Tekno & Sains12 Oktober 2018 7:16

Mengapa Jumlah Kamera di Smartphone Jadi Makin Banyak?

Konten Redaksi kumparan
Mengapa Jumlah Kamera di Smartphone Jadi Makin Banyak? (235863)
Smartphone Samsung Galaxy A9 (2018). (Foto: Bianda Ludwianto/kumparan)
Kamera menjadi salah satu komponen terpenting pada smartphone saat ini. Banyak produsen smartphone berlomba-lomba menghadirkan teknologi canggih dan kualitas terbaik pada perangkat kameranya.
ADVERTISEMENT
Seiring persaingan yang ketat antar produsen, dan juga kebutuhan konsumen untuk hasil foto yang baik, teknologi kamera pun berkembang. Produsen smartphone akhirnya mengembangkan teknologi kamera, baik dari sisi software maupun hardware.
Sebut saja teknologi kecerdasan buatan (Artificial intelligence/AI) yang kini mungkin sudah diaplikasikan di setiap smartphone terbaru, kemudian jumlah kamera yang kini, tampaknya seperti ajang gengsi antar produsen.
Jumlah kamera pada perangkat smartphone semakin hari bertambah banyak. Mungkin para produsen smartphone menganggap jumlah kamera akan mempengaruhi hasil foto.
Mengapa Jumlah Kamera di Smartphone Jadi Makin Banyak? (235864)
Smartphone Samsung Galaxy A9 (2018). (Foto: Bianda Ludwianto/kumparan)
Yang paling baru, smartphone dengan jumlah kamera terbanyak yang resmi dirilis adalah LG V40 dan Samsung Galaxy A9 (2018) dengan lima kamera.
Awal teknologi kamera ponsel
Dilansir DigitalTrends, ponsel pertama dengan kamera built-in diproduksi oleh Samsung dan dirilis di Korea Selatan pada Juni 2000. Ponsel Samsung SCH-V200 memiliki kamera digital built-in yang mampu mengambil 20 foto dengan resolusi 0,35 MP, tetapi pengguna harus menghubungkannya ke komputer untuk melihat hasilnya.
ADVERTISEMENT
Namun ada pendapat lainnya yang mengatakan ponsel kamera pertama yang sebenarnya itu diproduksi oleh Sharp dan dirilis di Jepang oleh J-Phone (sekarang SoftBank Mobile) pada November 2000. Ponsel Sharp J-SH04 dapat mengambil foto dengan resolusi 0,11 MP. Perbedaan antara Samsung SCH-V200 dan Sharp J-SH04 adalah kemampuan mengirim foto secara elektronik.
Perkembangan kamera smartphone
Jika berbicara jumlah, sering kali ada anggapan semakin banyak kamera akan lebih baik. Hal ini juga mungkin berlaku pada kamera smartphone, semakin banyak sensor kamera, maka dianggap akan menghasilkan foto terbaik.
Jika satu kamera belakang sudah bagus, maka dua kamera lebih baik, kan? Lihat saja akan yang terjadi saat ini banyak produsen smartphone yang mengeluarkan produknya dengan kamera ganda di belakang.
Mengapa Jumlah Kamera di Smartphone Jadi Makin Banyak? (235865)
Pocophone F1 (Foto: Jafri Anto/kumparan)
Hal itu dilakukan untuk menghasilkan efek kedalaman atau bokeh pada "mode portrait", yang mampu memisahkan objek di bagian depan dari latar belakang untuk meng-edit foto. Kamera ganda juga berpotensi memberikan data yang lebih baik untuk pemrosesan AI.
ADVERTISEMENT
Namun hal ini tidak berlaku bagi Google Pixel, smartphone buatan Google ini tetap menggunakan satu kamera belakang. Kemampuannya sama dengan kamera ganda, dapat menghasilkan efek bokeh berkat bantuan teknologi AI.
Huawei P20 Pro dengan tiga kamera belakang
Huawei P20 Pro merupakan pionir smartphone dengan tiga kamera belakang. Smartphone ini memiliki tiga lensa belakang dan satu kamera selfie menghadap ke depan, dengan total empat kamera built-in.
Satu lensa belakang adalah kamera warna 40 MP. Yang kedua adalah kamera monokrom 20 MP yang memberikan kedalaman dan juga meningkatkan jangkauan dinamis foto. Dan yang ketiga beresolusi 8 MP menyediakan kemampuan 3x optical zoom.
Mengapa Jumlah Kamera di Smartphone Jadi Makin Banyak? (235866)
Huawei P20 Pro. (Foto: kumparan)
Kemudian bagaimana dengan lima kamera?
LG V40 ThinQ yang menjadi pelopor inovasi lima kamera pada smartphone yang terdiri dari tiga kamera belakang dan dua kamera depan. Setiap kamera memiliki ukuran resolusi dan fungsi yang berbeda-beda.
Mengapa Jumlah Kamera di Smartphone Jadi Makin Banyak? (235867)
LG V40 ThinQ. (Foto: LG)
Berikut adalah susunan dan detail lima kamera yang dipasang pada LG V40 ThinQ dan kabarnya akan dirilis pada 18 Oktober mendatang.
ADVERTISEMENT
Kamera belakang
- Kamera 1: 12 MP dengan sensor OIS (Optical Image Stabilization) dan bukaan lensa f/1,5.
- Kamera 2: 16 MP wide-angle dengan bukaan lensa f/1,7.
- Kamera 3: 12 MP telephoto memiliki 2x zoom optik dengan bukaan lensa f/2,4.
Kamera depan
- Kamera 1: 8 MP sebagai sensor utama dengan bukaan lensa f/1,9.
- Kamera 2: 5 MP wide-angle dengan bukaan lensa f/2,2.
4 kamera belakang Samsung Galaxy A9
Samsung juga ikut dalam persaingan smartphone lima kamera melalui produk baru Galaxy A9. Komposisi kamera Samsung Galaxy A9 berbeda dengan LG V40, karena perusahaan menempatkan empat kamera sekaligus di belakang dan menyisakan satu untuk kamera depan.
Dengan penempatan seperti itu, Samsung Galaxy A9 menjadi smartphone pertama di dunia dengan empat kamera belakang.
Mengapa Jumlah Kamera di Smartphone Jadi Makin Banyak? (235868)
Smartphone Samsung Galaxy A9 (2018). (Foto: Bianda Ludwianto/kumparan)
Berikut konfigurasi kamera Samsung Galaxy A9 edisi 2018.
ADVERTISEMENT
Kamera Belakang:
- Kamera 1: 8 MP, kamera ultra wide dengan bukaan lensa f/2,4 dan sudut pandang 120 derajat
- Kamera 2: 10 MP, kamera telephoto dengan bukaan lensa f/2,4 dan kemampuan 2x optical zoom
- Kamera 3: 24 MP, kamera utama dengan bukaan lensa f/1,7
92018)- Kamera 4: 5 MP, kamera depth dengan bukaan lensa f/2,2 dan fitur live focus
Kamera Depan: 24 MP dengan bukaan lensa f/2.0
Kemungkinan smartphone dengan lima kamera akan menjadi tren di masa depan. Dengan banyaknya sensor kamera dan memiliki fungsi masing-masing, diharapkan smartphone dapat menghasilkan foto yang berkualitas.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white