Tekno & Sains
·
8 Mei 2021 2:03

Melinda Gates Jadi Miliarder Usai Ditransfer Saham oleh Bill Gates

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Melinda Gates Jadi Miliarder Usai Ditransfer Saham oleh Bill Gates (307101)
Bill Gates dan Melinda Gates Foto: Instagram @thisisbillgates
Pendiri Microsoft, Bill Gates, dan istrinya, Melinda Gates, tampaknya telah memulai proses pembagian harta gana gini. Proses ini pada akhirnya membuat Melinda Gates jadi miliarder.
ADVERTISEMENT
Menurut surat pengajuan di Komisi Sekuritas dan Bursa AS, Bill Gates telah mentransfer saham senilai 2,4 miliar dolar AS ke Melinda Gates. Saham tersebut ditransfer lewat perusahaan investasi Gates, Cascade Investment, pada 3 Mei 2021—hari yang sama ketika dia mengumumkan perceraiannya di Twitter.
Dengan pembagian saham ini, nilai kekayaan Melinda Gates setidaknya telah mencapai 2,4 miliar dolar AS. Forbes melaporkan, transfer saham tersebut sedikit mengurangi kekayaan bersih Bill, yang turun menjadi sekitar 128,1 miliar dolar AS, dari 130,4 miliar dolar AS pada hari Selasa (4/5).
Kendati demikian, Bill Gates tetap menjadi orang terkaya keempat di dunia.
Melinda Gates Jadi Miliarder Usai Ditransfer Saham oleh Bill Gates (307102)
Bill Gates dan Melinda Gates Foto: Instagram @thisisbillgates
Dalam pembagian harta gana gini tersebut, Melinda menerima 2,94 juta saham AutoNation dan 14,1 juta saham Canadian National Railway Co., yang masing-masing bernilai 309 juta dolar AS dan 1,5 miliar dolar AS.
ADVERTISEMENT
Bill Gates juga memberi Melinda 25,8 juta saham Coca-Cola Femsa yang berbasis di Meksiko senilai 120 juta dolar AS, serta 155,4 juta saham stasiun penyiaran Meksiko Grupo Televisa SA, yang bernilai 386 juta juta dolar AS.
Hingga saat ini, tidak jelas apakah Bill Gates dan Melinda Gates punya perjanjian pra-nikah. Namun, berdasarkan surat pengajuan perceraian mereka, Bill dan Melinda meminta hakim di negara bagian Washington untuk membagi aset mereka berdasarkan ketentuan kontrak pemisahan—dokumen yang biasanya ditandatangani ketika pasangan yang hidup berpisah, tetapi belum bercerai.
Persyaratan kontrak pemisahan itu tidak diungkapkan ke publik. Bill mungkin juga telah mengalihkan aset lain ke Melinda dalam transaksi non-publik.
Bill dan Melinda Gates sendiri adalah salah satu pemilik tanah pribadi terbesar di Amerika dengan sekitar 242.000 hektar tanah pertanian. Keduanya juga punya rumah besar yang bernilai 170 juta dolar AS di negara bagian Washington.
ADVERTISEMENT