Tekno & Sains
·
2 September 2020 14:53

Ketika Kaesang Anak Jokowi Coba Ditipu, Pelakunya Minta Ampun

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ketika Kaesang Anak Jokowi Coba Ditipu, Pelakunya Minta Ampun (102294)
Kaesang Pangarep menjadi korban percobaan penipuan di media sosial Instagram. Foto: Helmi Afandi/kumparan
Penipuan di media sosial saat ini, memang marak terjadi. Namun, apa jadinya jika yang ditipu adalah seorang putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep?
ADVERTISEMENT
Sebenarnya ini kabar yang mengejutkan dan sekaligus menggelitik, ketika ada seseorang yang berani mencoba melakukan penipuan terhadap Kaesang melalui DM (direct message) di Instagram. Sudah pasti bukan mendapatkan hasil, malahan sang penipu auto minta maaf, ketika mengetahui identitas korban yang ditipunya tersebut.
Kaesang membagikan tangkapan layar percakapan antara dirinya dengan sang penipu yang diketahui bernama Aan Ramadani dari nomor rekening yang diberikan. Percakapan itu menjadi viral di Twitter dan sang penipu menjadi bulan-bulanan warganet.
Kronologi penipuan bermula akun Instagram @luckycatsauction mengirim pesan DM ke Kaesang, soal bahwa putra Jokowi tersebut menang lelang. Kaesang pun ragu barang lelang tersebut masih dapat ditebus karena sudah lewat dari 1x24 jam.
Kaesang juga menanyakan barang lelang tersebut bisa dikirim dan dibayar secara tunai jika barang sampai atau cash on delivery (COD) atau tidak. Selain itu, Kaesang juga tahu bahwa nomor rekening yang di pesan DM, berbeda dengan rekening dari akun asli lelang yang sebenarnya @luckycatauction.
ADVERTISEMENT
"Rekening kok beda ya Kak? Ada 2 rekening ya," tanyanya.
Mengetahui bahwa jika dirinya sedang menjadi target korban penipuan, Kaesang pun langsung sigap dan meladeni sang pelaku dengan membalas pesan tersebut.
Dengan tenangnya bahkan Kaesang meminta sang penipu untuk memeriksa akun Instagram-nya. Dan ternyata benar sang pelaku tersadar sedang mencoba menipu anak orang nomor satu di Indonesia.
Tidak sampai disitu saja, Kaesang malah berusaha menipu kembali Aan dengan mengirimkan uang ke rekening yang diminta, dengan nominal Rp 10 ribu.
"Halo Aan saya tau kamu dimana lho," tulis Kaesang dalam deskripsi transfer rekening.
Sang penipu yang merasa ketakutan itu pun meminta maaf berkali-kali kepada Kaesang. Tapi, Kaesang terus menerornya dengan mengirimkan kata-kata yang intimidatif.
ADVERTISEMENT
"Maafkan saya untuk Aan. Anda sudah termonitor HAHAHAHAHAHAHA," tulis Kaesang
Cerita Kaesang dan sang penipu pun menjadi viral di Twitter. Cuitan Kaesang tersebut sudah mendapatkan 306 Reply, 339 Retweet, dan 4,6 ribu Like. Inti dari kisah ini mengimbau publik untuk tetap berhati-hati terhadap penipuan di media sosial dan selalu melakukan pemeriksaan terlebih dahulu nomor rekening yang mencurigakan.
Publik bisa memeriksa nomor rekening mencurigakan yang diduga milik pelaku penipuan di situs CekRekening.id milik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Masyarakat bisa memanfaatkan portal CekRekening.id sebelum bertransaksi online melalui transfer rekening bank, dengan harapan terhindar dari penipuan.