Tekno & Sains
·
11 Juni 2021 11:32
·
waktu baca 2 menit

iPhone 6s Jadi HP Tertua yang Dapat Update iOS 15, Ini Cara Instal dan Fiturnya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
iPhone 6s Jadi HP Tertua yang Dapat Update iOS 15, Ini Cara Instal dan Fiturnya (1503)
Apple iPhone 6s. Foto: Jofie Yordan/kumparan
Apple telah mengenalkan sistem operasi terbaru iOS 15 untuk perangkat iPhone. Menariknya, meski tergolong sangat lawas mengingat iPhone 6s yang akan berusia 6 tahun per September 2021, ia tetap kebagian update iOS 15.
ADVERTISEMENT
Bahkan tidak hanya iPhone 6s saja, perangkat lainnya seperti, iPhone 6s Plus, dan iPhone SE generasi pertama juga dapat update iOS 15. Semua perangkat itu sewaktu diluncurkan pada awalnya menggunakan iOS 9, dan sekarang menjadi para perangkat tertua yang menerima pembaruan OS.
Biasanya Apple memberikan jangka waktu lima tahun untuk setiap iPhone mendapatkan update terbaru iOS. Enam tahun adalah rentang hidup yang sangat lama untuk perangkat seluler. Apa yang terjadi pada iPhone 6s, 6s Plus, iPhone SE generasi pertama adalah anomali dan jarang terjadi.
iPhone 6s Jadi HP Tertua yang Dapat Update iOS 15, Ini Cara Instal dan Fiturnya (1504)
iPhone SE. Foto: Apple
Pengguna iPhone 6s juga tidak seharusnya senang dulu saat dikabarkan menerima pembaruan OS. Pasalnya, ada banyak fitur baru yang tidak akan bekerja dengan prosesor Apple A9 Bionic yang dipasang di perangkat mereka.
ADVERTISEMENT
Fitur seperti Live Text di foto, Portrait Mode di FaceTime, dan petunjuk arah yang impresif di Apple Maps tidak akan tersedia untuk pengguna iPhone 6s. Semua fitur tersebut memerlukan perangkat dengan chip Apple A12 Bionic atau yang lebih baru.
Tapi jangan bersedih, pengguna iPhone 6s masih bisa menggunakan fitur Focus Mode untuk meminimalkan notifikasi, berbagi video dan musik di FaceTime, dan pengaturan privasi yang lebih lengkap dan ketat.
iPhone 6s Jadi HP Tertua yang Dapat Update iOS 15, Ini Cara Instal dan Fiturnya (1505)
Sistem operasi iOS 15 untuk iPhone. Foto: Apple
Kemudian, kendala lainnya yang mungkin agak mengganggu pengguna iPhone 6s adalah usia masa pakai baterai. Pengguna harus mengganti baterai perangkat terlebih dahulu untuk mengoptimalkan kinerja ponsel. Layar yang hanya 4,7 inci juga akan membuat tampilan widget tidak maksimal, jika dibandingkan dengan layar 6 inci yang ada di iPhone generasi terbaru saat ini.
ADVERTISEMENT

Cara instal iOS 15 di iPhone 6s

Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Pertama, iOS 15 versi Beta dirilis dalam dua jenis; Developer Beta dan Public Beta.
Developer Beta tersedia lebih dulu, sementara versi Public Beta menyusul pada September mendatang yang bisa langsung di-download melalui sistem OTA (Over The Air). Public Beta bisa didapatkan semudah sign-in akun Apple di situs resmi, sementara Developer Beta berbeda.
Untuk instal iOS 15 Developer Beta, kamu harus punya akun Apple Developer khusus, di mana akun tersebut tersedia secara berlangganan seharga 99 dolar AS setiap tahunnya. Namun, ada alternatif lain, yang bisa dapat secara gratis tanpa akun Apple Developer, yaitu dengan mengunduhnya di situs non-resmi yang mungkin banyak risiko keamanan.
ADVERTISEMENT