Tekno & Sains
·
27 Agustus 2020 7:37

Nomor Telepon Cantik Ini Dijual Seharga Mobil Mewah Mercedes, Berapa Harganya?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Nomor Telepon Cantik Ini Dijual Seharga Mobil Mewah Mercedes, Berapa Harganya? (48726)
Ilustrasi nomor telepon 'cantik'. Foto: StockSnap via Pixabay
Pemilihan nomor telepon menjadi hal yang krusial bagi sebagian orang. Maka dari itu, nomor telepon yang memiliki angka unik atau yang biasanya disebut 'nomor cantik' akan dijual dengan harga tinggi dibanding nomor biasa.
ADVERTISEMENT
Di China, nomor yang diakhiri dengan lima angka 8 (88888) berhasil terjual dengan harga 325 ribu dolar AS atau sekitar Rp 4,7 miliar. Bahkan, penawar nomor tersebut dilaporkan mencapai 5 ribu orang.
Lalu, mengapa harganya bisa setinggi itu? Nomor telepon dengan lima angka 8 itu dianggap membawa keuntungan bagi pemiliknya. Namun, perlu diketahui bahwa sebelum dijual pemilik nomor tersebut merupakan seorang terpidana.
Nomor telepon itu termasuk di antara aset yang disita karena gagal memenuhi perintah pengadilan. Pengadilan distrik Chaoyang, Beijing, memutuskan untuk melelang nomor telepon 'cantik' tersebut secara online dan terjual pada 16 Agustus lalu.
Nomor Telepon Cantik Ini Dijual Seharga Mobil Mewah Mercedes, Berapa Harganya? (48727)
Ilustrasi Telepon Selular. Foto: Pixabay
Menurut laporan The New York Times, identitas pembeli dan pemilik sebelumnya tidak diungkapkan, begitu pula rincian tentang mengapa terdakwa berada di pengadilan.
ADVERTISEMENT
Nomor telepon dengan digit berulang yang berurutan, apalagi rangkaian dari lima angka yang sama, jarang dan dianggap menarik di China. Nomor telepon seperti itu juga dijadikan simbol status yang didambakan.
Nomor telepon dengan serangkaian angka keberuntungan yang berulang memiliki harga yang lebih tinggi. Misalnya, nomor telepon 'cantik' dengan lima angka 8 memiliki arti dalam bahasa China, angka delapan adalah homonim untuk "makmur" atau, lebih jelasnya "menjadi kaya".
Nomor Telepon Cantik Ini Dijual Seharga Mobil Mewah Mercedes, Berapa Harganya? (48728)
Ilustrasi smartphone. Foto: Melly Meiliani/kumparan
Sebuah nomor telepon yang berakhiran lima angka 5 (55555) terjual seharga 52 ribu dolar AS atau Rp 761 juta dalam lelang online tahun 2019 lalu, dan nomor dengan delapan angka 7 (77777777) dilelang seharga 560 ribu dolar AS atau Rp 8,1 miliar pada 2017 silam.
ADVERTISEMENT
Alasan kenapa dua nomor tersebut dijual dengan harga fantastis, karena angka lima dianggap terkait dengan kaisar, sedangkan angka tujuh adalah homonim untuk "jiwa kehidupan" atau "qi" dalam bahasa Mandarin.
Nomor telepon cantik tidak selalu membawa keberuntungan. Contohnya, seorang pria di Zhejiang, provinsi China Timur dibombardir panggilan telepon iseng pada malam hari, akibat memiliki nomor dengan tiga angka 8 (888) yang dibeli 3 ribu dolar AS (sekitar Rp 43,9 juta). Rupanya nomor tersebut ditampilkan sebagai nomor penjahat dalam sebuah acara televisi.