kumparan
13 November 2019 17:30

Kominfo Bangun Akses Internet di 12.000 Lokasi Baru pada 2020

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate melakukan rapat kerja bersama Komisi I DPR RI di Komplek Parlemen. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus menggenjot pembangunan infrastruktur internet di seluruh wilayah Indonesia. Menteri Kominfo, Johnny G Plate, mengungkap rencananya untuk membangun akses internet di 12 ribu lokasi baru di berbagai wilayah di Indonesia pada tahun 2020.
ADVERTISEMENT
Menurut Johnny, saat ini telah dibangun akses internet yang tersebar di sejumlah desa, kelurahan, kecamatan, hingga kabupaten/kota. Pada tahun 2018, akses internet yang menggunakan jaringan fixed broadband sudah menjangkau 74 ribu desa, dan 68.537 desa sudah mendapatkan sinyal 4G.
"Hingga saat ini telah dibangun, akan dibangun akses internet sebanyak 12.000 lokasi baru tahun 2020. Satelit multifungsi akan berfungsi 2024," ungkap Plate, dalam Rakornas Forkopimda di Sentul International Convention Center (SICC), Rabu (13/11).
Diskusi panel IV, Rakornas, Johnny G Plate
Menkominfo Johnny G Plate memberikan paparan pada diskusi Panel IV Rakornas Indonesia Maju di Sentul, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019). Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Di samping itu, Kominfo juga terus melakukan percepatan penggarapan satelit multifungsi bernama Satria yang diharapkan dapat beroperasi pada 2024. Satelit ini akan difokuskan memberi akses internet untuk sekolah, layanan kesehatan, hingga kantor pemerintahan di daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal).
ADVERTISEMENT
"Kominfo sendiri berencana untuk melengkapi infra digital dengan akan membangun satelit Satria namanya, satelit multifungsi yang kita harapkan sebelum 2024 bisa di-launch dan berfungsi. Itu akan menjangkau 93.900 lebih sekolah, SD, SMP, SMA dan Madrasah di seluruh Indonesia. Akan menjangkau puluhan ribu kantor-kantor desa di seluruh indonesia," ungkapnya.
Johnny berharap dengan adanya perluasan akses internet, bisa meningkatkan ekonomi masyarakat. Produk-produk UMKM yang dihasilkan oleh petani, nelayan dan peternak akan bisa dihubungkan dengan marketplace dengan potensi pasar yang lebih luas.
Peta Proyek Palapa Ring
Peta proyek Palapa Ring. Foto: Kominfo
Kominfo sendiri baru saja menyelesaikan proyek Palapa Ring yang membentang dari ujung barat hingga timur Indonesia. Total kabel serat optik yang dibangun untuk Palapa Ring ini mencapai sekitar 12.148 kilometer, yang 7.862 kilometer di antaranya melintasi laut.
ADVERTISEMENT
Melanjutkan proyek Palapa Ring, pada tahun 2020, pemerintah Indonesia akan membangun 3.447 BTS (Base Transceiver Station) yang akan disebar di berbagai provinsi di Indonesia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan