kumparan
18 Februari 2020 11:12

Mengenang Ashraf Sinclair dan Investasi '500 Dana Durian' untuk Startup Asia

Untitled Image
Ashraf Sinclair, suami Bunga Citra Lestari. (Foto: Munady Widjaja)
Kabar duka meninggalnya Ashraf Sinclair pada Selasa (18/2) turut meninggalkan duka mendalam bagi dunia startup. Pasalnya, suami penyanyi Bunga Citra Lestari itu dikenal aktif di dunia startup, terutama dalam hal investasi.
ADVERTISEMENT
Ashraf Sinclair bergabung dalam sebuah perusahaan modal ventura bernama 500 Startups. Perusahaan ini bergerak di bidang pendanaan untuk berbagai startup di dunia.
500 Startups juga menjadi wadah akselerasi bagi perusahaan rintisan, seperti program NextIcorn yang dibuat oleh pemerintah untuk startup Indonesia. Perusahaan yang berbasis di Mountain View, California, AS, ini didirikan pada 2010 oleh Dave McClure dan Christine Tsai.
Ashraf Sinclair pertama kali bergabung dengan 500 Startups pada 2017. Ia direkrut oleh 500 Startups untuk bergabung dalam sebuah program pendanaan bertajuk '500 Durians Fund' alias '500 Dana Investasi Durian'.
BCL dan Ashraf Sinclair
Bunga Citra Lestari dan suaminya, Ashraf Sinclair. Foto: Instagram / @bclsinclair
Pemilihan kata 'Durians' diambil karena buah durian merepresentasikan kawasan Asia Tenggara. Negara seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand, familiar dengan buah yang dijuluki sebagai "rajanya buah' di negara barat tersebut.
ADVERTISEMENT
Ashraf diminta untuk membantu 500 Startups dalam mencari perusahaan rintisan di Indonesia yang mempunyai potensi, dan layak mendapatkan pendanaan tahap awal dari dana investasi 500 Durians Fund.
500 Dana Durian telah masuk ke rangkaian kedua, yang merupakan putaran dana investasi dengan total nilai 50 juta dolar AS atau sekitar Rp 666 miliar. Dana itu memang dikhususkan untuk startup-startup potensial di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.
Ashraf Sinclair
Ashraf Sinclair, suami dari BCL. Foto: Munady Widjaja/kumparan
Program 500 Dana Durian II ini jadi lanjutan dari 500 Dana Durian I yang terkumpul sebesar 25 juta dolar AS atau sekitar Rp 333 miliar. Dana itu telah digelontorkan untuk sejumlah startup Indonesia seperti Bukalapak, Kudo, Brodo, Hijup dan Kredivo, seperti dilansir Tech in Asia.
ADVERTISEMENT
Sebelum bergabung dengan 500 Startups, Ashraf juga sudah pernah berinvestasi di startup. Pada 2016, bersama istrinya Bunga Citra Lestari, ia ambil bagian dalam penanaman modal platform crowdfunding konser bernama Konsaato.
Kini, Ashraf Sinclair telah pergi untuk selama-lamanya. Ia meninggal dunia di usia 40 tahun karena serangan jantung. Menurut rencana, Ashraf akan dimakamkan Selasa (18/2) siang ini di San Diego Hills, Karawang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan