Tekno & Sains14 September 2020 15:02

Jakarta PSBB, Coba Aplikasi Ini Agar Tak Cepat Bosan di Rumah

Konten Redaksi kumparan
Jakarta PSBB, Coba Aplikasi Ini Agar Tak Cepat Bosan di Rumah (844719)
Ilustrasi Jakarta akan memberlakukan kembali PSBB. Foto: ADITYA PRADANA PUTRA/ANTARA FOTO
DKI Jakarta resmi menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai hari ini, Senin (14/9), hingga dua pekan ke depan. Kebijakan ini menuntut agar masyarakat tetap berada di rumah demi memutus rantai penularan corona di Jakarta yang semakin meningkat dari waktu ke waktu.
ADVERTISEMENT
Tetap berada di rumah selama dua pekan tentu bakal membuat orang jadi bosan. Untuk menghindari hal tersebut, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan warga melakukan aktivitas menyenangkan selama di rumah, seperti main game, dengar musik, hingga streaming film.
Saat ini, ada banyak aplikasi mobile di smartphone yang bisa membantu kamu menghilangkan rasa bosan tersebut. kumparan telah merangkum tujuh kategori aplikasi yang bisa kamu gunakan selama di rumah aja saat PSBB Jakarta.
Tanpa panjang lebar lagi, berikut daftar aplikasinya.

Aplikasi streaming film dan musik

Salah satu kegiatan yang sering dilakukan orang untuk 'membunuh waktu' adalah menonton film. Kendati bioskop di Jakarta belum boleh dibuka, kamu tetap bisa nonton film di rumah lewat streaming di smartphone.
ADVERTISEMENT
Dalam kategori ini, ada berbagai pilihan yang bisa kamu pilih untuk nonton film secara streaming di smartphone. Yang paling terkenal tentu adalah YouTube atau Netflix. Kamu juga bisa mencoba Disney+ Hotstar yang baru-baru ini diluncurkan di Indonesia. Bagi kamu yang suka drama Korea, kamu bisa download aplikasi streaming film Viu.
Jakarta PSBB, Coba Aplikasi Ini Agar Tak Cepat Bosan di Rumah (844720)
Ilustrasi anak menonton video streaming Foto: Pxhere
Selain streaming film, kamu juga bisa streaming lagu di JOOX, Resso, hingga Spotify. Aplikasi yang disebutkan terakhir juga menyediakan streaming podcast sehingga pilihan hiburan kamu lebih banyak lagi.

Aplikasi Game

Bermain game juga jadi salah satu cara orang untuk melepas rasa bosan. Kamu bisa memilih game online sehingga bisa main bersama teman kamu, atau game offline yang tak memerlukan kuota sehingga tidak menghabiskan paket internet kamu.
ADVERTISEMENT
Di kategori game online, kamu bisa mabar (main bareng) di game battle royale PUBG Mobile, Call of Duty Mobile, atau Free Fire. Selain itu, kamu juga bisa mabar lewat game MOBA semacam Mobile Legends atau Arena of Valor (AoV).
Untuk kategori offline, kamu bisa mencoba game arcade yang bikin adiktif seperti Candy Crush, Plant vs Zombe, Subway Surfers, hingga Cacing.io.

Aplikasi e-commerce

Meski tetap di rumah, kamu bisa tetap berbelanja melalui berbagai aplikasi e-commerce. Bisa dibilang saat ini apa pun yang kamu mau bisa didapatkan melalui aplikasi tersebut, mulai dari perabotan rumah hingga sembako.
Jakarta PSBB, Coba Aplikasi Ini Agar Tak Cepat Bosan di Rumah (844721)
Ilustrasi e-commerce, salah satu teknologi yang memudahkan perempuan menjalani perannya. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Di kategori ini, kamu bisa download aplikasi Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Shopee, Blibli, hingga JD.ID. Mengoleksi berbagai macam aplikasi tersebut tidak ada salahnya. Selain bisa membandingkan harga barang dan produk, kamu juga bisa tahu promo macam apa yang lagi dilangsungkan di masing-masing e-commerce.
ADVERTISEMENT

Aplikasi pesan antar makanan

Para ilmuwan di Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat baru-baru ini menemukan kalau orang positif corona kebanyakan makan di restoran sebelum mereka mengalami gejala. Artinya, restoran berpotensi besar jadi klaster corona karena orang pasti akan makan dengan membuka masker.
Namun, hal tersebut tak berarti kamu tidak boleh makan makanan restoran. Kamu tetap bisa membeli makanan mereka melalui aplikasi antar makanan seperti Gojek dan Grab. Kedua layanan ojek online itu pun kini sudah menerapkan pengiriman tanpa kontak, di mana kamu bisa meminta ojol yang antar untuk menaruh makanan pesanan kamu di tempat yang sudah kamu tetapkan.

Aplikasi olahraga

Tetap berada di rumah tak jadi alasan buat kamu tidak bisa berolahraga. Dengan berbagai aplikasi olahraga di smartphone, kamu tetap bisa jaga kebugaran mesti tidak keluar rumah.
ADVERTISEMENT
Saat ini, ada berbagai macam aplikasi olahraga di Google Play Store maupun App Store. Beberapa yang terkenal di antaranya adalah 30 Day Fitness Challenge - Workout at Home, Home Workout - No Equipment, Lose Weight in 30 Days, hingga Keep - Home Workout Trainer.
Jakarta PSBB, Coba Aplikasi Ini Agar Tak Cepat Bosan di Rumah (844722)
com-Ilustrasi olahraga di rumah. Foto: Shutterstock

Aplikasi komik dan baca

Jika kamu orang yang suka menghabiskan waktu dengan membaca, kamu bisa download Google Play Books. Di aplikasi itu, kamu bisa download buku digital apa pun secara legal. Beberapa di antaranya juga ada yang gratis.
Selain itu, kalau kamu mau baca berita dari berbagai sumber dalam satu aplikasi, kamu bisa coba aplikasi Pocket, Line Today, Baca, Babe, hingga Flipboard. Tentunya, jangan lupa download dan baca di aplikasi kumparan, ya.
ADVERTISEMENT
Kalau jenis membaca yang kamu inginkan adalah komik, kamu bisa download aplikasi seperti Line Webtoon atau Marvel Unlimited.

Aplikasi video call

Bosan di rumah dan kangen dengan teman? Berbagai aplikasi video call dan online meeting di smartphone bisa jadi jawaban kamu.
Di kategori ini, kamu bisa memakai fitur call di WhatsApp, Google Hangouts, atau Zoom. Selain bisa dipakai untuk temu kangen teman-teman selama PSBB, mereka juga pada dasarnya bisa dipakai untuk meeting kerja saat work from home.
Jakarta PSBB, Coba Aplikasi Ini Agar Tak Cepat Bosan di Rumah (844723)
com-Samsung, ilustrasi banyaknya aplikasi di smartphone Foto: Shutterstock