Tekno & Sains
·
13 Januari 2021 9:15

Kebijakan Privasi Baru, Bisakah Facebook Baca Chat dan Sadap Telepon WhatsApp?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kebijakan Privasi Baru, Bisakah Facebook Baca Chat dan Sadap Telepon WhatsApp? (427403)
Ilustrasi Facebook dan Whatsapp. Foto: Reuters/Dado Ruvic
Aplikasi pesan WhatsApp terus mendapat kritikan soal diberlakukannya kebijakan privasi baru mulai 8 Februari mendatang. Salah satu topik yang dikritisi adalah tindakan memaksakan pengguna WhatsApp untuk berbagai data kepada Facebook.
ADVERTISEMENT
WhatsApp membuat klarifikasi untuk menjawab beberapa pertanyaan umum soal privasi pengguna dan pembagian data ke Facebook. Di situs resmi WhatsApp, perusahaan berkomitmen untuk membangun WhatsApp dengan cara yang membantu orang berkomunikasi secara pribadi.
"Kami ingin memperjelas bahwa pembaruan kebijakan tidak memengaruhi privasi pesan Anda dengan teman atau keluarga dengan cara apa pun. Alih-alih, pembaruan ini mencakup perubahan terkait pengiriman pesan bisnis di WhatsApp, yang bersifat opsional," jelasnya.
Berikut ini adalah hal umum yang jadi pertanyaan banyak orang soal privasi saat menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi.
Kebijakan Privasi Baru, Bisakah Facebook Baca Chat dan Sadap Telepon WhatsApp? (427404)
Gantungan kunci logo WhatsApp. Foto: Rupak De Chowdhuri/Reuters

Apakah Facebook bisa melihat pesan dan mendengarkan percakapan di WhatsApp?

WhatsApp maupun Facebook mengatakan tidak dapat membaca pesan atau mendengar panggilan pengguna dengan teman, keluarga, dan rekan kerja. Pesan pribadi pengguna dilindungi oleh enkripsi end-to-end. WhatsApp mengeklaim tidak akan pernah melemahkan keamanan mereka dan melabeli setiap obrolan.
ADVERTISEMENT

Apakah WhatsApp menyimpan riwayat pesan dan panggilan?

WhatsApp memastikan tidak menyimpan riwayat atau catatan tentang siapa yang mengirim pesan atau menelepon setiap orang. Meskipun operator seluler tradisional menyimpan informasi ini.
"Kami yakin bahwa menyimpan catatan ini untuk dua miliar pengguna akan menjadi risiko privasi dan keamanan dan kami tidak melakukannya," kata WhatsApp.

Apakah WhatsApp dan Facebook bisa melihat lokasi yang di-share pengguna di aplikasi?

Pengguna yang membagikan lokasi dengan seseorang di WhatsApp, maka tetap dilindungi oleh enkripsi end-to-end, yang berarti tidak ada yang dapat melihatnya, kecuali orang yang dibagikan.

WhatsApp membagikan kontak ke Facebook?

WhatsApp menegaskan tidak membagikan kontak pengguna dengan Facebook. Saat pengguna memberikan izin, WhatsApp hanya mengakses nomor telepon dari daftar kontak untuk membuat pengiriman pesan menjadi cepat dan andal.
ADVERTISEMENT
"Kami tidak membagikan daftar kontak Anda dengan aplikasi lain yang ditawarkan Facebook," ungkap WhatsApp.

Apakah grup WhatsApp bersifat terbuka dan bisa diakses Facebook?

Grup WhatsApp masih tetap bersifat pribadi. WhatsApp menggunakan keanggotaan grup untuk mengirim pesan dan untuk melindungi layanan dari spam dan penyalahgunaan.
"Kami tidak membagikan data ini dengan Facebook untuk tujuan iklan. Sekali lagi, obrolan pribadi ini enkripsi end-to-end sehingga kami tidak dapat melihat kontennya," terangnya.
Kritikan kebijakan privasi baru WhatsApp ini dilaporkan mendorong penggunanya berhijrah ke aplikasi pesan lain, seperti Signal dan Telegram. Reuters melaporkan WhatsApp mengalami penurunan 7 persen dalam instalasi harian pada hari Minggu (10/1) yang telah diunduh oleh hampir 1,2 juta pengguna pada 10 Januari, menurut Apptopia.
ADVERTISEMENT
Sementara, jumlah pengguna baru yang menginstal aplikasi Signal setiap hari berada di jalur yang melampaui 1 juta. Sekitar 810.000 pengguna secara global memasang Signal pada hari Minggu (10/1), hampir 18 kali lipat dibandingkan dengan jumlah unduhan pada 6 Januari 2021.