Tekno & Sains
·
14 September 2021 9:01
·
waktu baca 6 menit

Kamera Hebat Galaxy Z Fold3: Bisa Apa Saja?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kamera Hebat Galaxy Z Fold3: Bisa Apa Saja? (109971)
searchPerbesar
Samsung Galaxy Z Fold3 dan S Pen. Foto: Samsung
Kamera menjadi salah satu yang terpenting dari sebuah smartphone. Dan tampaknya ini menjadi perhatian serius bagi Samsung untuk terus mengembangkan teknologi dan fitur terbaru di ponsel layar lipat terbaru mereka, Samsung Galaxy Z Fold3.
Smartphone teranyar dari Samsung ini menghadirkan pengalaman foldable baru bagi para pengguna berkat fitur inovatif yang bahkan tidak dapat ditemukan di smartphone Galaxy lain.
Total ada lima kamera di Galaxy Z Fold3. Tiga kamera ada di bagian belakang, dan dua kamera lainnya ada di bagian depan layar. Khusus kamera depan yang ada di main screen, Samsung menyematkan teknologi baru yang mereka sebut Under Display Camera atau kamera bawah layar.
Berikut ini spesifikasi lengkap dari lima kamera Samsung Galaxy Z Fold3:

Kamera belakang Galaxy Z Fold3:

  • 12 MP, f/1.8, 26mm (Wide), 1/1.76",1.12µm, Dual Pixel PDAF, OIS
  • 12 MP, f/2.4, 52mm (Telephoto), 1/3.6", 1.0µm, AF, OIS, 2x optical zoom
  • 12 MP, f/1.8, (Ultra Wide), 1/3.1", 1.8µm

Kamera depan:

  • 10 MP, f/2.2, 26mm (Wide), 1/3", 1.22µm
  • Under display camera: 4 MP, f/2.2, 26mm (Wide), 1/3", 2.0µm
Kamera Hebat Galaxy Z Fold3: Bisa Apa Saja? (109972)
searchPerbesar
Samsung Galaxy Z Fold3. Foto: Samsung
Kamera belakang Galaxy Z Fold3 disusun secara vertikal. Ketiganya sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass with DX. Ini adalah kaca yang dikhususkan untuk kamera supaya hasilnya lebih jernih.
Tiga kamera belakang yang masing-masing memiliki resolusi 12 MP dan dilengkapi lensa Wide, Ultra Wide, dan Telephoto sudah lebih dari cukup untuk menangkap setiap momen berharga di segala situasi.
Sementara itu, kamera belakang di main screen Samsung Galaxy Z Fold3 juga sudah dilengkapi dengan teknologi Under Display Camera bisa membuat tampilan layar utama Galaxy Z Fold3 menjadi lebih luas saat menonton video atau main game karena tidak terhalang notch ataupun punch hole. Hal Ini membuat Galaxy Z Fold3 sebagai smartphone foldable dengan kamera bawah layar pertama yang dijual resmi di Indonesia.
Sistem kamera pada perangkat menjadi lebih lengkap ketika disandingkan dengan selfie camera 10 MP yang ada di Cover Screen. Dengan begitu, Galaxy Z Fold3 memungkinkan pengguna untuk menciptakan foto dan video dengan kualitas tinggi.
Tidak hanya itu, pengguna juga dapat memanfaat berbagai fitur interaktif yang ada di Galaxy Z Fold3. Seperti fitur Single Take, Flex Mode, Auto Framing, Dual Preview, Capture View Mode, hingga Rear Cam Selfie.
Kamera Hebat Galaxy Z Fold3: Bisa Apa Saja? (109973)
searchPerbesar
Samsung Galaxy Z Fold3. Foto: Samsung

Single Take

Untuk memudahkan pengguna menangkap banyak momen seru dengan sekali menekan tombol, kamu bisa menggunakan fitur Single Take. Fitur ini mampu memberikan hasil jepretan dengan berbagai efek, atau bahkan membuat gambar bergerak (GIF). Adanya fitur Bright Night dan Night Mode juga bikin kualitas foto malam jauh lebih natural, dan tentunya lebih bagus dari HP kamera biasa.

Capture View Mode

Fitur ini merupakan cara baru untuk preview foto agar pengguna tidak perlu keluar dari aplikasi kamera untuk meninjau hasil jepretan. Sebaliknya, kita bisa melihat hasil foto atau video yang baru saja diambil karena hasilnya akan muncul dalam satu layar.
Ketika Capture View Mode ini diaktifkan, di bagian atas layar akan menampilkan live bidikan kamera. Sementara layar bawah akan menampilkan hasil jepretan dan bagian kanan memperlihatkan display kontrol terhadap kamera. Ini memungkinkan kamu mengoperasikan ponsel secara multitasking. Layar yang besar Galaxy Z Fold3 juga didukung oleh kecepatan 120Hz adaptive refresh rate sehingga pengguna dapat menikmati gerakan dan transisi yang lebih mulus.

Bikin konten makin nyaman berkat Flex Mode

Selain di Galaxy Z Fold2, fitur Flex Mode juga masih hadir di Samsung Galaxy Z Fold3. Berkat Flex Mode, kamu bisa menikmati konten video lebih nyaman seperti nonton di laptop dengan layar lebar seperti bioskop.
Flex Mode juga sangat berguna untuk proses bikin konten seperti potret foto atau merekam video sampai editing. Fitur Capture View Mode di Galaxy Z Fold3 bekerja dengan Flex mode sehingga pengguna dapat meninjau sampai lima gambar terakhir yang diambil di bagian bawah layar dari Layar Utama, sementara layar bagian atas menampilkan preview untuk pengambilan gambar berikutnya.
Dengan Mode Flex, pengguna juga tidak lagi membutuhkan tripod untuk selfie karena mereka bisa langsung mengambil foto dengan melipat ponsel untuk mendapat angle yang pas, dan meletakkannya di mana saja. Ini tak lain karena smartphone layar lipat ini bisa berdiri sendiri dan terbuka dalam hampir setiap sudut.
Kamera Hebat Galaxy Z Fold3: Bisa Apa Saja? (109974)
searchPerbesar
Samsung Galaxy Z Fold3. Foto: Samsung

Auto Framing

Fitur ini pertama kali diperkenalkan di Samsung Galaxy Z Fold2 dan kini diadopsi lagi di Galaxy Z Fold3. Fungsinya untuk merekam video tanpa kontrol tangan (hands-free) dan menjaga objek tetap fokus saat bergerak. Jadi, kamera bisa secara otomatis mencari fokus ke objek yang diinginkan.
Auto Framing juga memungkinkan kamera mendeteksi saat ada orang masuk atau keluar dari frame. Selain itu, kamera juga bisa berpindah otomatis dari wide ke ultrawide tanpa ada hambatan.

Dual Preview

Fitur Dual Preview memungkinkan kedua layar, baik cover maupun main screen menampilkan preview foto secara bersamaan. Kamu dan teman yang difoto bisa melihat hasil jepretan secara berbarengan sehingga bisa memastikan dapat jepretan yang terbaik. Jelas, ini akan memberikan pengalaman yang lebih seru.

Rear Cam Selfie

Adanya fitur Rear Cam Selfie memungkinkan pengguna mengambil foto selfie berkualitas tinggi pakai kamera belakang. Untuk menggunakan fitur ini, kamu bisa membuka layar selebar mungkin.
Setelah itu, hidupkan mode selfie pada kamera belakang. Hadapkan kamera belakang ke arah wajahmu, dan secara otomatis layar di bagian depan juga akan berada di hadapanmu. Ketika mode selfie dinyalakan, layar cover akan menampilkan tangkapan lensa dari kamera belakang.
Dengan begitu, kamu bisa mengambil foto selfie menggunakan berbagai fitur dari kamera belakang karena kamu juga bisa mengontrol berbagai mode lewat layar cover. Semua fitur didapat berkat prosesor Qualcomm Snapdragon 888 yang mendukung jaringan 5G. Performanya ditemani RAM jumbo 12 GB dengan pilihan memori internal 256 atau 512 GB.
Samsung Galaxy Z Fold3 hadir dengan warna Phantom Black, Phantom Green, Phantom Silver. Adapun harga smartphone layar lipat ini dibanderol Rp 25 juta untuk versi memori internal 256 GB, sementara varian memori internal 512 GB dijual dengan harga Rp 27 juta.
Konsumen yang telah membelinya di masa pre-order 11 hingga 29 Agustus 2021 lalu berkesempatan mendapatkan special offer senilai Rp 5.239.000 yang terdiri dari:
  • Proteksi device selama 1 tahun dengan Samsung Care +
  • Untuk yang telah melakukan pre-registrasi sebelum Galaxy Unpacked berkesempatan mendapatkan proteksi device 2 tahun dengan Samsung Care+
  • E-voucher up to Rp 1.500.000 untuk pembelian aksesori di Samsung e-store
  • Bank cashback up to Rp 1.000.000
  • Selain itu ada juga 60% buy-back program untuk pembelian foldable phone seri berikutnya di tahun depan
  • Samsung juga menawarkan cicilan 0% sampai dengan 24 bulan melalui mitra-mitra bank berikut: Mandiri, BRI, Panin, Citibank, HSBC, BCA, Maybank, BNI, DBS, CIMB Niaga, OCBC, Standard Chartered dan Mega