Tekno & Sains
·
22 Januari 2021 12:13

Operator Switch Mobile Setop Layanan, Bagaimana Nasib Pelanggan?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Operator Switch Mobile Setop Layanan, Bagaimana Nasib Pelanggan? (27460)
searchPerbesar
Aplikasi Switch Mobile Foto: Aulia Rahman Nugraha/kumparan
Operator seluler berbasis digital Switch Mobile bakal setop layanan di aplikasi mereka dalam waktu dekat, dan mengalihkan semua pelanggannya ke Smartfren.
ADVERTISEMENT
Dalam sebuah email bertajuk Switch to mySF, manajemen Switch Mobile meminta pelanggan untuk berhenti pakai aplikasi Switch. Pelanggan diminta mengunduh aplikasi mySF, yang selama ini dipakai para pelanggan Smartfren untuk membeli paket, pulsa, hingga tukar poin.
“Semua layanan di dalam aplikasi Switch akan migrasi ke aplikasi mySF,” kata perusahaan dalam email pemberitahuan ke pelanggan.
Switch Mobile mengatakan bahwa proses migrasi akan dilakukan pada 27 Januari 2021 pukul 09.00 WIB.
“Selama proses migrasi berlangsung, kamu tidak bisa menggunakan jaringan dan layanan Switch dengan estimasi waktu mulai jam 09.00 WIB - selesai,” kata perusahaan.
Operator Switch Mobile Setop Layanan, Bagaimana Nasib Pelanggan? (27461)
searchPerbesar
Screenshot pemberitahuan migrasi layanan Switch Mobile ke Smartfren. Foto:
Ajakan agar pelanggan Switch Mobile beralih ke Smartfren juga disampaikan melalui akun Twitter resmi Switch Mobile. Aktivitas kicauan akun ini juga terpantau sepi. Tweets terakhirnya dilontarkan pada 1 Januari 2021. Sementara terakhir kali Tweets & replies pada 20 Januari 2021, untuk menjawab pertanyaan seputar migrasi pelanggan Switch ke aplikasi mySF.
ADVERTISEMENT
Hingga saat ini, belum diketahui alasan Switch Mobile menyetop layanan mereka dan mengalihkannya ke Smartfren. kumparanTECH telah meminta tanggapan Smartfren, namun hingga kini belum mendapat pernyataan resmi.
Dua orang sumber yang dekat dengan masalah ini, mengatakan kepada kumparanTECH, bahwa kabar berhentinya layanan Switch Mobile sudah terdengar sejak akhir tahun 2020. Kini karyawan Switch Mobile telah dipindah penugasannya ke Smartfren.
Selama ini, Switch Mobile beroperasi menyediakan jaringan 4G LTE dengan memanfaatkan sumber daya frekuensi milik PT Smartfren Telecom (Smartfren). Dalam layanannya, Switch Mobile masih memberi keterangan 'Powered by Smartfren.' Meski demikian, secara operasional Switch Mobile memiliki tim mandiri yang khusus bekerja untuk brand Switch.
Berhentinya layanan seluler Switch Mobile, bagaimanapun, cukup mengagetkan. Provider tersebut masih seumur jagung. Mereka baru diumumkan pada Maret 2020 lalu, di mana peluncuran resminya baru berlangsung pada pertengahan tahun yang sama.
Operator Switch Mobile Setop Layanan, Bagaimana Nasib Pelanggan? (27462)
searchPerbesar
Peluncuran Smartfren Super 4G Unlimited Lite. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan