kumparan
22 Maret 2019 14:26

Menjajal Samsung Galaxy Buds dan Jam Pintar Galaxy Watch Active

Samsung Galaxy Watch Active
Samsung Galaxy Watch Active. Foto: Aprilandika Pratama/kumparan
Tak hanya menggebrak pasar smartphone di awal tahun 2019 dengan meluncurkan Galaxy S10, Galaxy S10e, dan Galaxy S10 Plus. Samsung turut meluncurkan sejumlah produk lainnya seperti earphone nirkabel Galaxy Buds serta jam tangan pintar Galaxy Watch Active.
ADVERTISEMENT
kumparan mendapat kesempatan untuk menjajal dua produk yang sebenarnya belum resmi dilempar ke pasar tersebut, termasuk di Indonesia. Kami memakai kedua produk itu selama acara Samsung Experience yang diselenggarakan di kota Bursa dan Istanbul, Turki.
Dalam kesempatan ini, Galaxy Buds dan Galaxy Watch Active telah terhubung dengan smartphone Galaxy S10. kumparan melakukan banyak hal dengan ketiga gadget ini, mulai dari mendengarkan musik, sampai memantau notifikasi yang masuk ke smartphone lewat jam tangan pintar.
Samsung Galaxy Watch Active dan Galaxy Buds
Samsung Galaxy Watch Active dan Galaxy Buds. Foto: Aprilandika Pratama/kumparan
Galaxy Buds
Galaxy Buds merupakan earphone wireless teranyar Samsung, kumparan mendapat unit dengan warna putih untuk dijajal. First impression, bentuknya terlihat sangat ringkas, jauh lebih ringkas dari AirPods besutan Apple. Galaxy Buds hadir dengan pilihan tiga warna yakni hitam, putih, dan kuning, yang dapat bertahan hingga 6 jam untuk terus terhubung dengan Bluetooth dan 5 jam untuk menelepon. Galaxy Buds pun sudah mendukung konektivitas Bluetooth 5.0.
ADVERTISEMENT
Dalam boksnya, selain menyediakan unitnya beserta dock yang berfungsi untuk menyimpan dan mengisi daya dari Galaxy Buds tersebut. Samsung turut menyertakan wingtip dan earbuds tip yang jumlahnya masing-masing 3 buah. Tak lupa disertakan kabel USB tipe C yang berfungsi untuk mengisi daya dari Galaxy Buds serta buku panduan penggunaan bagi pengguna.
Samsung Galaxy Buds
Samsung Galaxy Buds. Foto: Samsung
Galaxy Buds nyaman digunakan saat ditempel ke telinga, bahkan saat kita sedang bergerak ke sana kemari. Rasanya Galaxy Buds tidak akan copot. Posisinya yang pas di telinga sukses meredam suara yang mengganggu di sekitar. Sementara baterainya terbukti awet apalagi dengan adanya kemampuan mengisi daya lewat dock penyimpanannya. Proses menghubungkan ke smartphone pun cepat dan mudah.
Untuk pengalaman penggunaannya sendiri selama satu hari penuh, jelas suara tak perlu diragukan lagi karena Galaxy Buds telah didukung oleh teknologi audio AKG, yang juga digarap Samsung. Suara musik yang keluar dari aplikasi Spotify terlontar dengan apik dari Galaxy Buds dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
ADVERTISEMENT
Ada pilihan untuk mendengar musik dengan mode bass atau treble. Kita tinggal pilih pengaturan yang sesuai dengan karakter kesukaan, dan Galaxy Buds akan menyesuaikan pilihan mode itu dalam beberapa detik. Masih ada pula pilihan untuk mengatur intensitas karakter suara. Itu bisa diutak-atik lewat aplikasi Galaxy Wearable yang tidak hanya bisa diunduh di perangkat Samsung, tapi juga di smartphone merek lainnya.
Ada lagi satu fitur yang membuat Galaxy Buds tidak terlalu meredam suara sekitar. Jika mode ini diaktifkan, maka pemakai akan lebih peka dengan suara sekitar. Poin ini jadi kelebihan Galaxy Buds. Fitur ini adalah Ambience Soundmode, yang memungkinkan pengguna tetap dapat mendengarkan suara sekitar di luar suara yang dihasilkan Galaxy Buds itu sendiri.
Samsung Galaxy Buds
Samsung Galaxy Buds. Foto: Aprilandika Pratama/kumparan
Dual microphone yang terdiri dari inner microphone dan out microphone jelas sangat membantu pengguna yang ingin mengangkat telepon masuk tanpa harus mengeluarkan smartphone dari saku.
ADVERTISEMENT
Hadirnya dual microphone itu menghadirkan pengalaman yang jauh lebih baik lagi bagi pengguna terutama saat menerima panggilan masuk. Kualitas out microphone yang terbilang jernih memastikan suara dapat terdengar jelas ketika sedang melakukan sambungan telepon.
Pada bagian luar Galaxy Buds, terdapat touchpad yang bisa dipakai untuk mengoperasikan perangkat earbuds tersebut. Jika diketuk sekali, itu bisa memulai dan menghentikan musik atau video. Mengetuk dua kali berarti memilih untuk lompat ke lagu atau video berikutnya, atau mengangkat serta menutup telepon masuk. kumparan menyukai kemudahan yang diberi pada touchpad ini. Simpel!
Galaxy Watch Active
Perangkat smartwatch hadir untuk mendukung kehidupan pengguna yang ingin hidup sehat. Seperti nama akhirnya, Active, jam tangan pintar ini mencatat sejumlah data kesehatan pengguna.
ADVERTISEMENT
Data kesehatan itu meliputi tekanan darah, pengelolaan stres, hingga penghitungan kalori dan langkah kaki. Fitur ini sangat membantu bagi mereka yang mendambakan smartwatch dibarengi dengan fitur kesehatan yang lengkap.
Samsung Galaxy Watch Active
Samsung Galaxy Watch Active. Foto: Aprilandika Pratama/kumparan
Untuk spesifikasinya, Samsung Galaxy Watch Active mengusung layar Super AMOLED seluas 1,1 inci dengan resolusi 360 × 360 pixel yang dilapisi Corning Gorilla Glass. Sementara untuk dapur pacunya mengandalkan chipset buatan Samsung, yakni Exynos 9110 dual-core yang dipadukan dengan RAM 768 MB dan penyimpanan internal sebesar 4 GB. Untuk konektivitasnya terdapat Wi-Fi, Bluetooth 4.2, GPS, dan NFC.
Untuk memudahkan penggunanya dalam mengisi daya, smartwatch dapat memanfaatkan sistem pengisian daya nirkabel dengan hanya menempelkannya pada unit Samsung yang telah mendukung sistem wireless charging, seperti Galaxy S10.
Samsung Galaxy Watch Active
Samsung Galaxy Watch Active. Foto: Aprilandika Hendra/kumparan
Dengan memakai smartwatch ini, tak cuma melihat data terkait kesehatan dan aktivitas, melainkan dapat melihat pesan masuk di smartphone melalui Galaxy Watch Active. Fitur ini membuat kita tidak perlu repot membuka smartphone setiap saat untuk mengecek pesan atau notifikasi yang masuk.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, Samsung mengatakan kedua produk wearable barunya ini belum tersedia di pasar Indonesia untuk saat ini. Kemungkinan, Galaxy Buds dan Galaxy Watch Active baru akan dijual pada akhir Maret atau awal April 2019 mendatang.
Harganya? Itu juga belum diungkap oleh Samsung, jadi mari nantikan update soal produk ini di kumparan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan