Tekno & Sains
·
29 Juli 2020 18:13

Oppo Reno 4 di Indonesia Pakai Snapdragon 720G, Punya Fitur Anti Mata-mata

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Oppo Reno 4 di Indonesia Pakai Snapdragon 720G, Punya Fitur Anti Mata-mata (147778)
searchPerbesar
Bagian depan Oppo Reno 4. Foto: Oppo Indonesia
Jelang peluncuran Reno 4 di Indonesia, Oppo mengungkap spesifikasi dan fitur smartphone terbarunya itu ke publik. Informasi kali ini soal kehadiran system on chip dari Qualcomm Snapdragon 720G sebagai dapur pacu Oppo Reno 4 dan empat fitur sensor baru.
ADVERTISEMENT
Prosesor tersebut menandai kembalinya kerja sama Oppo dan Qualcomm dalam menggarap Reno Series. Sebelumnya, kerja sama mereka sempat terhenti di Oppo Reno 3 dan Reno 3 Pro, yang kedua perangkat itu memakai chipset MediaTek.
Pengumuman tersebut juga memastikan Oppo Reno 4 versi Indonesia memiliki chipset yang berbeda dengan perangkat sama yang dirilis di China. Sebagai catatan, Oppo merilis Reno 4 di China dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 765G.
Menurut PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, perbedaan prosesor itu dikarenakan Snapdragon 765G sudah terintegrasi dengan modem 5G. Dia bilang, hal tersebut akan memberikan konsumen biaya tambahan yang tidak diperlukan, sementara jaringan internet mobile 5G juga belum ada di Indonesia.
"(Snapdragon) 765G itu punya modem 5G yang terintegrasi," kata Aryo, dalam sebuah konferensi pers virtual, Rabu (29/7).
Oppo Reno 4 di Indonesia Pakai Snapdragon 720G, Punya Fitur Anti Mata-mata (147779)
searchPerbesar
PR Manager OPPO Indonesia, Aryo Meidianto (kiri) dan Senior Manager Business Development Qualcomm Indonesia, Dominikus Susanto (kanan). Foto: Oppo
"Kalau kita kasih 765G sekarang, berarti ... orang yang benar-benar tidak membutuhkan itu (5G) harus membayar harga lebih untuk fitur yang tidak mereka gunakan," sambungnya.
ADVERTISEMENT
Aryo sendiri pernah bilang pada akhir tahun 2019, bahwa smartphone Oppo di Indonesia yang rilis pada 2020 kemungkinan bakal berbeda dengan versi global atau China. Sebab, versi global bakal mengikuti perkembangan 5G yang telah ada di beberapa negara, khususnya China sebagai rumah sang vendor. Sedangkan di Indonesia, jaringan mobile generasi ke-5 itu belum tersedia.

4 fitur sensor pintar baru di Oppo Reno 4

Selain cip prosesor yang digunakan, Oppo juga mengungkap berbagai fitur andalan yang mereka sematkan di Reno 4. Yang paling menonjol adalah keberadaan empat fitur sensor baru berteknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang ada di handphone tersebut.
Keempat fitur sensor pintar itu terdiri dari Smart Spying Prevention, Smart AirControl, Smart Rotation, dan Smart Always-on Display.
ADVERTISEMENT
Smart Spying Prevention berguna untuk mencegah orang di sekitar memata-matai aktivitas kita saat menggunakan ponsel. Dalam hal ini, layar ponsel akan otomatis tertutup, misalnya, ketika kita sedang membaca pesan dan ada orang di dekat kita yang hendak menguntit isi pesan tersebut.
Oppo Reno 4 di Indonesia Pakai Snapdragon 720G, Punya Fitur Anti Mata-mata (147780)
searchPerbesar
Bagian depan Oppo Reno 4. Foto: Oppo
Adapun fitur Smart AirControl memungkinkan kita untuk mengontrol navigasi swipe up dan swipe down tanpa menyentuh layar. Kamu cukup menunjukkan telapak tanganmu di jarak sekitar 20 cm dari layar, dan kamu bisa swipe tanpa sentuh sama sekali.
Fitur Smart Rotation sendiri bakal mengatur rotasi tampilan landscape atau portrait dari layar secara otomatis mengikuti patokan mata pengguna. Jadi, ketika pengguna menggunakan Reno 4 dari posisi duduk ke tidur menyamping, rotasi layar tidak berubah tiba-tiba.
ADVERTISEMENT
Yang terakhir, fitur Smart Always-on Display yang akan menjaga layar tetap terjaga selama kamu menatap layar, meski kamu tidak menyentuhnya.
Oppo menjelaskan, keempat fitur tersebut dimungkinkan karena Reno 4 membawa teknologi AON Smart Sensor. Teknologinya berada di salah satu lensa beresolusi 12 MP di kamera depan Reno 4 yang didedikasikan khusus sebagai sensor, bukan untuk foto.
Oppo Reno 4 di Indonesia Pakai Snapdragon 720G, Punya Fitur Anti Mata-mata (147781)
searchPerbesar
Oppo Reno 4 warna Space Black. Foto: Oppo
Dengan demikian, Oppo Reno 4 memang memiliki dua kamera depan. Namun, hanya satu lensa saja yang bisa dipakai untuk selfie. Spesifikasi kamera selfie ini belum diungkap oleh Oppo.

Fast-charging VOOC 4.0

Oppo juga menyematkan fitur fast-charging VOOC 4.0 di Reno 4. Ini merupakan fitur pengisian daya cepat terbaru mereka yang eksklusif baru tersedia di Reno 4 saat ini.
ADVERTISEMENT
Melalui VOOC 4.0, Reno 4 memiliki daya pengisian maksimal sebesar 30 watt (5 volt, 6 ampere).
Dalam penjelasan mereka, Oppo menyebut ponsel Reno 4 bisa di-charge dari nol persen sampai 50 persen dalam waktu 20 menit saja. Adapun untuk pengisian sampai penuh, hanya perlu memakan waktu 56 menit.

ColorOS 7.2

Selain fitur fast-charging baru, Reno 4 juga didapuk menggunakan antarmuka ColorOS 7.2 terbaru yang dibuat Oppo. Antarmuka berbasis Android 10 itu menawarkan sejumlah fitur baru yang saat ini baru akan ada di perangkat Reno 4.
Beberapa fitur baru tersebut terdiri dari Quick Return Bubble. Fitur tersebut berguna sebagai notifikasi kecil ketika pengguna minimize game ketika loading, misalnya, saat di lobby PUBG Mobile menjelang permainan dimulai. Nantinya, notifikasi itu akan menampilkan apakah loading game sudah selesai atau belum, sehingga pengguna bisa langsung masuk ke game tanpa perlu loading ulang.
ADVERTISEMENT
ColorOS 7.2 juga membawa fitur Icon Pull-down Gesture. Oppo menjelaskan, karena tren layar besar di smartphone saat ini, sering kali pengguna kerepotan dalam melakukan gestur satu tangan. Nah, fitur Icon Pull-down Gesture itu akan memperkecil icon aplikasi di layar ketika kamu melakukan gestur menarik ke bawah (pull-down) di layar, sehingga bisa digunkana dengan satu tangan.
Oppo Reno 4 juga memiliki fitur baru bernama Oppo Lab berkat ColorOS 7.2. Melalui fitur tersebut, kamu bisa mengatur ringtone ponsel sesuai keinginan kamu dan memakainya secara acak, jika kamu bingung ringtone mana yang mau kamu gunakan.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020