kumparan
9 Agustus 2017 12:20

Mengenal Fitur Baru Facebook yang Bikin Status Politikus Sering Muncul

Semua karena politik (Foto: Istimewa)
Dalam beberapa waktu ke depan, kamu enggak perlu kaget kalau di linimasa Facebook tiba-tiba muncul status sejumlah politikus. Ini adalah fitur baru Facebook, yang sampai saat ini masih dalam tahap uji coba di Amerika Serikat, dan bisa jadi ada orang Indonesia yang kedapatan. Fitur tersebut diberi nama "This Week in Your Government" yang bakal muncul di News Feed. Sebelum kamu kaget melihatnya, di sini kita akan berkenalan dengan fitur baru tersebut. "This Week in Your Government" dijanjikan bakal tampil dalam waktu seminggu sekali dan hanya muncul jika kamu mem-follow (mengikuti) setidaknya satu orang wakil rakyat di tingkat lokal, negara bagian, atau federal. Jika dilokalisasi di Indonesia, maka fitur ini muncul jika kamu setidaknya follow setidaknya satu orang di tingkat kabupaten/kota, provinsi, atau tingkat nasional. Gambar di bawah ini adalah tampilan dari fitur "This Week in Your Government" di linimasa.
ADVERTISEMENT
Fitur baru This Week in Your Government. (Foto: Facebook via Recode)
Status dari para politikus ini, tentu saja tidak ujuk-ujuk muncul begitu saja. Si politikus tentu saja harus punya akun Facebook dan dia harus rajin melakukan publikasi status atau konten. Di sini Facebook akan melakukan penyesuaian antara si politikus dengan si pengguna dengan basis lokasi. Nah, ini cuma bisa diidentifikasi jika si pengguna menyerahkan alamat domisili atau lokasi keberadaannya. Jika tidak memasukkan informasi lokasi, maka pengguna hanya akan melihat konten atau update status yang dibagikan politikus di tingkat yang lebih tinggi, bisa jadi tingkat provinsi dan tingkat nasional buat kita yang berada di Indonesia. "Kami sedang menguji fitur baru keterlibatan publik yang akan menampilkan informasi teratas di Facebook dari pejabat terpilih di daerahnya," begitu kata juru bicara Facebook dalam sebuah pernyataan kepada Recode.
ADVERTISEMENT

Tujuan kami adalah memberi orang cara sederhana untuk belajar mengetahui apa yang terjadi di semua tingkat pemerintahan mereka.

- Juru Bicara Facebook

Sampai sekarang ini belum ada informasi kapan fitur "This Week in Your Government" bakal diuji di Indonesia. Facebook pun belum memberi kepastian tanggal kapan fitur ini benar-benar akan dirilis ke publik, tetapi ada kemungkinan besar sebuah fitur yang telah diuji sudah pasti akan dirilis. Dalam beberapa tahun terakhir ini Facebook memiliki pengguna yang tampaknya ingin terlibat aktif dalam isu politik. Keriuhan ini mungkin kamu rasakan juga di Indonesia pada tahun 2014 ketika pemilu presiden dan di tahun 2016 ketika pemilu kepala daerah secara serentak. Semua orang, waktu itu seakan-akan mendadak jadi pengamat politik yang andal. Sesama teman dan keluarga saling adu argumen membela politikus pilihannya. Ada pengguna yang prihatin dengan kondisi ini, ada yang frustasi, tapi ada juga lho yang ketagihan jadi komentator aktif. Nah, melihat kondisi ini, Facebook kemudian memperluas fitur mereka untuk kegiatan yang terkait dengan politik lokal. Kepada Recode, juru bicara Facebook mengatakan sebuah pandangan politik dari pengguna tidak akan menentukan status dari politikus mana yang akan kamu lihat di "This Week in Your Government." Sebagai gantinya, Facebook akan menampilkan status apapun yang memiliki engagement tertinggi kepada pengguna, terlepas dari pandangan politiknya. Kita tentu berharap kehadiran "This Week in Your Government" tidak membuat linimasa semakin kacau gara-gara debat kusir soal politik yang kadang pandangannya dangkal dan tanpa dasar. Semoga...
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan