Tekno & Sains
·
6 Desember 2020 11:26

Mensos Tersangka KPK Trending di Twitter, Banyak Netizen Kesal dan Kecewa

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mensos Tersangka KPK Trending di Twitter, Banyak Netizen Kesal dan Kecewa (28211)
Menteri Sosial Juliari P Batubara tiba di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Minggu (6/12/2020). Foto: Antara/Hafiz Mubarak
Mensos Juliari Peter Batubara ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi, Minggu (6/12). Ia jadi tersangka karena diduga menerima suap bansos corona. Kata kunci Mensos pun mendadak ramai dan jadi trending topic di Twitter.
ADVERTISEMENT
Juliari ditetapkan tersangka bersama 4 orang lainnya yang juga pejabat Kementerian Sosial. Para netizen pun banyak yang kecewa dan kesal akibat hal tersebut.
Kebanyakan dari mereka kecewa sebab Mensos diduga melakukan tindak pidana korupsi di tengah pandemi corona. Netizen lain ada yang mengingatkan bahwa Mensos bisa terancam hukuman berat.
Mensos Tersangka KPK Trending di Twitter, Banyak Netizen Kesal dan Kecewa (28212)
Mensos Trending di Twitter. Foto: kumparan
Juliari ditangkap bersama 4 orang tersangka lainnya yakni 2 Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) bansos COVID-19 Kemensos, Matheus Joko Santoso dan Adi Wahyono. Lalu 2 supplier rekanan bansos COVID-19, Ardian I M dan Harry Sidabuke.
Sebagai penerima suap, Juliari dijerat Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.
ADVERTISEMENT
Dalam pengadaan bansos corona, Juliari diduga meminta fee Rp 10 ribu per paket sembako senilai Rp 300 ribu.
Ketua KPK Firli Bahuri sebelumnya mengatakan OTT diduga terkait dugaan penerimaan suap dari para vendor bantuan sosial corona.
"Dugaan korupsi PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) telah menerima hadiah dari para vendor PBJ (pengadaan barang dan jasa) bansos di Kemensos RI dalam penanganan pandemi COVID-19," kata Firli.