Tekno & Sains
·
21 September 2020 18:22

Kuota Belajar Gratis dari Kemendikbud Cair Besok, Ada 2 Jenis Kuota

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kuota Belajar Gratis dari Kemendikbud Cair Besok, Ada 2 Jenis Kuota (15863)
Orang tua siswa membimbing anaknya belajar daring memanfaatkan jaringan internet gratis di kolong rel kereta api Mangga Besar, Jakarta, Rabu (26/8). Foto: Nova Wahyudi/ANTARA FOTO
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akhirnya akan mencairkan bantuan tunjangan kuota internet sektor pendidikan untuk mendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ) bagi siswa, guru, mahasiswa, dan dosen tahap pertama mulai besok, Selasa (22/9).
ADVERTISEMENT
Dalam petunjuk teknis yang dikeluarkan Kemendikbud, bentuk bantuan yang diberikan berupa kuota data internet dengan rincian dibagi atas kuota umum dan kuota belajar. Lantas apa bedanya?
Kuota umum yang dimaksud adalah kuota yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh website dan aplikasi apa pun, termasuk media sosial dan hiburan. Sementara kuota belajar adalah kuota yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran dan video konferensi dengan daftar yang tercantum pada situs kuota-belajar.kemdikbud.go.id.
Kuota Belajar Gratis dari Kemendikbud Cair Besok, Ada 2 Jenis Kuota (15864)
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim saat melakukan konferensi Dana BOS 2020, Senin (10/2). Foto: dok. kemdikbud.go.id

Kuota umum dan internet untuk siswa, guru, mahasiswa, dan dosen

Berikut adalah rincian paket kuota internet yang didapat oleh masing-masing penerima bantuan.
  • Paket kuota internet untuk peserta didik PAUD mendapatkan 20 GB per bulan dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 15 GB.
  • Paket kuota internet untuk peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 35 GB per bulan dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 30 GB.
  • Paket kuota internet untuk pendidik pada PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 42 GB per bulan dengan rincian 5 GB kuota umum dan 37 GB kuota belajar.
  • Paket kuota internet untuk mahasiswa dan dosen mendapatkan 50 GB per bulan dengan rincian 5 GB kuota umum dan 45 GB kuota belajar.
  • Bantuan kuota data internet untuk bulan pertama dan kedua memiliki masa berlaku masing-masing 30 hari terhitung sejak kuota data internet diterima oleh nomor ponsel pendidik dan peserta didik.
ADVERTISEMENT
Sedangkan bantuan kuota data internet untuk bulan ketiga dan keempat yang dikirim secara bersamaan di bulan November akan berlaku selama 75 hari terhitung sejak kuota data internet diterima oleh nomor ponsel pendidik dan peserta didik. Setiap penerima bantuan hanya dapat menerima bantuan kuota data internet untuk 1 (satu) nomor ponsel setiap bulannya.
Kuota Belajar Gratis dari Kemendikbud Cair Besok, Ada 2 Jenis Kuota (15865)
Sejumlah siswa belajar secara daring di serambi masjid At Taqwa Dusun XIV, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (29/7). Foto: Anis Efizudin/ANTARA FOTO

Jadwal pembagian subsidi paket internet PJJ Kemendikbud

Penyaluran kuota data internet dilakukan selama empat bulan dari September sampai dengan Desember 2020 dengan jadwal sebagai berikut:
Bantuan kuota data internet untuk bulan pertama:
  • Tahap I pada tanggal 22 sampai 24 September 2020.
  • Tahap II pada tanggal 28 sampai 30 September 2020.
Bantuan kuota data internet untuk bulan kedua:
  • Tahap I pada tanggal 22 sampai 24 Oktober 2020.
  • Tahap II pada tanggal 28 sampai 30 Oktober 2020.
ADVERTISEMENT
Bantuan kuota data internet untuk bulan ketiga dan keempat dikirim bersamaan:
  • Tahap I pada tanggal 22 sampai 24 November 2020.
  • Tahap II pada tanggal 28 sampai 30 November 2020.
Untuk subsidi kuota internet PJJ, Kemendikbud menganggarkan dana sebesar Rp 7,2 triliun. Ada pula tambahan tunjangan profesi guru dan tenaga pendidikan, termasuk dosen dan guru besar, sebesar Rp 1,7 triliun. Sehingga, total anggarannya adalah Rp 8,9 triliun.
***
Saksikan video menarik di bawah ini.