Tekno & Sains
·
16 April 2021 9:34

Ngeri! Webcam Ini Seperti Mata Manusia, Punya Alis dan Bisa Berkedip

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ngeri! Webcam Ini Seperti Mata Manusia, Punya Alis dan Bisa Berkedip (677198)
Eyecam adalah webcam yang berbentuk seperti mata manusia. Foto: Marc Teyssier
Jika bosan dengan bentuk webcam yang gitu-gitu aja, mungkin kamu bisa coba mengenal alat bernama Eyecam ini. Ya, Eyecam memiliki tampilan yang cukup mengerikan karena menyerupai bentuk mata manusia.
ADVERTISEMENT
Webcam unik ini dikembangkan oleh tim ilmuwan komputer dari Saarland University, Jerman. Dengan Eyecam ini mereka menghadirkan prototipe webcam yang tidak hanya tampak seperti mata manusia, tetapi meniru gerakannya secara realistis.
"Tujuan dari proyek kami bukanlah untuk mengembangkan desain yang "lebih baik" untuk kamera, tetapi untuk memicu diskusi. Kami ingin menarik perhatian pada fakta bahwa kami dikelilingi oleh perangkat penginderaan setiap hari. Itu menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana hal itu mempengaruhi kami," kata salah satu peneliti, Marc Teyssier.
Ngeri! Webcam Ini Seperti Mata Manusia, Punya Alis dan Bisa Berkedip (677199)
Eyecam dan webcam konvensional. Foto: Marc Teyssier
Eyecam memang didesain agar terlihat nyata seperti mata manusia, ia memiliki lapisan pelindung yang terbuat dari silicon menyerupai kulit asli dengan kerutan-kerutannya. Tidak hanya itu, Eyecam juga punya alis, bulu mata, dan bola mata yang seakan-akan memang nyata.
ADVERTISEMENT
Layaknya manusia, Eyecam selalu berkedip dan kelopak mata beradaptasi secara dinamis dengan gerakan bola mata. Kamera kecil diposisikan di dalam pupil, menghasilkan gambar beresolusi tinggi (720p60). Kamera ini terhubung ke Raspberry Pi Zero dan dideteksi oleh komputer sebagai webcam plug-and-play konvensional.
Ngeri! Webcam Ini Seperti Mata Manusia, Punya Alis dan Bisa Berkedip (677200)
komponen Eyecam. Foto: Marc Teyssier
Ngeri! Webcam Ini Seperti Mata Manusia, Punya Alis dan Bisa Berkedip (677201)
komponen Raspberry Pi Zero untuk Eyecam. Foto: Marc Teyssier
Eyecam dapat mereplikasi gerakan mirip manusia yang realistis. Perangkat ini terdiri dari enam Servomotor untuk mengontrol gerakan seperti otot mata. Motor tersebut meniru gerakan bola mata, menutup kelopak mata, dan gerakan alis. Kontrol motor ini dibuat dengan Arduino Nano, salah satu board mikrokontroler yang berukuran kecil.
"Eyecam selalu berkedip dan kelopak mata secara dinamis beradaptasi dengan gerakan bola mata: saat Eyecam mendongak, kelopak mata atas terbuka lebar sedangkan bagian bawah menutup sepenuhnya," kata Teyssier.
ADVERTISEMENT
Eyecam bisa otonom dan bereaksi sendiri terhadap rangsangan eksternal, seperti kehadiran pengguna di depannya. Jadi, jika ada orang yang melintas di depan Eyecam, gerakan matanya akan mengikuti sosok tersebut berjalan. Rasanya seperti memang diawasi oleh mata manusia.
Teyssier menjelaskan desain Eyecam merupakan hasil dari proses kerja yang cukup lama. Tantangan teknis utama adalah mengemas motor dan perangkat elektronik lainnya pada posisi setepat mungkin untuk menjaga proporsi mata.
Eyecam diharapkan bisa membantu pengguna menjaga kontak mata selama video call atau melakukan meeting online. Dengan Eyecam dapat membuat orang agar ingat, bahwa mereka sedang diawasi sepanjang waktu.
Menariknya, peneliti memberikan sumber dan perangkat keras terbuka yang bisa diakses oleh siapa saja di GitHub. Video tutorial tentang cara membuat Eyecam juga akan dirilis untuk membantu orang lain membuatnya sendiri.
Ngeri! Webcam Ini Seperti Mata Manusia, Punya Alis dan Bisa Berkedip (677202)
Eyecam adalah webcam yang berbentuk seperti mata manusia. Foto: Marc Teyssier