasitas 1TB untuk pertama kalinya di iPhone, khususnya di model iPhone 13 Pro dan Pro Max. Pilihan lainnya yang tersedia adalah 128 GB, 256 GB, dan 512 GB.
Sementara iPhone 13 standar dan versi Mini masing-masing hadir dengan varian memori internal 128 GB, 256 GB, dan 512 GB. Ya, Apple telah menyingkirkan opsi penyimpanan 64 GB, menurut laporan Kuo.
iPhone 13 Rilis Nanti Malam, ini 7 Rumor Paling Menarik (9805)
searchPerbesar
iPhone 12. Foto: Apple

Ada Peningkatan Kamera, Bisa Astrophotography

Menurut kabar MacRumors, Apple bakal memberikan meningkatkan kemampuan kamera iPhone keluaran 2021. Ada fitur sensor-shift stabilization yang akan tersedia di setiap model iPhone 13, mulai dari Mini hingga Pro max.
ADVERTISEMENT
iPhone 13 mini dan iPhone 13 standar akan menggunakan kamera belakang ganda yang masing-masing 12 MP berlensa Wide dan Ultra Wide yang mengalami pembaruan. Sementara iPhone 13 Pro memiliki tiga kamera belakang masing-masing beresolusi 12 MP dengan lensa Wide, Ultra Wide, dan Telephoto.
Sementara iPhone 13 Pro Max, meski memiliki pengaturan kamera yang sama dengan iPhone 13 Pro, ada fitur tambahan yang membuatnya berbeda dengan saudaranya. Ia punya sensor kedalaman LiDAR untuk memaksimalkan AR (Augmented Reality) dan fitur Astrophotography yang memungkinkan pengguna mengambil gambar langit malam berbintang dengan menggunakan AI dan kemampuan zoom yang lebih baik.
Astrophotography ini didukung oleh fitur Night Mode yang mampu mengenali langit malam dengan baik, membuat tampilan bintang di langit makin terlihat. Ada dugaan Apple menghadirkan sistem algoritma baru yang bisa menganalisis struktur dan mempertajam foto, serta memberikan peningkatan warna gambar.
iPhone 13 Rilis Nanti Malam, ini 7 Rumor Paling Menarik (9806)
searchPerbesar
iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max. Foto: Apple

Harga lebih mahal?

Berdasarkan rumor yang beredar sejauh ini, Apple berencana memberikan harga iPhone 13 lebih tinggi dari iPhone 12. Banderol mahal dilakukan sebagai cara untuk mengimbangi peningkatan biaya produksi cip yang ditetapkan oleh pemasoknya, TSMC.
ADVERTISEMENT
DigiTimes mengabarkan, TSMC akan meningkatkan biaya produksi cip smartphone, termasuk iPhone. Manufaktur semikonduktor asal Taiwan itu menginformasikan kepada Apple dan pelanggan lainnya bahwa ada kenaikan biaya produksi sebesar 20 persen untuk teknologi pemrosesan cip terbarunya yang canggih.
TSMC sendiri kabarnya akan memproduksi cip Apple A15 Bionic untuk iPhone 13. Prosesor tersebut diklaim masih menggunakan fabrikasi 5 nm dengan enam inti (core) pemrosesan, yang terdiri dari dua CPU berkinerja tinggi dan empat CPU hemat daya.
Apple A15 Bionic ditopang dengan pengolahan grafis GPU empat inti, yang performanya diklaim 30 persen lebih baik daripada cip sebelumnya, A14 Bionic. Prosesor ini juga disematkan modem yang mendukung jaringan internet masa depan 5G. Semua varian iPhone 13 telah dibekali modem 5G untuk mendukung konektivitas internetnya.
ADVERTISEMENT
Ingat, semua informasi yang disebutkan di sini masih sebatas rumor, meski berasal dari analis dan pengamat smartphone tepercaya. Jadi, mari kita tunggu kedatangan iPhone 13 yang akan resmi diluncurkan Apple pada Rabu (15/9) dini hari nanti.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020