kumparan
14 Oktober 2019 11:16

Jokowi Resmikan 'Tol Langit' Palapa Ring: Jangan Dipakai Sebar Hoaks

Presiden Jokowi, peresmian Palapa Ring di Istana Negara
Presiden Jokowi memberikan sambutan dalam peresmian Palapa Ring di Istana Negara. Foto: Fahrian Saleh/kumparan
Presiden Jokowi akhirnya meresmikan Satelit Palapa Ring di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (14/10). Jokowi berharap, kehadiran Satelit Palapa Ring di bagian timur Indonesia mampu memberikan keterwakilan negara untuk masyarakat di daerah Timur, dan mampu memberikan kesejahteraan secara menyeluruh.
ADVERTISEMENT
"Palapa Ring mampu memberikan rasa hadir bagi seluruh WNI. Semua WNI memiliki kesempatan yang sama mengakses kemajuan teknologi. Seperti Palapa Ring Barat, Tengah, yang sudah mendahului. Kita juga mengharapkan terjadi di Palapa Ring Timur agar bisa mensejahterakan masyarakat, " kata Jokowi di lokasi.
Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo. Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Tak hanya itu, Jokowi juga meminta agar teknologi ini tak disalahgunakan oleh masyarakat untuk melakukan hal-hal yang dianggap merugikan. Khususnya, dengan tidak menyebarkan ujaran kebencian, fitnah hingga hoaks.
"Agar bisa kompetitif, perkembangan teknologi digital tidak boleh disalahgunakan, ujaran kebencian tidak boleh dipakai untuk ini, untuk fitnah, ndak, hoaks, ndak, fake news, ndak," jelasnya.
"Saling mencela di medsos harus dihentikan, termasuk mencegah kejahatan cyber agar tidak semakin berkembang di negara kita," lanjutnya.
Presiden Jokowi, peresmian Palapa Ring di Istana Negara
Presiden Jokowi memberikan sambutan dalam peresmian Palapa Ring di Istana Negara. Foto: Fahrian Saleh/kumparan
Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berpesan agar seluruh masyarakat Indonesia bisa memanfaatkan fasilitas yang diberikan negara. Termasuk dalam memberikan efektivitas di setiap pekerjaan.
ADVERTISEMENT
"Bagi seluruh aparat pemerintah agar memanfaatkan operasinya, tol langit ini agar birokrasi yang melayani dan efisien, bagi seluruh rakyat Indonesia gunakan efektivitas ini dengan baik, gunakan untuk kebaikan kita bersama, kerukunan dan sebagai bangsa untuk kemajuan Indonesia, " pungkasnya.
Peresmian ini dihadiri oleh sejumlah pejabat. Mulai dari Ketua DPR Puan Maharani, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Tito Karnavian, Kepala BIN Budi Gunawan, kepala Bekraf Triawan Munaf hingga para mantan anggota Komisi I DPR RI periode 2014-2019. Tampak Menkominfo Rudiantara pun hadir dalam peresmian ini.
Selain itu, peresmian ini juga disiarkan langsung via video conference di sejumlah wilayah, yakni Sorong, Penajam Pasar Utara, Merauke, dan Rote.
ADVERTISEMENT
Palapa Ring merupakan proyek pembangunan jaringan serat optik internet cepat yang mencakup seluruh wilayah Indonesia, mulai dari ujung barat sampai ujung timur.
Palapa Ring masuk dalam salah satu proyek strategis nasional yang diatur dalam Peraturan Presiden No. 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksana Proyek Strategis Nasional. Badan Aksesibilitas dan Informasi (BAKTI) dari Kominfo menjadi pihak yang menggarap proyek ini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan